Rumahweb Blog
Opengraph - On Page SEO Pengertian dan Cara Penerapannya

On Page SEO: Pengertian dan Cara Penerapannya

Pencarian organik dari mesin pencari bisa dibilang menjadi sumber lalu lintas terbesar pada sebuah website. Namun, kemungkinan mendapatkan klik dari user sangat bergantung pada peringkat website Anda. Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan adalah optimasi, sehingga website Anda bisa mendapatkan peringkat terbaik di SERP. Hingga saat ini, strategi SEO paling efektif adalah melakukan optimasi dari sisi on page SEO.

Strategi on page SEO berfokus pada perbaikan dari sisi konten website, seperti penggunaan title tag, meta description, meta keyword hingga URL. Pada artikel kali ini, Rumahweb akan membahas apa itu on page SEO, dan mengapa optimasi sangat penting bagi audiens dan search engine untuk meningkatkan peringkat pencarian website Anda di Google. 

Pengertian On Page SEO

On page SEO adalah praktik pengoptimalan konten di halaman website, agar dapat ditemukan semaksimal mungkin di search engine. Optimasi ini dilakukan agar search engine dapat memahami materi di laman website kita. Sehingga, website kita dapat ditampilkan pada kueri penelusuran yang relevan. 

Strategi on page SEO didasarkan pada pengaturan konten di halaman, seperti perbaikan pada title tag, deskripsi, keyword hingga pengaturan permalink yang kita terapkan. Sehingga diharapkan crawler pada search engine dapat mengetahui isi konten website kita dan dapat mengkategorikan halaman dengan tepat.

Mengapa On Page SEO Penting?

Saat ini terdapat lebih dari 1 miliar situs website, yang berarti algoritma Google harus menyortir data dalam jumlah yang besar agar bisa mengatur konten website dan menyajikan yang paling menarik bagi pengguna. 

Dengan pengoptimalan pada halaman website, Anda telah membantu search engine untuk mengetahui isi website atau konten secara menyeluruh, sehingga search engine dapat menempatkan konten website Anda sesuai dengan relevansi kueri yang ditarget. 

Misalnya, Google melakukan update algoritma untuk mencari dan menghukum konten duplikat, mendorong situs untuk menyiapkan mobile version, hingga menekankan pentingnya keamanan pada website untuk menunjukkan komitmen security pada hasil telusurnya.

Cara Optimasi On Page SEO

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan hasil pencarian website di Search Engine. Berikut adalah beberapa strategi on page SEO yang bisa Anda lakukan : 

1. Pahami kriteria Google

Sebelum melakukan optimasi pada website, pahamilah terlebih dulu cara kerja algoritma Google. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian Google, seperti kecepatan, keamanan, hingga kualitas konten.

Dari sisi kecepatan, website Anda dituntut untuk dapat diakses secara cepat. Karenanya, Anda harus melakukan optimasi dari sisi server dan konten website, agar load lebih ringan sehingga dapat diakses lebih cepat.

Sedangkan untuk keamanan, pastikan bahwa website Anda telah secure atau menggunakan link HTTPS. Google memastikan bahwa hasil penelusuran teratas diisi dengan website yang telah secure.

Terakhir adalah konten, yang merupakan penilaian paling utama. Google menuntut Anda untuk menyajikan konten terbaik. Mulai dari judul, isi konten, gambar hingga keyword harus lengkap dan relevan. Selain itu, sangat disarankan agar website Anda support multiple device atau yang biasa kita kenal dengan responsive, sehingga memudahkan pengguna dalam menelusuri konten website Anda dari berbagai device..

2. Kata Kunci (Keywords)

Keyword merupakan salah satu hal yang menentukan hasil SERP pada sebuah website. Lakukanlah research keyword dan bantu mesin pencari mengetahui kata-kata yang penting pada website Anda. Google menyediakan paling tidak dua tools yang bisa Anda gunakan, untuk melakukan research keyword seperti Google Keyword Planner dan Google Hot Trends. Anda pun juga bisa menggunakan SEO tools yang lain seperti Ahref atau SEMrush untuk research keyword.

Setelah mendapatkan keyword yang tepat, pastikan keyword utama muncul pada judul, deskripsi, URL dan paragraf pertama dari artikel yang Anda tulis. Dengan adanya keyword di paragraf pertama, akan memungkinkan Anda untuk menjelaskan tujuan dan topik sejak awal pada search engine dan pembaca. 

