Strategi Sosial Media Marketing via Instagram

 

Strategi Sosial Media Marketing via Instagram

Ada yang tahu apa itu Instagram? Tentunya Anda sudah familiar dengan salah satu sosial media yang populer ini. Saat ini instagram diketahui memiliki 700 juta user yang aktif setiap bulannya. Menarik bukan? Bayangkan jika usaha atau produk yang anda tawarkan berpotensi untuk dilihat oleh 700 juta user aktif. Tentu menambah berbagai peluang untuk mengenalkan  produk atau bisnis yang sedang anda jalankan!

Instagram kini dinilai menjadi salah satu media promosi yang efektif bagi semua bidang usaha. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan khususnya bagi pebisnis seperti anda untuk memanfaatkan salah satu sosial media terpopuler ini?

Yuk, lihat dulu 3 strategi sosial media marketing untuk mengoptimalkan Instagram!

Pilih Konten yang Tepat!

Pernahkah anda memikirkan hal paling utama untuk membuat akun instagram terlihat menarik? Yup, jawabannya adalah konten! Konten adalah rajanya! Konten sangat berpengaruh di online marketing apapun bidang usahanya. Ada beberapa contoh yang perlu anda perhatikan untuk membuat konten menarik di Instagram:

 

3 Tips Mudah Mengoptimalkan Akun Instagram Bisnis Anda

– Produk: Jika anda memiliki bisnis atau usaha di bidang makanan atau pakaian, maka mulailah ambil gambar dengan sudut yang bagus. Melalui gambar, sangat mudah bagi user di Instagram untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk anda dan menggugah keinginan mereka untuk segera memiliki produk anda.

– Orang dan Tempat: Anda memiliki usaha di bidang jasa seperti hotel ataupun kelas yoga? Jangan khawatir, melalui instagram anda dapat mengunggah gambar menarik yang berisikan orang dengan eskpresi menggembirakan di lokasi yang anda hendak tawarkan. Akan lebih baik lagi, jika orang tersebut adalah klien anda! Minta ijin dengan klien anda untuk mengambil gambar dengan mengekspresikan jasa yang anda tawarkan agar terlihat alami atau natural saat di masukkan di feed instagram.

– Promo marketing: Tentunya audience atau user di Instagram sangat menyukai diskon bukan? Untuk menandai momen tertentu seperti hari jadi atau ulang tahun perusahaan serta hari nasional dapat anda gunakan untuk menarik perhatian dengan memberikan diskon melalui kode promo yang unik!

– Berikan tips & inspirasi: Di feed instagram yang anda kelola, anda dapat menambahkan konten berupa quotes motivasional serta tips yang berkaitan dengan lini bisnis anda.

 

Gunakan Design Visual yang Menarik

Instagram = visual. Anda harus mengingat rumus penting ini ya! Di instagram, anda harus berkreasi untuk menyajikan gambar-gambar menarik dan mengunggah selera user ataupun target market anda. Jika anda masih belum familiar, anda bisa menggunakan fitur crop atau filter yang telah disediakan untuk mempercantik gambar anda.

Anda juga bisa menggunakan standard design yang telah dimiliki perusahaan. Biasanya perusahan sudah memiliki bahasa visual agar setiap unggahan gambar terlihat menarik, berbeda dari yang lain serta orang gampang mengenali jika unggahan gambar tersebut milik perusahaan anda.

Jangan Lupakan Engagement!

Jangan pernah lupakan engagement? Apa itu engagement? Secara sederhana engagement seperti interaksi anda dengan para user. Engagement dapat dioptimalkan dengan membalas comments atau direct message di instagram dengan cepat dan tepat. Engagement dapat dilakukan sebagai pemantik agar komunitas mengetahui brand atau usaha anda. Jangan pelit-pelit untuk menggunakan emoji, emoji juga berguna untuk menjaga hubungan dan interaksi terhadap user. Melalui engagment ini, diharapkan dapat membangun loyalitas komunitas terhadap brand ataupun produk yang anda tawarkan.

Tips Memilih Nama Domain yang Cocok untuk Bisnis Anda!

Manarik bukan langkah-langkah mudah strategi sosial media di Instagram ini? Hal ini tentunya mudah dilakukan jika anda memiliki niat dan tekad yang kuat bagi keberlangsungan masa depan bisnis anda. Yuk, mulai benahi lagi feed instagram anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *