Rumahweb Blog
banner blog - Search Engine adalah - Pengertian, Contoh dan Cara Kerjanya

Search Engine: Pengertian, Contoh dan Cara Kerjanya

Search engine adalah istilah yang tak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi, terutama internet. Faktanya, search engine menjadi salah satu bagian penting saat berselancar di dunia maya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai apa itu search engine secara lengkap, termasuk contoh dan cara kerjanya.

Pengertian Search Engine

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, search engine adalah mesin pencarian. Lebih lengkapnya, search engine adalah program untuk mencari dan mengidentifikasi informasi dalam database, sesuai dengan kata kunci atau keyword yang dimasukkan. 

Database dalam search engine adalah alamat dan konten dari situs-situs tertentu, yang ada di World Wide Web (www). Setelah mendapatkan informasi yang diminta, search engine akan menampilkan result atau hasil pada  search engine result page (SERP).

Karena search engine adalah mesin pencarian di dunia maya (online), maka program ini akan berfungsi ketika Anda memiliki akses internet.

Sederhananya, fungsi search engine adalah untuk membantu pengguna dalam mencari informasi sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Namun untuk lebih jelasnya, fungsi search engine adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Pencarian Alamat Website

Fungsi pertama search engine adalah untuk memudahkan pencarian alamat dan konten website. Search engine memiliki kapasitas yang sangat besar dan akan selalu bertambah.

Bot atau crawler pada search engine dapat menjelajahi internet dan mendata situs melalui alamat hyperlink. Data inilah yang dikumpulkan dan disimpan sehingga menghasilkan daftar indeks yang besar.

2. Menyimpan dan Menyediakan Informasi Melalui Kata Kunci

Sebagai mesin pencari, fungsi selanjutnya tentu berkaitan dengan kebutuhan pengguna. Search engine berfungsi untuk memudahkan pengguna internet dalam memperoleh informasi yang dicari atau dibutuhkan.

Ada miliaran pencarian yang dilakukan oleh search engine. Hal ini akan terus bertambah, mengingat pengguna internet yang juga semakin banyak. 

Hampir semua informasi dapat ditemukan melalui search engine. Anda cukup menuliskan kata kunci terkait informasi yang dibutuhkan, lalu biarkan search engine yang bekerja.

Setelah SERP muncul, maka Anda cukup memilih informasi dari situs mana yang ingin dibaca.

3. Menjadi Media Pemasaran atau Marketing

Fungsi yang tak kalah penting dari search engine adalah sebagai media pemasaran. Seperti yang diketahui, melalui search engine, pengguna dapat mencari informasi apapun. Mulai dari informasi produk, hingga penawaran produk yang ingin dibeli.

Hal ini tentu menjadi kesempatan bagi para pemilik usaha untuk memasarkan produk mereka. Pemilik usaha hanya perlu membuat website produk dan mengunggah konten yang menarik.

Kemudian, usahakan situs tersebut dapat terindeks oleh mesin pencari. Jadi, ketika pengguna mencari produk tersebut lalu mengetik kata kunci yang relevan, maka search engine akan menampilkan produk atau konten pemilik usaha.

Karena bersaing dengan ribuan produk atau situs lainnya, tentu Anda perlu strategi agar produk Anda dapat muncul di search engine. Strategi ini biasa dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimzation).

Contoh Search Engine

Jika Anda belum familiar dengan apa sebenarnya search engine itu, setidaknya Anda pasti sudah familiar dengan beberapa contohnya. Hal ini karena selama ini istilah search engine lebih dikenal dengan nama perusahaan atau nama search engine-nya. Lalu, apa saja contohnya?

1. Google

Tentu Anda sudah tidak asing dengan Google. Ketika membaca nama ini pasti Anda menjadi lebih paham dengan istilah search engine, bukan? 

Google adalah search engine paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Persentase penggunanya bahkan mencapai 92.33% untuk mobile devices dan 71,24% untuk desktop.

2. Bing

Contoh selanjutnya dari search engine adalah Bing. Mesin pencari milik Microsoft ini menguasai hampir 20% total pencarian di internet dan menjadi search engine kedua terbesar setelah Google.

Menjadi search engine default di komputer berbasis Windows Operating System, tak mengherankan jika Bing berhasil menguasai pencarian di internet kedua di dunia.

3. Yandeks

Mesin pencarian satu ini mungkin masih asing di telinga Anda. Namun di Rusia, search engine yang banyak digunakan adalah Yandeks. Hal ini karena hasil penelusurannya menggunakan berbahasa Rusia.

Meskipun tak sebesar Google, Yandeks menjadi salah satu search engine yang banyak digunakan.

4. DuckDuckGo

Search engine satu ini memiliki kelebihan di mana Anda tak perlu menggunakan cookie dalam pencarian, sehingga data pribadi anda akan lebih aman ketika menggunakan DuckDuckGo.

Meskipun telah digunakan oleh sekitar 25 juta orang di dunia, termasuk oleh CEO Twitter, namun, popularitas search engine ini belum terlalu menarik perhatian banyak pengguna internet.

5. Yahoo

Apakah Anda memiliki memori melakukan pencarian melalui Yahoo? Pada tahun 2000-an, Yahoo menjadi salah satu search engine yang berjaya. Bahkan, Yahoo bisa dikatakan sebagai pionir dari search engine.

Akan tetapi semakin berjalannya waktu, pengguna search engine ini semakin menurun, bahkan hanya menyisakan sekitar 2% saja. 

Cara Kerja Search engine

Setelah mengetahui berbagai contohnya, Anda tentu penasaran bagaimana search engine dapat mengelola miliaran informasi dan menyajikannya sesuai dengan keyword yang relevan.

Hal ini dapat terjadi karena search engine adalah program yang mampu memilih informasi dalam hitungan detik, lalu menampilkannya melalui SERP sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Ternyata, cara kerja search engine ini terbagi dalam tiga tahapan umum, yakni: crawling (penelusuran atau penjelajahan), indexing (pengindeksan), dan ranking (peringkat).

Simak artikel berikut untuk mengetahui cara kerja search engine secara lebih lengkap: Bagaimana Cara Kerja Search Engine?

Berikut tadi penjelasan lengkap mengenai apa itu search engine, contoh, hingga cara kerjanya. Untuk meningkatkan peringkat website pada search engine, anda juga dapat menggunakan layanan SEO Tools dari Rumahweb yaitu RankingCoach, agar anda dapat dipandu melalui tugas-tugas optimasi SEO pada website.

Demikian artikel search engine dari Rumahweb, semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan seputar internet dan dunia maya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing