Rumahweb Blog
Apa itu brand awareness adalah dan cara meningkatkannya

Apa itu Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya

Apa yang terpikirkan saat mendengar McDonald atau KFC? Apakah brand fast food yang identik dengan warna merah? Ternyata hal ini adalah salah satu efek brand awareness yang dilakukan oleh kedua perusahaan. Brand awareness adalah salah satu strategi dalam bisnis yang harus dilakukan sebagai langkah awal mengenalkan bisnis Anda ke publik.

Aspek brand awareness sangat penting untuk dilakukan, karena dapat menjadi langkah agar bisnis semakin berkembang dan dikenal audiens. Lalu bagaimana penjelasan mengenai brand awareness ini? Yuk simak artikel brand awareness dari Rumahweb berikut ini!

Pengertian Brand Awareness

Secara harfiah, brand awareness dapat diterjemahkan sebagai kesadaran merek. Brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali atau mengingat suatu merek hanya dengan melihat tanda yang menggambarkan identitas merek tersebut, misalnya warna, logo, image, dan sebagainya.

Brand awareness adalah komponen penting dalam sebuah brand. Hal ini karena audiens atau pelanggan biasanya akan membeli produk yang sudah mereka kenal.

Langkah brand awareness dari sebuah bisnis dapat menjangkau banyak audiens, yang tentunya dapat membuat brand Anda dikenal oleh lebih banyak orang, dan kemungkinan audiens ini akan membeli atau menggunakan produk Anda menjadi semakin besar.

Baca juga artikel : Apa itu Branding? Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Manfaat Brand Awareness

Salah satu manfaat dari brand awareness adalah Anda dapat memperluas market Anda ke kelompok audiens yang sebelumnya belum mengenal bisnis Anda. Selain itu, ada beberapa manfaat dari brand awareness lainnya, seperti:

1. Menaikkan Kepercayaan Audiens pada Brand

Manfaat pertama dari brand awareness adalah meningkatnya kepercayaan audiens, yang akan berpengaruh dengan keputusan mereka untuk membeli atau menggunakan produk yang Anda pasarkan.

Anda bisa menggunakan testimoni dari konsumen produk Anda untuk meyakinkan audiens baru dalam menentukan pilihan mereka.

2. Mengenalkan Value Brand Anda Kepada publik

Manfaat lain dari brand awareness adalah Anda dapat mengenalkan value brand Anda, agar audiens menjadi lebih tertarik untuk membeli dan menggunakan produk yang dipasarkan.

Selain itu, Anda juga bisa mengenalkan informasi lain dari bisnis yang dijalankan, misalnya seperti misi dan visi bisnis, pada audiens yang relevan dan cocok dengan produk Anda.

3. Meningkatkan Penjualan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat brand awareness adalah dapat Anda meningkatkan penjualan, karena audiens sudah mulai tertarik dengan produk yang ditawarkan.

4. Mendapatkan Target Market yang Luas

Manfaat lain dari brand awareness adalah Anda bisa mendapatkan target market yang lebih luas. Dengan mendapatkan perhatian audiens yang lebih banyak, bisnis Anda memiliki peluang untuk bisa dikenal oleh target market baru.

Semakin luas jangkauan audiens yang dimiliki, maka semakin tinggi pula kemungkinan penjualan akan naik.

5. Membangun Relasi

Manfaat terakhir dari brand awareness adalah mendapatkan berbagai relasi yang dapat membuat bisnis yang Anda jalankan semakin berkembang.

Sebagai seorang pebisnis, relasi adalah sebuah elemen yang sangat penting, karena Anda dapat bertukar pikiran dan mendapatkan ilmu baru dari relasi-relasi yang Anda bangun.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Setelah mengetahui apa itu brand awareness dan berbagai manfaatnya, lalu bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan brand awareness pada brand atau bisnis Anda? Simak cara-caranya berikut ini:

1. Tentukan Positioning Brand 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menaikkan brand awareness adalah dengan menentukan positioning atau bagaimana Anda ingin membentuk citra bisnis di mata konsumen.

Pada poin ini, Anda harus bisa membedakan produk yang dijual dengan produk kompetitor, atau produk yang saat ini sudah ada di pasaran.

2. Optimalkan Promosi dengan Media Sosial

Saat ini media sosial menjadi salah satu tools yang wajib dimiliki oleh semua pelaku bisnis, dari sektor apapun. Memanfaatkan media sosial yang maksimal dapat menaikkan brand awareness dari bisnis Anda secara maksimal.

Salah satu cara untuk melakukan optimalisasi media sosial untuk meningkatkan brand awareness yaitu dengan membuat konten yang menarik dan memasarkan produk Anda di platform tersebut.

3. Buat Content Marketing untuk Brand 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda bisa menggunakan content marketing sebagai salah satu senjata ampuh untuk menaikkan brand awareness bisnis.

Cara yang bisa dilakukan dalam membuat content marketing untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan mengikuti konten apa saja yang saat ini sedang tren, dan disesuaikan dengan brand persona yang dimiliki oleh bisnis Anda. 

4. Gunakan Fitur Ads

Tidak diragukan lagi, fitur Ads pada platform media sosial menjadi salah satu cara ampuh dalam meningkatkan brand awareness.

Langkahnya cukup sederhana, siapkan dana untuk memasang Ads pada berbagai platform media sosial, dan unggah iklan yang menarik. Untuk memaksimalkan iklan yang dipasang, Anda harus memiliki data buyer persona agar iklan sesuai sasaran bisnis Anda.

5. Kolaborasi dengan Influencer

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menaikkan brand awareness adalah dengan berkolaborasi dengan KOL (Key Opinion Leader) atau influencer yang masih berkaitan dengan bidang bisnis yang dijalankan.

Baca juga artikel : Langkah Ampuh Meningkatkan Brand Awareness

Berikut tadi penjelasan lengkap mengenai brand awareness yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. Sekian artikel mengenai brand awareness dari Rumahweb Indonesia, semoga membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents