Rumahweb Blog
Banner Artikel - Oracle Database Adalah

Oracle Database: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Ada berbagai layanan yang dapat digunakan sebagai penyimpanan data digital, misalnya MySQL/MariaDB. Selain dua pilihan populer tersebut, Oracle database adalah salah satu pilihan sistem manajemen database yang patut untuk dicoba.

Database memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai operasi pada data, seperti mencari, menyimpan, memperbarui, dan menghapus suatu data. Oracle database adalah salah satu sistem manajemen database yang dapat diperhitungkan jika Anda ingin menggunakan RDBMS database.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang apa itu Oracle database, fungsi, hingga cara membuatnya.

Apa itu Oracle Database

Oracle Database adalah sistem manajemen database yang dikembangkan oleh perusahaan Oracle Corporation dan banyak digunakan sebagai database tingkat lanjut. Oracle database juga mengadopsi sistem RDBMS yang sama seperti MySQL atau MariaDB pada umumnya.

RDBMS adalah singkatan dari Relational Database Management System, atau dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai database relasional. RDBMS berfungsi untuk melayani sistem database yang terdiri atas tabel-tabel yang memiliki relasi satu sama lain.

Oracle database adalah manajemen database yang menggunakan bahasa SQL (Structured Query Language) untuk mengelola dan memanipulasi data.

Oracle Database juga mendukung bahasa pemrograman lain, seperti PL (Procedural Language), yang merupakan ekstensi dari SQL, yang memungkinkan pengembangan aplikasi tingkat lanjut di dalam database.

Sama seperti sistem manajemen database lainnya, Oracle database juga menawarkan berbagai fitur yang akan membantu penggunanya, seperti dukungan untuk transaksi, pemulihan dari kegagalan sistem, kontrol akses pengguna, pembuatan indeks untuk pencarian cepat, dukungan pemrosesan paralel, dan masih banyak lagi.

Oracle database juga menyediakan fitur-fitur canggih seperti partisi tabel, replikasi data, relasi data lintas platform, dan kemampuan untuk mengelola dan mengintegrasikan data semi-terstruktur dan tidak terstruktur.

Fungsi Oracle Database

Oracle database adalah salah satu sistem manajemen database yang mengadopsi sistem RDBMS, sehingga Oracle memiliki fungsi yang pada dasarnya masih sama seperti database lain, seperti penyimpanan data, manajemen data dan lainnya.

Beberapa fungsi dari Oracle database adalah sebagai berikut:

1. Keamanan Data

Oracle menawarkan fitur keamanan yang lebih baik, untuk melindungi data dari akses yang tidak sah.

Fitur keamanan data yang ditawarkan antara lain seperti autentikasi pengguna, otorisasi akses berdasarkan peran yang telah ditentukan, pengendalian hak akses, enkripsi data, dan audit untuk melacak aktivitas pengguna.

2. Kinerja Tinggi

Oracle dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin menggunakan database dengan kebutuhan resource HA (High Availability) agar pemrosesan data semakin cepat.

Oracle menggunakan teknik tuning dan optimasi kinerja yang meliputi pembuatan indeks, tabel partisi, pemrosesan paralel, dan penggunaan cache memory untuk mengurangi response times.

3. Skalabilitas

Oracle database adalah salah satu database yang bisa menjadi alternatif untuk mengatasi beban kerja SQL yang berkembang seiring waktu, karena Oracle mendukung peningkatan kapasitas penyimpanan dan penggunaan sumber daya yang lebih fleksibel.

4. Pemulihan Data

Oracle database menyediakan mekanisme pemulihan yang kuat untuk mengembalikan data ke keadaan yang konsisten setelah kegagalan sistem atau kesalahan manusia.

Fungsi pemulihan data yang ditawarkan oleh Oracle meliputi data backup dan pemulihan transaksi secara lengkap dan akurat.

5. Pemrosesan Transaksi

Oracle database mendukung pemrosesan transaksi yang andal untuk memastikan bahwa bahwa operasi yang melibatkan perubahan data, seperti penyisipan, pembaruan, dan penghapusan dapat dilakukan dengan konsisten.

6. Manajemen Basis Data

Oracle database menawarkan kemampuan untuk menjaga konsistensi data di seluruh basis data yang besar dan kompleks.

7. Replikasi Data

Oracle database mendukung replikasi data yang memungkinkan proses replikasi dan sinkronisasi data antar database dapat terdistribusi dengan baik. Replikasi Oracle database adalah salah satu fungsi yang diperlukan untuk meningkatkan skalabilitas bagi aplikasi yang memiliki kebutuhan distribusi atau pengguna yang besar.

