Rumahweb Blog
Banner - Domain .io Adalah

Domain .io: Arti, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Belinya

Selain ekstensi domain .com, .net, .id, yang populer untuk website, domain .io adalah salah satu ekstensi yang tak kalah populer dan bisa dijadikan sebagai opsi untuk pembuatan website Anda, terutama bagi Anda yang sedang membangun website yang membahas mengenai teknologi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lebih tentang apa itu domain .io hingga cara membelinya. Simak informasi berikut ini.

Arti domain .io

Pada awal mulanya, domain .io adalah jenis ekstensi domain Country Code Top Level Domain (ccTLD) karena mengidentifikasikan sebuah kode dari negara Kepulauan Chagos di wilayah Samudra Hindia Britania. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini ekstensi domain .io menjadi ekstensi yang banyak digunakan untuk kebutuhan website terkait teknologi.

Mengapa demikian? Domain .io adalah ekstensi domain yang dikaitkan dengan salah satu sistem komputasi yakni I/O yang berarti input dan output. Meskipun ekstensi domain .io terkesan memiliki segmen tersendiri, namun sebenarnya ekstensi ini juga banyak digunakan untuk kategori website apapun. 

Berikut beberapa contoh websitenya : 

  1. opensea.io: platform marketplace terbesar di dunia untuk non-fungible token (NFT) dan koleksi kripto. Didalamnya memuat informasi untuk menelusuri NFT, jual beli dan lelang NFT, serta mengelola koleksi Anda. 
  2. etherscan.io: adalah website untuk menelusuri seluruh aktivitas dan transaksi blockchain Ethereum.

BACA JUGA: 10+ Kelebihan Domain ID untuk Website Bisnis di Indonesia

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Kelebihan

Setelah memahami terkait ekstensi domain .io, selanjutnya kami akan membahas kelebihan dari ekstensi domain .io yang perlu Anda ketahui. Kelebihan domain .io adalah sebagai berikut: 

1. Ketersediaan domain

Dibandingkan dengan ekstensi domain .com, .id, atau yang lainnya, peluang mendapatkan nama domain yang diinginkan akan lebih besar apabila Anda menggunakan ekstensi domain .io. Hal ini karena ekstensi domain .io adalah ekstensi yang belum banyak digunakan, sehingga peluang ketersediaan domain lebih luas.

2. Performa SEO 

Saat ini ekstensi domain .io termasuk sebagai domain gTLD, sehingga mesin pencari Google tidak menganggap domain tersebut relevan dengan suatu wilayah lagi namun dengan jangkauan yang lebih luas.

Selain itu, domain .io adalah ekstensi yang dinilai tidak pernah memiliki reputasi buruk, sehingga akan memaksimalkan performa SEO. 

3. Kreativitas nama domain

Berhubung ekstensi .io belum banyak digunakan, Anda bisa “bermain” kata atau nama domain dengan ekstensi .io yang akan menjadikan nama domain semakin unik dan mudah diingat. 

Semakin unik nama domain yang dibuat, maka semakin mudah seseorang mengingat brand Anda. Hal ini sangat baik untuk branding dan meningkatkan peluang seseorang kembali mengakses website Anda.

4. Cocok untuk website startup atau teknologi

Ekstensi domain .io adalah domain yang identik dan kerap dikaitkan dengan teknologi maupun inovasi. Menggunakan ekstensi domain .io akan memberikan kesan modern, sehingga cocok digunakan untuk website teknologi ataupun startup. 

Kekurangan

Selain membahas pengertian dan kelebihan domain .io, kami juga akan membahas terkait kekurangan ekstensi domain .io yang perlu Anda ketahui untuk dijadikan sebagai pertimbangan ketika akan menggunakan ekstensi domain .io. Kekurangan ekstensi domain .io adalah : 

1. Harganya cenderung mahal

Seperti yang diketahui, bahwa biaya domain tergantung pada ekstensi domain yang akan digunakan. Berbeda dengan ekstensi domain lainnya, ekstensi domain .io adalah ekstensi domain yang biaya registrasi dan perpanjangannya tergolong mahal karena lebih ditargetkan untuk perusahaan teknologi atau startup.

Biaya registrasi maupun renewal domain .io adalah Rp850.000/tahun. Namun, bila Anda memesan domain .io saat ini di Rumahweb, Anda bisa mendapatkan promo registrasi domainnya hanya Rp700.000 untuk 1 tahun pertama.

2. Masih kurang dipercayai

Dikarenakan belum banyaknya pengguna ekstensi domain .io, maka ekstensi domain ini dinilai kurang terpercaya karena popularitasnya tidak sebanyak domain .com. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ekstensi domain .io juga akan menjadi populer. 

Cara Membeli Domain .io

Ekstensi domain .io adalah domain yang populer untuk website bidang teknologi dan startup. Terlepas dari kekurangannya, domain .io menjadi ekstensi yang bisa digunakan untuk website bidang apapun, terlebih bisa memberikan kesan modern dan inovatif bagi website yang menggunakannya. 

Bagi Anda yang menginginkan domain .io, Anda bisa memesannya di provider yang sudah terakreditasi ICANN seperti Rumahweb dengan alur pemesanan yang mudah dan proses aktivasinya yang cepat.

Berikut langkah untuk melakukan pemesanan domain .io di Rumahweb : 

  1. Pastikan Anda sudah menentukan nama domain yang akan dipesan.
  2. Akses URL Domain Murah dan input nama domain pada kolom yang tersedia.
beli domain murah .io
  1. Klik opsi “Cek Domain” atau tekan Enter.
  2. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman order dan silahkan pilih ekstensi domain .io lalu klik “Daftar”.
beli domain .io adalah
  1. Selanjutnya Anda bisa ikuti step order hingga proses checkout dan menerima invoice pemesanan domain Anda.
  2. Domain Anda akan diaktifkan 5 – 10 menit setelah pembayaran tervalidasi 🙂

Demikian pembahasan mengenai domain .io, kekurangan serta kelebihan, dan juga cara pemesanannya di Rumahweb. Pastikan Anda mendaftarkan nama domain di provider yang sudah terakreditasi ICANN seperti Rumahweb untuk menjamin keamanan data Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Dedicated Server

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner Pop Up - Hosting 99K