Rumahweb Blog
Peran Social Media Influencer Bagi Strategi Aktivasi Sosial Media

Peran Social Media Influencer Bagi Strategi Aktivasi Sosial Media

Jaman yang semakin canggih ini, tentu mengakibatkan banyaknya strategi yang bertransformasi agar tidak ketinggalan trend dan tentunya masih eksis di industri bisnis. Dari sekian banyak transformasi, sosial media menjadi alat yang cukup berhasil untuk membangun awareness, kredibilitas hingga point of sales.

Anda tentu tahu aktivasi sosial media seperti facebook serta instagram sudah pasti banyak direkomendasikan. Tetapi apa yang harus sebetulnya diperlukan untuk mengatur strategi dari aktivasi sosial media ini?

Mari kita bahas di artikel ini lebih lanjut!

Apa Itu Social Media Influencer?

Social media influencer adalah orang-orang seperti bloggers, youtuber, vloggers, selebritis hingga ahli yang memiliki pengaruh atau dampak yang besar di dunia online. Orang-orang inilah yang kemudian disebut social media influencer.

Orang-orang ini biasanya memiliki jumlah followers atau pengikut yang sangat banyak di sosial media serta opini, saran serta kritik yang mereka lontarkan sangat berpengaruh terhadap opini publik.

Pentingnya Peran Social Media Influencer

Besarnya pengaruh sosial dari para influencer ini sangat bernilai bagi brand serta strategi marketing yang Anda miliki. Kenapa? Mereka memiliki habitat atau ruang lingkup yang luas di dunia sosial media dengan puluhan ribu hingga jutaan followers yang sangat aktif mengikuti aktivitas mereka, menghormati opini mereka hingga mengikuti saran atau rekomendasi dari para influencer ini.

Strategi Sosial Media Marketing via Instagram

Sebuah endorsement atau pemberian produk secara cuma-cuma menjadi poin plus yang dapat Anda lakukan. Melalui endorsement, Anda dapat menambah nilai berupa kredibilitas brand, meningkatkan awareness publik terhadap produk Anda, hingga membantu publik untuk dapat menghubungkan nilai jasa atau produk yang anda tawarkan hingga level personal.

Anda juga akan mendapatkan timbal balik positif seperti akun sosial media yang semakin dikenal, meningkatnya jumlah followers, serta mendapatkan kualitas leads atau target sasaran yang berpotensi tinggi untuk mengkonsumsi produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Trend Personal Social Media Influencer

Pebisnis atau pelaku bisnis harusnya kian menyadari habit atau kebiasaan pelanggan dan target market. Saat ini, trend lifestyle atau gaya hidup juga tak bisa dipungkiri.  Melalui trend gaya hidup ini, Anda dapat mengkaji kebiasaan market sehingga kegiatan marketing yang Anda jalankan dapat berjalan lancar.

Tahukah anda jika 70% orang mengatakan mereka ingin mempelajarai suatu produk atau jasa tertentu melalui konten online dibandingkan iklan konvensional. Ini berarti bahwa social media influencer dapat menjadi taktik tepat guna untuk menawarkan produk hingga ke level personal. Melalui level personal ini, publik tentunya mendapatkan aspirasi dan keinginan untuk meniru gaya hidup hingga produk yang dipakai social media influencer ini.

Konten Favorit Untuk Menjalankan Strategi Online Marketing

Bagaimana ide mengenai social media influencer ini? Cukup menarik bukan? Bila Anda sedang merintis usaha, tentu Anda bisa mencari kontak para influencer ini melalui akun sosial media mereka dan memberikan ketentuan yang harus dilakukan.

Bagi anda yang ada di perusahaan besar dengan brand yang cukup ternama, dapat menggunakan jasa agensi digital untuk menghubungkan kepada para influencer ini.

Jika Anda tertarik dan sudah mulai menjalankan taktik ini, Anda juga bisa mengevaluasi performa dari social media influencer dan bila perlu melakukan strategi pembaharuan yang bisa menarik target market berpotensi.

Sudah siap menggunakan jasa para influencer ini? Pertimbangkan baik-baik dan susun dengan baik taktik ini untuk mendapatkan hasil yang optimal ya!

Berikan Komentar

Cikitta Khanza