Rumahweb Blog
banner artikel - 13 Ide Seru Lomba 17 Agustus Berbasis Digital

13 Ide Seru Lomba 17 Agustus Berbasis Digital

Agustus menjadi bulan spesial bagi seluruh masyarakat Indonesia, tepatnya di tanggal 17 Agustus. Seperti yang kita ketahui bersama, 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Indonesia, yang biasa diperingati dengan berbagai lomba 17 Agustusan.

Selain diperingati dengan upacara bendera, banyak pihak yang memanfaatkan momen ini sebagai ajang berkumpul dengan membuat acara meriah, mulai dari jalan sehat, malam tirakatan, hingga menyusun rangkaian lomba untuk semakin memeriahkan hari kemerdekaan.

Namun, tradisi ini mulai memudar sejak pandemi hadir, dan aktivitas berkumpul dibatasi. Alhasil, lomba 17 Agustus banyak ditiadakan.

Hal itu membuat tidak sedikit orang kemudian memutar otak untuk mencetuskan ide seru lomba 17 Agustus berbasis digital. Jadi, jika tahun ini di lingkungan atau kantor Anda belum mengadakan lomba 17 Agustus secara offline, Anda bisa membuat lomba 17-an secara online! 

BACA JUGA: Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran yang Islami

Lomba 17 Agustus Berbasis Digital

Tak hanya pekerjaan yang dapat dikonversi secara virtual, namun lomba 17 Agustus pun dapat “disulap” secara virtual! Lalu, apa saja ide seru lomba 17-an berbasis digital? Simak artikel Rumahweb Indonesia berikut ini.

1. Lomba Selfie Kemerdekaan

Selfie bisa menjadi salah satu ide lomba 17 Agustus yang paling mudah dilakukan. Pada lomba ini peserta diminta mengunggah selfie terbaiknya dengan menggunakan atribut 17 Agustus, misalnya baju atau riasan merah putih, seragam pahlawan, dan lain-lain.

Anda pun dapat memilih pemenang berdasarkan kreativitas atau jumlah likes yang didapatkan. Selain mengasah kreativitas, Anda pun dapat mempererat hubungan antar warga, karena mereka harus saling mendukung dengan memberikan like di sosial media.

2. Cerdas Cermat

Lomba ini cocok dijadikan lomba 17 Agustus, terlebih jika pesertanya adalah pelajar. Ada berbagai materi yang bisa dimasukkan ke dalam soal cerdas cermat, mulai dari mata pelajaran sekolah hingga pengetahuan umum tentang Indonesia.

Anda dapat memanfaatkan berbagai platform atau aplikasi untuk pengerjaannya, seperti Google Form, Kahoot, atau Quizziz.

3. Lomba TikTok Kemerdekaan

Siapa yang tak mengenal TikTok? Hampir semua orang, tua maupun muda, sudah menggunakan media sosial satu ini. Karena itulah, lomba TikTok cocok dijadikan ide lomba 17 Agustus.

Caranya, peserta harus membuat konten di TikTok bertajuk kemerdekaan dengan tema yang beragam, misalnya ragam tarian atau pakaian daerah indonesia, tips & trik, dan masih banyak lagi tema yang dapat dieksplorasi.

4. Membuat Konten Kreatif Kemerdekaan

Selain TikTok, Anda juga bisa membuat konten kreatif kemerdekaan di platform lain, misalnya Instagram. Lewat media sosial ini, peserta dapat memanfaatkan beragam fitur untuk menyajikan konten kreatif bertema 17 Agustus.

BACA JUGA: Peluang Usaha Membuat Template Kartu Ucapan Lebaran Digital

5. E-Sport

Lomba 17 Agustus juga identik dengan lomba olahraga. Berkat teknologi, olahraga saat ini juga bisa dilakukan secara online/digital.

E-sport memang identik dengan game kelas berat, seperti PUBG, Mobile Legend, atau sejenisnya. Namun, Anda juga bisa menggunakan alternatif game lain yang lebih sederhana dan dapat dimainkan oleh berbagai usia, seperti Gartic, yaitu game tebak gambar yang bisa dimainkan secara online oleh banyak orang.

6. Lomba Membuat Ucapan Kemerdekaan

Anda juga dapat membuat lomba ucapan kemerdekaan dengan format teks, foto, maupun video. Caranya, peserta harus membuat ucapan hari kemerdekaan dengan format yang ditentukan sekreatif mungkin.

7. Membuat Artikel

Lomba 17 Agustus lain yang bisa dipraktikkan adalah membuat artikel. Anda dapat meminta peserta untuk menuliskan artikel dengan sejumlah ketentuan, seperti topik, jumlah kata, hingga platform untuk mengunggahnya.

8. Membuat Animasi Sederhana

Lomba satu ini akan mengandalkan kreativitas peserta, karena mereka diminta untuk membuat animasi dengan barang yang ada di rumah, misalnya membuat video stop-motion dari alat tulis, dan lain sebagainya.

9. Lomba Mewarnai Online

Mewarnai online juga dapat menjadi pilihan lomba 17 Agustusan yang seru. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan gambar digital, mengirimkannya ke peserta, meminta mereka mewarnai, lalu memotret hasilnya, dan dikirim ke juri.

10. Lomba Desain Kemerdekaan

Lomba satu ini dapat menjadi inspirasi bagi peserta yang memiliki passion di bidang desain. Minta mereka membuat desain/poster/logo bertajuk kemerdekaan sesuai kreativitas masing-masing.

BACA JUGA: Video Conference Gratis Dengan Google Meet

11. Lomba Kartu Ucapan Untuk Keluarga

Lomba ucapan ini tidak harus berbau kemerdekaan. Bisa juga membuat ucapan selamat hari jadi pernikahan, selamat menjadi ibu baru, dan lain sebagainya.

12. Lomba Kostum Online

Lomba 17 Agustusan lainnya yang bisa diterapkan adalah lomba kostum online. Peserta dapat mengunggah foto menggunakan kostum bertema Indonesia, misalnya kostum pahlawan, kostum tokoh fiktif Indonesia, pakaian adat, dan lain sebagainya.

13. Lomba Karaoke Online

Terakhir adalah lomba karaoke online. Sedikit berbeda dengan karaoke offline, peserta dapat mengunggah video bernyanyi, baik secara individu maupun bersama grupnya. Mereka juga bisa berkreasi dengan mengedit konten videonya agar lebih menarik.

Itulah ragam lomba 17 Agustusan berbasis digital yang tentunya tidak kalah seru dengan lomba-lomba lain yang diadakan secara offline. Jadi, ide mana yang akan Anda lakukan?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents