Rumahweb Blog
banner artikel - cara menggunakan google trends indoesia terbaru

Cara Menggunakan Google Trends Indonesia Terbaru

Google Trends Indonesia adalah sebuah fitur yang pasti sudah tidak asing lagi bagi para penulis maupun spesialis SEO. Google Trends merupakan sebuah situs milik Google yang sangat berguna bila Anda ingin mengetahui tren di suatu wilayah pada waktu tertentu.

Jadi, dengan menggunakan Google Trends Indonesia Anda dapat mengetahui kata kunci atau tren paling banyak dicari orang melalui mesin pencarian Google di wilayah Indonesia.

Pada artikel Rumahweb Indonesia kali ini, Anda dapat mengetahui beragam informasi mengenai Google Trends Indonesia, mulai dari definisi lengkapnya, manfaat, fitur, hingga cara menggunakannya. Simak, yuk!

Google Trends adalah tool milik Google yang dapat digunakan untuk mencari data mengenai tren atau topik hangat yang sedang banyak diperbincangkan atau dicari di Google pada wilayah dan periode waktu tertentu.

Tools ini dapat memetakan tren berdasarkan wilayah, seperti kota maupun negara. Google Trends Indonesia misalnya, yang bisa membantu Anda menemukan tren keywords yang cukup akurat berdasarkan peristiwa hangat di Indonesia.

Tak hanya itu, Google Trends Indonesia juga dapat membandingkan performa antar keywords, serta memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti. Menariknya, tool ini dapat digunakan secara gratis.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Oleh karena itu, tak mengherankan jika banyak orang, terutama para marketer atau editor dan penulis, yang memanfaatkan Google Trends Indonesia.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan layanan Google Trends Indonesia:

1. Melihat Topik Populer dalam Waktu Tertentu

Google Trends dapat dimanfaatkan untuk melihat tren atau topik yang sedang banyak diperbincangkan. Tidak hanya yang sifatnya real-time, Anda juga bisa melihat tren di waktu-waktu tertentu, sesuai keinginan dengan mengatur periode waktunya.

2. Menentukan Target Market

Google Trends juga bermanfaat bagi Anda yang berkecimpung di dunia bisnis. Hal ini karena tools tersebut dapat membantu Anda menemukan target pengunjung yang sedang viral dalam suatu diskusi.

Anda juga dapat melihat data statistik berdasarkan negara, kota, bahkan bahasa yang dapat dijadikan referensi/target sebuah produk.

3. Melihat Perbandingan Topik

Google Trends memungkinkan Anda membandingkan topik yang sedang banyak dibahas di satu wilayah dengan wilayah lain. Misalnya, pada Google Trends Indonesia, Anda dapat mengetahui di wilayah mana saja sebuah tren atau kata kunci ramai diperbincangkan, apakah hanya di Jabodetabek, atau juga di kota-kota yang lebih kecil.

4. Menunjukkan Frekuensi

Manfaat lain dari Google Trends adalah dapat mengetahui seberapa sering suatu topik muncul di mesin pencarian Google. Dengan mengetahui tingkat frekuensi ini, marketer dapat lebih mudah menetapkan tujuan periklanan untuk produk maupun layanan yang dipasarkan di suatu wilayah tertentu. 

5. Mencari Kata Kunci Populer

Untuk Anda yang pekerjaannya mengoptimalisasi SEO, atau seorang penulis artikel web, menentukan kata kunci sangat penting dilakukan agar artikel yang Anda tulis mendapat banyak pengunjung.

Google Trends bisa membantu Anda menemukan kata kunci populer yang dapat membantu menentukan topik blog, agar mendapat peluang lebih tinggi untuk bisa menduduki peringkat pertama di mesin pencarian Google.

Ada banyak fitur dalam Google Trends yang bisa Anda manfaatkan dan eksplorasi untuk tujuan yang beragam. Berikut ini sejumlah fitur yang sering digunakan pengunjung Google Trends.

1. Ubah Lokasi

Ubah lokasi merupakan fitur yang paling sering digunakan ketika mengunjungi situs Google Trends. Fitur ini dapat Anda pakai jika ingin mengetahui tren di suatu negara atau wilayah.

Dengan fitur ini, Anda bisa menentukan negara atau kota mana yang ingin Anda ketahui tren populernya.

2. Opsi Pencarian Spesifik

Tidak hanya negara, Google Trends juga menyediakan opsi pencarian lain yang lebih spesifik, misalnya berdasarkan waktu, kategori, atau web pencarian. Jadi, Google Trends tidak hanya menganalisis pencarian di Google saja, tetapi juga di Google Image, Google News, Google Shopping, atau YouTube.

3. Pencarian Keyword Populer

Fitur lain yang ada di Google Trends adalah kolom untuk mencari keyword populer. Anda bisa langsung mengetik kata kunci yang ingin dicari, dan segera setelah di-enter, Google Trends akan menampilkan grafik yang menunjukkan penggunaan kata kunci tersebut dalam kurun waktu tertentu.

4. Opsi Unduh dan Share

Grafik yang muncul saat Anda memasukkan keyword juga dapat diunduh, embedded, atau share. Grafik ini bisa Anda sertakan dalam dokumen-dokumen yang membutuhkan riset keyword.

5. Trending Searches

Fitur lain yang tak kalah penting adalah fitur trending search. Lewat fitur ini Anda dapat mengetahui kata kunci apa saja yang sedang “naik” saat ini. Karena sifatnya real-time, data ini tentu akan berubah-ubah.

Setelah memahami pengertian, manfaat, hingga fitur yang ditawarkan oleh Google Trends, selanjutnya berikut kami rangkum bagaimana cara menggunakan Google Trends untuk Anda!

  1. Akses situs Google Trends melalui tautan ini.
  2. Masukkan keyword yang ingin dicari > tekan Enter.
halaman utama google trends
  1. Google Trends akan menampilkan data seperti berikut.
tampilan hasil pencarian
  1. Anda dapat mengeksplorasi pencarian melalui opsi-opsi di bawah.
hasil pencarian di google trends
  1. Scroll ke bawah untuk menemukan data-data menarik, seperti di wilayah mana saja keyword tersebut banyak dicari, atau topik-topik yang terkait dengan keyword tersebut.
keyword popular
  1. Jika Anda ingin membandingkan satu keyword dengan keyword lain, klik Compare.
compare keywords
  1. Akan muncul grafik perbandingan seperti berikut.
hasil compare keywords

Lalu, bagaimana jika Anda ingin melihat suatu keyword di wilayah dan waktu tertentu? Misalnya, tren keyword di Indonesia pada tahun 2022.

Jika Anda ingin melihat tren atau keyword populer di Indonesia tahun 2022, maka Anda dapat mengatur wilayah pencarian menjadi Indonesia, dan pilih tahun 2022.

Selanjutnya, Anda dapat memilih kategori “Rising” untuk melihat tren yang sedang meningkat.

cara menggunakan google trends

ATau, ganti kategori “Rising” dengan “Top” untuk melihat tren keyword teratas, sebagai berikut:

gambar hasil pencarian di google trends

Itulah informasi penting tentang Google Trends Indonesia, mulai dari definisi, manfaat, fitur, hingga cara menggunakan Google Trends yang perlu Anda ketahui.

Bagi Anda yang masih bingung cara optimasi SEO pada website, Anda bisa menggunakan layanan RankingCoach. Layanan ini kami rekomendasikan kepada Anda, yang ingin belajar melakukan optimasi SEO pada website. Rankingcoach akan memandu Anda step by step, hingga website Anda mendapatkan peringkat terbaik di Google.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner Pop Up - Hosting 99K