Rumahweb Blog
banner blog - langkah ampuh meningkatkan brand awareness

Langkah Ampuh Meningkatkan Brand Awareness

Bagi kebanyakan orang Indonesia, mereka lebih familiar dengan kata odol, ketimbang pasta gigi. Ibu Rumah Tangga lebih mengenal kata pampers ketimbang popok. Di desa-desa, orang lebih mengenal kata sanyo ketimbang pompa air.

Di Indonesia, banyak sekali merek produk, yang karena popularitasnya yang sangat tinggi dan dikenal secara lintas generasi, akhirnya menjadi kata ganti untuk menyebut kata jenis dari sebuah produk. Bagaimana sebuah merek bisa dikenal dengan begitu baik, sehingga mengendap di ingatan bawah sadar orang-orang?

Pada artikel kali ini, Rumahweb Indonesia ingin membahas Langkah Ampuh Meningkatkan Brand Awareness.

1. Promo

Promo adalah cara paling konvensional untuk meningkatkan brand awareness. Bagi Anda yang baru merintis sebuah bisnis, promo adalah langkah pertama yang bisa Anda ambil untuk mendatangkan pelanggan, supaya tertarik membeli produk Anda.

2. Customer Service

Promosi memang mampu mendatangkan pelanggan, tapi bagaimana kalau pelanggan mengalami kesulitan untuk menggunakan produk yang Anda jual? Setelah Anda berhasil menarik pelanggan melalui program promo, langkah selanjutnya yang wajib Anda jalani adalah menyediakan servis pelanggan (customer service) yang baik.

Untuk permulaan, barangkali Anda harus mengorbankan waktu dengan menyediakan layanan pelanggan 24 jam melalui Whatsapp atau bahkan telefon. Ketika pelanggan merasa terlayani dengan baik, mereka akan kembali membeli atau menggunakan produk Anda, menjadi loyal dan lalu merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

3. Dokumentasi Yang Lengkap

Sebelum era internet, pebisnis mengiklankan produknya melalui media cetak, seperti baliho, majalah dan koran. Tujuannya untuk memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya tentang produk yang dijual supaya lebih dikenali oleh pelanggan, maupun oleh calon pelanggan.

Memasuki era teknologi informasi, Anda bisa membuat dokumentasi tentang produk Anda selengkap-lengkapnya melalui website. Melalui website, para pelanggan atau calon pelanggan, akan mampu mengenali produk Anda dengan baik, mulai dari portofolio produk, informasi kontak, hingga promosi.

4. Desain Logo Yang Menarik

Logo adalah representasi simbolik dari produk bisnis Anda. Logo yang didesain dengan menarik, akan mudah diingat dan akhirnya meningkatkan brand awareness produk. Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa konsultan atau jasa desain logo profesional untuk menangani hal ini.

5. Kualitas Yang Konsisten

Pelanggan adalah aset yang paling berharga dari sebuah bisnis. Ketika Anda sudah berhasil mendatangkan pelanggan, maka menjaga kualitas produk adalah harga mati. Rumusnya sangat sederhana : kualitas menurun, pelanggan lari.

Konsistensi kualitas produk bisa didapatkan dengan secara berkala melakukan kontrol kualitas, baik dari segi produk, maupun layanan konsumen (customer service).

6. Iklan

Ketika semua langkah di atas berhasil Anda jalani dan sukses, Anda memerlukan langkah paling pamungkas untuk meningkatkan brand awareness dalam cakupan audience yang jauh lebih luas, yaitu iklan. Di era internet, Anda bisa menggunakan kombinasi antara Facebook Ads dan Google Adwords untuk mengiklankan produk Anda dan mendapatkan hasil yang optimal.

Demikian artikel kami tentang Langkah Ampuh Meningkatkan Brand Awareness. Semoga bisa memberikan Anda inspirasi bagaimana caranya supaya produk Anda lebih dikenal dengan baik dan luas. Salam sukses dari Rumahweb Indonesia.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi