Rumahweb Blog

Lima Langkah Pemasaran Website Baru

Setelah selesai membuat website, masih ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk pemasaran website supaya website Anda bisa bersaing di Internet dengan lebih dari 2 juta website lainnya. Ketika website Anda bisa bersaing, hal ini akan menambah jumlah pengunjung website Anda sehingga bisnis Anda semakin dikenal.

Dengan teknik penjualan yang benar yang didasari dengan rencana pemasaran website yang tepat akan membuat sukses itu tidak hanya sebatas mimpi. Membuat rencana pemasaran yang baik, selain memudahkan dalam proses menjalankan bisnis, juga akan memudahkan Anda dalam mengevaluasi rencana pemasaran yang sudah berjalan sesuai dengan respon dari hasil yang diterima.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membuat rencana pemasaran online pada suatu bisnis:

1. Tentukan Tujuan Pemasaran Website

Sebelum memulai pemasaran secara online perlu dipikirkan dahulu tujuan apa yang ingin Anda dapatkan. Apakah Anda ingin lalu lintas akses ke website Anda yang lebih banyak? Apakah Anda menjual suatu produk dan bertujuan mencari untung? Atau untuk tujuan lainnya?

Mungkin ada banyak sekali tujuan lainnya dari pemasaran online, tapi coba gunakan langkah ini untuk mencari tahu apa rencana spesifik Anda beserta tingkat prioritas tiap tujuan.

 

2. Perjelas Target Audiens

Penjualan Anda akan berjalan dengan baik bila fokus pada orang-orang yang tertarik dengan produk Anda. Lakukan analisis target market berdasarkan kebutuhan atau layanan yang mereka inginkan, siapa yang akan membeli atau menggunakan layanan tersebut.

Berikut ini beberapa faktor yang dijadikan pertimbangan dalam menentukan target pemasaran:

  • Umur
  • Lokasi
  • Jenis Kelamin
  • Tingkat pendapatan
  • Tingkat pendidikan
  • Status pernikahan
  • Status orang tua
  • Pekerjaan
  • Ketertarikan umum
  • Hobi
  • Politik
  • Sikap kepribadian
  • Perilaku belanja

 

3.Tentukan Taktik Pemasaran Apa Yang Akan Anda Gunakan

Setelah menentukan tujuan dan siapa yang Anda jadikan target, saatnya untuk menentukan strategi pemasaran website Anda. Bila Anda belum terbiasa dengan pemasaran online, hal ini akan membutuhkan waktu yang lama karena akan ada banyak cara dan taktik tiap masing-masing orang dalam praktiknya.

Bila Anda memutuskan untuk melakukannya sendiri, maka Anda perlu meluangkan banyak waktu dalam mempelajarinya. Bila Anda memilih untuk mempekerjakan orang, pastikan Anda memiliki pemahaman tentang berbagai bidang pemasaran online untuk memutuskan strategi apa yang ingin Anda gunakan dan memilih orang yang pas dalam menjalankan strategi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan:

  • SEO ( Search Engine Optimization).
  • Menggunakan layanan pencarian berbayar
  • Content marketing
  • Email marketing
  • Social media marketing
  • Pemasaran melalui afiliasi
  • Mengoptimalkan langkah-langkah di atas

Masing-masing langkah diatas saling mempengaruhi satu sama lain namun Anda tidak perlu melakukan semuanya langsung. Anda dapat memulai dengan cara yang memiliki tingkat kerumitan terendah.

Dengan mengetahui tujuan dan audiens yang paling ingin Anda capai maka akan semakin mudah dalam menentukan strategi apa yang harus diprioritaskan.

 

4. Memperkirakan Anggaran

Pemasaran secara online memiliki dua usaha yang besar yaitu waktu dan uang. Anda bisa menghindari keluarnya banyak anggaran jika Anda bersedia meluangkan banyak waktu, begitu juga sebaliknya. Jadi sebelum Anda memulai, sangat disarankan untuk memperkirakan jumlah anggaran.

Beberapa pemasaran online tidak memerlukan biaya apapun kecuali bila Anda mempekerjakan seseorang untuk melakukannya. Sedangkan untuk layanan pencarian berbayar atau iklan, akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Bila Anda ingin memangkas anggaran, coba kombinasikan kemampuan Anda dengan respon audiens. Misalnya Anda ingin mencoba pemasaran dengan konten tapi Anda tidak pandai menulis kata-kata, pertimbangkan apakah audiens Anda dapat merespon dengan baik.

Secara umum Anda dapat memasarkan situs web Anda dengan baik jika memiliki anggaran untuk mempekerjakan tenaga profesional, tapi cara ini tentu bukanlah satu-satunya cara.

 

5. Buat Rencana

Keempat langkah sebelumnya akan membawa ke titik di mana Anda memiliki ide yang tepat tentang jenis pemasaran website yang akan Anda lakukan dan seberapa banyak yang dapat Anda tangani. Sekarang saatnya menggabungkan ke dalam rencana yang jelas dengan langkah yang spesifik.

Jika Anda ingin bertahan dan sukses dalam pemasaran online, Anda harus siap komitmen dengan jadwal. Sebagai contoh saat Anda menggunakan pemasaran via media sosial, buatlah jadwal memperbarui status Anda beberapa kali dalam seminggu dan luangkan waktu untuk berinteraksi dengan orang lain di platform. Jika Anda menulis sebuah blog, buatlah daftar topik yang akan ditulis dan berikan tenggang waktu untuk menyelesaikan dan mempublikasikannya.

Satu-satunya cara Anda berhasil adalah dengan teratur dan komitmen dengan jadwal dan rencana yang Anda buat. Dan jika Anda ingin orang-orang membaca situs yang Anda buat, pastikan semua rencana dan jadwal telah Anda selesaikan dengan baik.

 

***

Jika semua langkah pemasaran website di atas terlihat rumit dan membingungkan, jangan menyerah!

Walaupun rumit, cara ini dapat membantu Anda belajar dan menjadi lebih maju. Jika Anda memiliki anggaran lebih, ada gunanya mempekerjakan seseorang untuk membantu layaknya agen pemasaran online, konsultan, atau spesialis freelance untuk membantu seperti SEO dan blogging.

Hal ini akan sangat mempermudah Anda sehingga Anda bisa fokus pada produk dan konten yang ingin Anda tawarkan dalam situs.

Berikan Komentar

RumahWeb