8. Integrasi Aplikasi

Oracle Database dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi dan platform lain, seperti integrasi dengan bahasa pemrograman atau platform analitik untuk mengakses dan memanfaatkan data dengan cara yang berbeda.

BACA JUGA : DBMS: Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Aplikasinya

Kekurangan dan Kelebihan Oracle Database

Setiap sistem manajemen database tentu memiliki kelebihan lain dan kekurangan yang perlu dipahami sebagai acuan perbandingan, sehingga Anda bisa menemukan solusi terbaik dari kebutuhan penggunaan sistem manajemen database.

Berikut kami rangkum kelebihan dan kekurangan Oracle Database:

Kelebihan Oracle Database

  1. Ekosistem yang Luas

Oracle Database memiliki dukungan kuat dari Oracle Corporation. Selain itu, Oracle juga memiliki komunitas pengguna yang relatif besar. Tak hanya itu, ada berbagai tool dan sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda dalam mengelola dan mengoptimalkan database Oracle.

  1. Dukungan Teknologi

Oracle database juga turut aktif mengikuti perkembangan teknologi dan memberikan dukungan untuk fitur-fiturnya, termasuk teknologi cloud, machine learning, dan pemrosesan data in-memory.

Kekurangan Oracle Database

  1. Biaya yang Besar

Meskipun memiliki berbagai kelebihan yang menggiurkan, sayangnya Oracle Database adalah perangkat lunak komersial yang tidak gratis. Sehingga tidak cocok bagi penggunaan jangka pendek, terutama untuk perusahaan kecil dan menengah.

Anda perlu membayarkan biaya lisensi, dukungan, dan perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan Oracle Database.

  1. Pengelolaan yang Kompleks

Meskipun memiliki jaringan komunitas yang relatif luas, Oracle Database memiliki sistem yang kompleks dan kurva pembelajaran yang tidak terlalu baik di kalangan komunitas.

Proses mengelola dan konfigurasi Oracle dapat menjadi tugas yang cukup rumit dan membutuhkan keahlian khusus. Karena itu, Anda perlu memiliki pengetahuan mendalam mengenai database satu ini agar dapat mengelola dan mengoptimalkan penggunaan Oracle Database dengan baik.

  1. Sumber Daya yang Besar

Oracle Database juga membutuhkan sumber daya yang cukup tinggi, terutama dalam penggunaan CPU dan memory. Sumber daya tinggi ini diperlukan agar proses management database dapat berjalan dengan baik.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Oracle Database yang penting untuk Anda ketahui. Pada dasarnya, jika kebutuhan dan kapabilitas Anda atau perusahaan masih relatif ringan, sistem manajemen database open-source masih dapat diandalkan.

Cara Membuat Database Oracle

Hampir sama dengan database RDBMS pada umumnya, cara membuat Oracle Database dapat dilakukan melalui command line maupun tool management system. Pada artikel ini, kami akan mencontohkan cara membuat Oracle Database melalui command line.

  1. Akses Oracle Database menggunakan perintah sqlplus melalui CMD dengan rumus sebagai berikut: 
sqlplus / as sysdba
  1. Buat User menggunakan rumus:
create user [connection name] identified by [password];

Contoh:

create user rumahweb identified by passwordOracl3;
  1. Hubungkan koneksi User dengan rumus berikut:
grant connect, resource, sysdba to [connection name];

Berikut contoh penggunaannya:

grant connect, resource, sysdba to rumahweb;
  1. Akses User yang telah dibuat dengan cara sebagai berikut:
sqlplus username/password@SID

Contoh:

sqlplus rumahweb/passwordOracl3@sysdba 
  1. Buat database
CREATE DATABASE mydatabase;

Berikut contohnya:

CREATE DATABASE rumahwebdb;

Sampai tahap ini, proses pembuatan database sudah berhasil dilakukan. Selanjutnya Anda bisa menghubungkan user ke database yang baru saja dibuat, dengan cara sebagai berikut:

CONNECT username/password@new_SID

Contoh:

CONNECT rumahweb/passwordOracl3@rumahwebdb

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, Oracle database adalah salah satu pilihan sistem manajemen database yang cocok digunakan untuk mengelola database yang membutuhkan kinerja tingkat tinggi.

Bagi Anda yang membutuhkan VPS Windows dengan high availability resource, Anda bisa menggunakan layanan dari Rumahweb. Tersedia berbagai pilih VPS mulai dari VPS Alibaba, KVM hingga AWS Lightsail yang dapat Anda pilih dengan harga yang terjangkau. Tertarik mencoba?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Fredric Lesomar