Rumahweb Blog
banner artikel - Facebook Ads vs Google Adwords mana yang harus saya pilih.

Facebook Ads VS Google AdWords

Iklan memiliki peran vital sebagai media promosi bisnis. Dengan adanya iklan, customer akan mengenal siapa Anda, dan apa yang Anda jual. Oleh karena itu, penjual dituntut untuk bisa membuat promosi yang kreatif sehingga bisa menarik orang untuk membeli produk tersebut.

Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak jenis dan pilihan strategi promosi yang dapat digunakan. Promosi bisa dilakukan dengan atau tanpa modal. Untuk Anda yang tidak ingin ribet, atau memilih sesuatu yang instan supaya cepat mendatangkan pembeli, maka Anda bisa menggunakan media promosi yang berbayar. Saat ini, ada 2 jenis media iklan berbayar yang sudah tidak diragukan lagi keunggulannya, yaitu Google Ads dan Facebook Ads.

Facebook Ads Vs Google Adwords, mana yang lebih efektif?

Google dan Facebook memiliki program iklan berbayar yang akan menggiring pengunjung untuk melihat iklan kita. Keduanya memiliki pangsa pasar yang luas. Google sebagai mesin pencari terbaik saat ini, memanfaatkan hasil pencarian sebagai media untuk menampilkan iklan. Sedangkan Facebook yang menjadi media sosial dengan pengguna hingga jutaan, menjadi tempat yang bagus untuk melakukan promosi. Lantas, bila diharuskan memilih salah satu, mana yang terbaik ? Facebook Ads vs Google Adwords !

Banyak orang yang bertanya-tanya akan hal ini. Mereka bingung karena kedua pilihan ini memiliki pangsa pasar yang besar. Namun, meski begitu pasti ada yang lebih efektif untuk mendatangkan banyak pengunjung untuk melihat website bisnis Anda. Jawaban atas pertanyaan mana yang paling efektif dari kedua media berbayar ini, akan segera terjawab dengan beberapa penjelasan berikut :

  1. Facebook Ads

Facebook Ads adalah layanan iklan yang dikeluarkan oleh jejaring sosial terbesar saat ini, yaitu Facebook.  Iklan nya akan ditampilkan di sisi sebelah kanan halaman beranda Facebook dengan keterangan “Sponsored” dan juga sering ditampilkan di bagian News Feeds. Facebook Ads sering digunakan perusahaan-perusahaan besar dunia seperti Mozilla dan banyak perusahaan ecommerce lainnya untuk melakukan promosi.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Facebook Ads. Namun disamping banyaknya kelebihan yang ditawarkan, ada juga kekurangannya. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Facebook Ads.

Kelebihan

Seperti diketahui bersama, Facebook adalah media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di dunia dan menjadikannya yang tersukses saat ini. Facebook menjadi tempat yang nyaman untuk melakukan sosialisasi, membangun hubungan pertemanan, hingga menjalin banyak relasi dengan orang baru. Facebook selalu ramai digunakan banyak orang setiap harinya. Pada 2018 yang lalu, pengguna Facebook di Indonesia sendiri mencapai 130 juta.

Melihat banyaknya pengguna yang eksis menggunakan media sosial ini, Facebook membuat inovasi supaya semua penggunanya bisa memasang iklan, misal mempromosikan produk, bisnis atau promosi yang lainnya. Ada satu kelebihan Facebook Ads yang belum ada di layanan iklan yang lain, yaitu FB Ads memiliki fasilitas untuk menentukan target iklan yang dipasang sebelum iklan diterbitkan. Anda bisa mengatur target berdasarkan Jenis kelamin, Usia, status, bahasa, negara, hobi dan masih banyak lagi sehingga target iklan lebih tepat.

Sebagai contoh, ketika Anda mempromosikan pakaian wanita di daerah Yogyakarta, maka kami sarankan mengatur jenis kelamin : wanita, dan mengatur wilayah menjadi Yogyakarta, Indonesia. Dengan menggunakan pengaturan tersebut, diharapkan promosi yang Anda lakukan bisa tepat pada sasaran. Itulah salah satu alasan, FB Ads sering digunakan oleh pengguna iklan.

Kekurangan

Kekurangan Facebook Ads adalah iklan terbatas untuk pengguna Facebook saja. Sehingga bila mereka tidak menggunakan Facebook, mereka tidak bisa mengikuti iklan Anda. Meskipun Facebook merupakan jejaring sosial terbesar di Dunia, tapi tentunya tidak semua orang memiliki akun di Facebook, bukan?

  1. Google Adwords

Google Adwords adalah platform iklan yang dimiliki oleh Google. Mayoritas pengguna internet di dunia ini, menggunakan Google sebagai alat untuk mencari informasi.

Kelebihan

Bila Anda akan mengiklankan bisnis Anda menggunakan Google Adwords, iklan Anda nantinya akan ditampilkan di mesin pencari. Kita sendiri tahu, bahwa Google merupakan mesin pencari terbesar di dunia, sehingga sudah pasti pangsa pasar milik Google sangatlah luas.

Dengan menggunakan Google Adwords, Anda dapat mengatur letak lokasi iklan supaya mudah dilihat oleh orang. Anda juga bisa memilih kategori iklan, sehingga bila orang mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan produk, maka iklan akan otomatis tampil. Inilah tujuan supaya iklan bisa tepat sasaran dan relevan sesuai dengan yang dibutuhkan pengguna.

Kabar yang paling menggembirakan, untuk melihat iklan tersebut pengguna tidak perlu login ke akun Google nya. Ini menjadi keunggulan tersendiri sehingga membuat iklan Google Adwords mendapat jangkauan lebih luas.

Kekurangan

Kekurangannya adalah bila di dalam iklan terdapat link yang mencurigakan, atau ada iklan yang melanggar kebijakan Google Adwords, maka Google tanpa basa basi akan banned iklan secara otomatis dan permanen. Sehingga, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan iklan Google, alangkah baiknya membaca kebijakan yang telah ditetapkan terlebih dahulu agar nantinya tidak melanggar.

Alasan Google Adwords memiliki biaya yang lebih mahal daripada ketika Anda menggunakan FB Ads adalah karena jangkauan iklan Google lebih luas.

 

Kesimpulan

Sekarang sudah diketahui bersama bahwa baik Facebook Ads vs Google AdWords memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya merupakan pilihan terbaik untuk beriklan saat ini, karena memiliki pangsa pasar yang luas. Facebook Ads dapat mengatur jenis kelamin, usia, batas wilayah, sehingga dengannya tujuan iklan akan lebih tepat sasaran. Namun yang disayangkan, Iklan FB Ads hanya dapat ditampilkan untuk mereka pengguna Facebook saja. Kalau soal biaya, Facebook Ads menawarkan biaya yang lebih murah dari Google Adwords.

Adapun Google Adwords, memiliki jangkauan pangsa pasar yang luas hingga keseluruh dunia. Tapi yang menjadi banyak pertimbangan, biaya promosinya cukup mahal.

Kedua media promosi tersebut pada dasarnya sama, sama sama memiliki kelebihan, dan kekurangan. Perlu diketahui bersama, berhasil tidaknya suatu promosi tidak hanya ditentukan oleh platform iklan yang Anda gunakan, melainkan kembali lagi pada alokasi budget yang akan Anda keluarkan, bagaimana cara mengoperasikannya, memprediksi kebutuhan pasar, dan lain-lain. Itulah faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan promosi.

Terakhir kami kembalikan ke Anda kembali akankah memilih Facebook Ads vs Google Adwords sebagai media promosi. Yang jelas untuk pilihan Hosting terbaik, domain murah, dan Support yang selalu siap sedia, percayakan selalu dengan Rumahweb Indonesia. Rumahweb akan membantu Anda  memiliki website sendiri dan sukses berbisnis di Dunia Online.

Demikian Artikel tentang Facebook Ads vs Google Adwords dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi