Rumahweb Blog
banner artikel - Apa Itu MySQL Adalah

Apa Itu MySQL? Pengertian, Fungsi, dan Tutorial Lengkapnya

Ada berbagai cara dan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola sebuah database. MySQL adalah salah satu sistem manajemen database open-source berbasis RDBMS yang dapat Anda gunakan untuk mengelola database. 

RDBMS (Relational Database Management System) atau yang dapat diterjemahkan menjadi Sistem Manajemen Database Relasional adalah jenis sistem manajemen database yang mengelola data dalam bentuk tabel-tabel relasional.

Setiap tabel memiliki kolom dan baris yang mewakili entitas dan atributnya. Tabel-tabel ini saling terkait melalui relasi yang ditentukan oleh kunci utama dan kunci asing. RDBMS menyediakan mekanisme untuk mengakses, memodifikasi, dan mengelola data dengan menggunakan bahasa perintah SQL (Structured Query Language).

MySQL adalah salah satu contoh populer dari sistem manajemen database relasional ini. Selain MySQL, beberapa contoh populer dari RDBMS lainnya antara lain seperti Oracle, SQL Server, dan PostgreSQL.

SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa standar yang digunakan untuk mengelola dan mengakses data pada database relasional. SQL digunakan untuk mengambil, menambah, mengubah, dan menghapus data dalam database.

Selain itu, SQL juga dapat digunakan untuk membuat atau mengubah tabel, indeks, dan relasi dalam database, serta mengelola hak akses data dan mengontrol akses pengguna ke database. SQL sangat penting dalam pengelolaan database relasional karena digunakan untuk mengontrol seluruh operasi data dalam database.

MySQL adalah salah satu contoh populer dari sistem manajemen menggunakan SQL sebagai bahasa standarnya. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu MySQL, fungsi, hingga kelebihan dan kekurangannya. Simak hingga akhir, ya!

Apa Itu MySQL

MySQL adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) berbasis open-source yang populer digunakan oleh kebanyakan orang. Umumnya, MySQL digunakan untuk mengelola dan mengakses data dalam jumlah besar dan digunakan oleh untuk mengelola berbagai website maupun aplikasi ternama.

Beberapa perusahaan yang menggunakan MySQL adalah Uber, Airbnb, Amazon, bahkan Facebook dan Twitter juga menggunakan database satu ini.

MySQL adalah sistem manajemen database yang dikembangkan oleh perusahaan MySQL AB dan sekarang dimiliki oleh Oracle Corporation. Karena berbasis open-source, MySQL dapat digunakan secara bebas dan terbuka tanpa biaya sama sekali.

MySQL menggunakan bahasa perintah SQL (Structured Query Language) untuk mengakses dan memanipulasi data dalam tabel-tabel relasional. MySQL digunakan secara luas untuk mengelola data aplikasi atau website di server.

Salah satu alasan popularitas MySQL adalah karena sistem manajemen database satu ini memiliki kinerja yang baik, fleksibel, dan menawarkan ketersediaan dukungan yang luas. Selain itu, MySQL juga dapat diinstal dan digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan MacOS.

BACA JUGA: Apa Itu MariaDB? Pengertian dan Perbedaannya dengan MySQL

Fungsi MySQL

Fungsi utama dari MySQL adalah sebagai sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan mengambil data dengan cepat, andal, dan mudah digunakan.

MySQL dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data, termasuk teks, angka, maupun data biner. Selain itu MySQL telah mendukung pengelolaan berbagai tipe data, seperti string, integer, dan data tanggal dan waktu. 

MySQL juga menawarkan berbagai fitur canggih seperti indeksing, transaksi, dan prosedur. MySQL dapat digunakan dalam berbagai lingkup, mulai dari website kecil hingga aplikasi bisnis besar.

Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Sama halnya dengan teknologi canggih lainnya, MySQL juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pahami sebelum memutuskan untuk menggunakan sistem manajemen database satu ini. Apa saja?

Kelebihan MySQL

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu alasan MySQL populer digunakan untuk mengelola database adalah karena sistem manajemen ini memiliki berbagai kelebihan menarik. Beberapa kelebihan dari MySQL adalah:

1. Open-source

MySQL adalah perangkat lunak yang bersifat open-source. Hal ini berarti MySQL dapat digunakan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan secara gratis. 

2. Cepat dan Efisien

MySQL menggunakan teknologi yang dirancang untuk mengoptimalkan kinerja dan mengurangi waktu pengambilan data.

3. Skalabilitas

MySQL dapat digunakan untuk database dalam skala yang luas, mulai dari aplikasi website sederhana hingga sistem database besar di perusahaan.

4. Dukungan yang Luas

MySQL memiliki komunitas yang luas sehingga pengguna dapat menemukan bantuan, troubleshooting, hingga sumber daya dengan relatif mudah.

5. Kompatibilitas

MySQL dapat digunakan pada berbagai OS, seperti Windows, Linux, dan Mac. Selain itu, MySQL juga dapat digabungkan dengan berbagai bahasa pemrograman, seperti PHP, Java, dan C#.

6. Fitur Canggih

MySQL mendukung fitur canggih seperti indeksing, transaksi, dan prosedur penyimpanan yang membuat pengelolaan database menjadi lebih mudah dan efisien.

Kekurangan MySQL

Berikut adalah beberapa kekurangan dari MySQL;

1. Keterbatasan Pengelolaan Data NoSQL

Seperti penamaannya, NoSQL adalah singkatan dari Not Only SQL, yaitu database management system yang bersifat non-relational.. Sedangkan MySQL adalah RDBMS yang didesain untuk data relasional, jadi tidak cocok untuk pengelolaan data yang tidak terstruktur seperti data NoSQL.

2. Keterbatasan dalam Skalabilitas Vertikal

MySQL mungkin mengalami kesulitan dalam mengatasi beban kerja yang tinggi dalam skala yang besar, sehingga mengharuskan pengelolaan data dengan skalabilitas vertikal.

3. Kemungkinan Keamanan

MySQL mungkin lebih rentan terhadap serangan jika tidak diatur dan dijaga dengan benar.

4. Dukungan Komersial

Dukungan komersial untuk MySQL mungkin lebih mahal dibandingkan dengan dukungan untuk perangkat lunak open-source lainnya.

5. Keterbatasan dalam Manajemen Data Geospasial

MySQL tidak sepenuhnya didukung untuk melakukan pengelolaan data geospasial, sehingga Anda mungkin memerlukan solusi tambahan untuk mengelola data geografis.

6. Keterbatasan Pengelolaan Data Transaksi

MySQL tidak sepenuhnya didukung untuk mengelola data transaksi, sehingga Anda mungkin juga memerlukan solusi tambahan untuk mengelola data transaksi yang kompleks.

Belajar MySQL

Setelah memahami tentang pengertian MySQL, hingga kelebihan dan kekurangannya, lalu apakah Anda penasaran bagaimana cara menggunakan MySQL, mulai dari membuat database hingga proses transaksi di dalam table? Simak panduan singkat berikut

1. Membuat Database

Jalankan perintah:

CREATE database nama_database;
membuat database mysql

Untuk akses databasenya, gunakan perintah use nama_database;

2. Membuat Tabel

Jalankan perintah: 

CREATE table Pengguna (
    ID int NOT NULL,
    Nama varchar(255),
    Alamat varchar(255),
    Negara varchar(12),
    PRIMARY KEY (ID)
);
membuat table mysql - apa itu mysql adalah

Untuk melihat keterangan kolom di table, gunakan perintah DESC;

melihat kolom table

3. Input Data di Tabel

Jalankan perintah:

INSERT into Pengguna (ID, Nama, Alamat, Negara)
VALUES (1, 'Fredric', 'Jl.Kenangan', 'ID');

Untuk melihat hasilnya, gunakan perintah SELECT.

input data - apa itu mysql adalah

4. Tambah kolom di tabel

Jalankan perintah:

ALTER TABLE Pengguna ADD Waktu_online DATE;
tambah kolom di tabel

Perbarui isi table berdasar kolom terbaru, gunakan UPDATE.

UPDATE Pengguna SET Waktu_online = CURRENT_DATE() WHERE ID = 1;
update tabel

5. Update data di tabel

Jalankan perintah:

UPDATE Pengguna SET Nama = 'Fredric Ganteng',
Waktu_online = CURRENT_DATE() WHERE ID = 1;
update tabel - apa itu mysql adalah

**Perintah diatas untuk update data Nama dan Waktu online terkini.

6. Hapus data di tabel

Jalankan perintah:

DELETE from Pengguna where ID=1;
hapus tabel

Cara Install MySQL

Setelah mengetahui tentang apa itu MySQL, selanjutnya kita akan belajar cara install MySQL. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendownload dan menginstall MySQL, salah satunya dengan mendownload shell MySQL dari situs resmi berikut: Download MySQL Shell.

Pada artikel ini, kami akan menggunakan aplikasi XAMPP yang sudah menyediakan paket instalasi MySQL, Apache. dan PHP dalam satu paket yang mudah diinstal. Berikut panduan instalasi XAMPP yang dapat dipilih sesuai OS perangkat Anda:

  1. Windows: Cara Install Laravel di Localhost XAMPP Windows
  2. Linux: Cara Install XAMPP di VPS Ubuntu

Selain menggunakan XAMPP, Anda juga dapat menginstall MySQL secara langsung di perangkat berbasis Linux dengan panduan berikut: Cara Install MySQL Server di VPS Centos 7

Perintah Dasar MySQL

Perintah dasar MySQL adalah perintah yang digunakan untuk mengelola dan mengakses data dalam database MySQL. Perintah-perintah ini digunakan untuk mengambil, menambahkan, mengubah, dan menghapus data pada database, serta untuk membuat dan mengubah tabel, indeks, dan relasi dalam database.

Perintah dasar MySQL juga digunakan untuk mengelola hak akses pengguna ke data dan mengontrol akses ke database. Perintah-perintah ini sangat penting dalam pengelolaan database MySQL karena digunakan untuk mengontrol seluruh operasi database.

Beberapa perintah dasar yang sering digunakan pada MySQL adalah sebagai berikut:

  • SELECT : mengambil data dari tabel.
  • INSERT : menambahkan data ke tabel.
  • UPDATE : memperbarui data dalam tabel.
  • DELETE : menghapus data dari tabel.
  • CREATE : membuat tabel baru atau objek lainnya dalam database.
  • ALTER : mengubah struktur tabel atau objek lainnya dalam database.
  • DROP : menghapus tabel atau objek lainnya dalam database.
  • USE : memilih database yang akan digunakan.
  • SHOW : menampilkan informasi tentang tabel, database, atau status server.
  • GRANT : memberikan hak akses pengguna ke database atau tabel tertentu.
  • REVOKE : mencabut hak akses pengguna dari database atau tabel tertentu.

Perintah di atas hanyalah sebagian dari perintah dasar yang akan berguna dalam pengelolaan database MySQL.

BACA JUGA: Perbedaan MySQL dan MySQLi

Support MySQL di Rumahweb 

MySQL adalah salah satu sistem manajemen database yang populer digunakan oleh sebagian besar orang. Rumahweb mendukung pengelolaan database MySQL sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin mempublikasi website menggunakan database satu ini.

Pengelolaan database pada layanan hosting Rumahweb bisa dilakukan melalui phpMyAdmin dan aplikasi remote DB seperti Navicat atau aplikasi lain, sesuai ketentuan paket hosting yang digunakan. 

Jangan khawatir jika Anda mengalami kesulitan saat melakukan pengelolaan hosting, karena Orang Rumah siap membantu Anda 24/7! Anda dapat menghubungi kami melalui live chat, telepon, atau email ke [email protected] 

Dapat disimpulkan bahwa MySQL adalah sistem manajemen database yang cocok digunakan baik untuk website atau aplikasi berskala kecil hingga besar.

Demikian ulasan kami mengenai apa itu MySQL, kelebihan, kekurangan, hingga cara menggunakannya. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Fredric Lesomar