3. Pengaturan Title dan Subtitle dengan Heading

Penempatan tag H1 dan H2 membantu crawler search engine untuk mengetahui judul dan hierarki dari konten yang Anda buat. Pastikan judul menggunakan tag H1 dan hanya muncul sekali saja dalam 1 artikel. Sedangkan H2 bisa Anda gunakan pada sub-judul yang memberikan petunjuk penting tentang materi yang Anda bahas. 

Hal terpenting yang perlu Anda ingat adalah pemanggilan tag H1 pada tiap artikel atau halaman cukup sekali saja, jangan sampai lebih dari sekali. Sedangkan H2 atau turunannya bisa disebut lebih dari satu kali dalam tiap artikel.

4. Optimasi URL

Struktur URL halaman website memberikan banyak manfaat bagi SEO. Secara khusus, Anda dapat membuat URL dengan menyertakan kata kunci di dalamnya, sehingga topik yang Anda buat akan lebih jelas dan memudahkan search engine dalam menampilkan relevansi keyword yang tepat.

Baik mesin pencari maupun pengguna website Anda akan merasa lebih yakin, karena mengetahui topik pada halaman yang Anda sajikan. Hal ini dapat mendorong search engine untuk menempatkan website Anda pada SERP sesuai keyword yang Anda targetkan.

Contohnya, Anda memiliki kata kunci ‘paket wisata jogja’, maka buatlah url website menjadi https://namadomain/paket-wisata-jogja.

5. Tambahkan Internal dan Outbound Link

Internal link berfungsi untuk memberikan informasi pada search engine, bahwa artikel yang Anda buat melibatkan halaman lain pada website. Sehingga search engine mampu memetakan dan menganalisis, mana halaman yang utama dan mana halaman pendukung. Penambahan internal link ini sangat direkomendasikan, karena bisa meningkatkan hasil pencarian halaman utama yang Anda target. 

Sebagai contoh, Rumahweb memiliki halaman Hosting Murah. Halaman Hosting Murah ini kami targetkan, agar mendapatkan peringkat terbaik di SERP. Untuk mendukung hal tersebut, kami membuat artikel di Journal Rumahweb yang menjelaskan fitur Hosting Murah. Lalu, kami buat internal link pada artikel tersebut, untuk diarahkan ke halaman Hosting Murah.

Outbound link diperlukan apabila artikel yang Anda buat bersumber pada website lain. Dengan kata lain, penyertaan outbound link untuk konten yang mengambil sumber atau referensi dari situs lain merupakan sebuah kewajiban karena sudah menjadi norma dan etika yang disepakati bersama.

6. Optimasi Title Tag dan Meta Deskripsi

Title tag atau judul merupakan salah satu komponen paling utama pada on page SEO. Judul memberikan informasi tentang konten yang Anda buat, serta memudahkan Google dalam menentukan hasil pencarian SERP. Kesesuaian keyword dan judul serta deskripsi pada website, akan meningkatkan SEO score pada website Anda. 

Karenanya, pastikan bahwa keyword yang Anda target muncul pada title tag, meta deskripsi dan URL konten yang Anda buat. Sebagai contoh, berikut adalah hasil penelusuran salah satu halaman website Rumahweb.

Baca juga artikel tentang Apa itu Backlink

On page SEO merupakan sebuah pondasi untuk membangun situs yang kuat dan hasil pencarian terbaik di SERP. Diharapkan dengan pondasi yang kuat ini, website Anda dapat dengan mudah masuk dalam peringkat tertinggi Google search engine

Dari semua poin-poin yang telah kami sampaikan diatas, terkadang kita masih bingung untuk menentukan mana yang perlu lebih dahulu dioptimasi. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan halaman yang dioptimasi, Anda bisa menggunakan Tools SEO terbaik dari Rumahweb yakni RankingCoach. 

RankingCoach akan melakukan analisis pada website Anda, lalu memberikan penugasan optimasi yang bisa Anda kerjakan. Sehingga optimasi yang dilakukan lebih terstruktur dan lebih efektif. Pelajari selengkapnya tentang RankingCoach di Rumahweb, dan jangan ragu untuk mendaftar trial secara gratis.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Lutfi Hanif

Tukang Komputer