Rumahweb Blog
banner - Kelebihan Domain ID

10+ Kelebihan Domain ID untuk Website Bisnis di Indonesia

Apakah Anda baru mau membuat website? Domain adalah salah satu komponen yang wajib diperhatikan. Ada berbagai pilihan ekstensi domain yang dapat dipilih, salah satunya ID. Penasaran apa saja kelebihan domain ID untuk website Anda?

Domain ID adalah salah satu ekstensi domain yang cocok untuk berbagai kebutuhan, mulai dari bisnis hingga personal branding. Berikut Rumahweb Indonesia telah merangkum berbagai kelebihan domain ID untuk Anda. Simak sampai selesai, ya!

Apa itu Domain ID? 

Domain .ID adalah jenis domain Country Code Top Level Domain (ccTLD) yang mengidentifikasikan negara “Indonesia”. Hal ini pun menjadi salah satu kelebihan domain .ID, yaitu memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengetahui asal negara website yang diakses. 

Domain ID dikelola sepenuhnya oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Jadi, Anda hanya dapat memesan domain ID di provider yang sudah terakreditasi PANDI, salah satunya Rumahweb Indonesia. 

Ada berbagai jenis ekstensi domain ID yang dapat disesuaikan dengan kategori website. Rumahweb Indonesia menyediakan beberapa ekstensi domain ID sebagai berikut:

.CO.ID 

CO.ID adalah ekstensi domain yang dapat digunakan oleh perusahaan atau entitas bisnis di Indonesia. Aktivasi ekstensi ini membutuhkan persyaratan. berupa KTP dan salah satu dokumen legalitas perusahaan. 

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Domain .CO.ID dapat membuat website bisnis Anda lebih terpercaya dan kredibel, karena aktivasinya membutuhkan dokumen legalitas perusahaan yang valid di mata hukum. 

.SCH.ID 

Domain SCH.ID adalah ekstensi domain untuk sekolah, baik formal (di bawah Kemendikbud) maupun non-formal. Ekstensi domain .SCH.ID akan membuat website sekolah terlihat lebih kredibel, karena mengidentifikasikan sekolah tersebut berlokasi di Indonesia.

Domain .SCH.ID membutuhkan dokumen persyaratan untuk aktivasi, berupa KTP dan Surat Permohonan dari Kepala Sekolah (formal) atau Surat Keterangan Pendirian Lembaga dari Kementerian (non-formal).

.AC.ID 

Jika SCH.ID adalah ekstensi domain untuk sekolah, pendidikan setara universitas atau sekolah tinggi dapat menggunakan ekstensi domain AC.ID. Sama seperti SCH.ID, aktivasi domain .AC.ID juga membutuhkan beberapa persyaratan, seperti KTP, Akta Pendirian Universitas, dan Surat Permohonan dari Rektor. 

Beberapa persyaratan ini dibutuhkan untuk memastikan kredibilitas instansi yang didaftarkan. Otomatis, tingkat  kepercayaan pengunjung yang mengakses website AC.ID juga akan lebih tinggi, karena website tersebut pasti berasal dari instansi yang sah di mata hukum.

.MY.ID 

Tak hanya untuk bisnis maupun instansi pendidikan, domain ID juga dapat digunakan untuk kebutuhan personal branding, seperti blog pribadi, dengan menggunakan ekstensi domain MY.ID.

Ekstensi domain .MY.ID juga menjadi salah satu ekstensi domain yang sangat ekonomis. Dengan harga Rp12.000/tahun, Anda sudah bisa memiliki domain yang cocok untuk mengembangan personal branding!

.OR.ID 

OR.ID adalah ekstensi domain yang dapat digunakan untuk organisasi atau yayasan. Sesuai namanya, OR.ID berasal dari kata “Organisasi” dan “Indonesia”. 

Untuk mengaktifkan ekstensi .OR.ID, Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen persyaratan yang harus dipenuhi, yakni KTP dan Akta Pendirian atau Surat Permohonan Ketua Organisasi.

BACA JUGA : Ekstensi Domain: Definisi, Contoh Hingga Cara Membeli Domain

Kelebihan Domain ID

Pada dasarnya, kelebihan utama domain ID adalah dapat menciptakan branding “ke-Indonesia-an”. Tak hanya itu, domain ID juga menawarkan beberapa kelebihan lainnya, antara lain:

1. Lebih Cepat Diakses

Dengan menggunakan ekstensi domain ID, website Anda akan dapat lebih stabil dan cepat diakses. Hal ini karena server yang digunakan oleh domain ID berada di Indonesia. Akses website yang cepat juga akan mempengaruhi performa SEO website yang semakin meningkat.

2. Kredibilitas dan Eksklusif

Kelebihan domain ID selanjutnya adalah untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Hampir semua ekstensi domain ID membutuhkan persyaratan administratif yang harus dipenuhi untuk mengaktifkan domain tersebut. Hal ini berarti domain ID tidak bisa digunakan sembarangan.

Seluruh bisnis, instansi, dan organisasi yang menggunakan domain ID pun dapat dijamin keabsahannya di mata hukum. Hal inilah yang membuat domain ID dapat meningkatkan kredibilitas dan eksklusivitas. 

3. Menyediakan Banyak Kuota Domain

Pada dasarnya, domain ID memang tidak sepopuler ekstensi domain lain, seperti .com, .net, dan yang lainnya. Namun hal ini juga berarti potensi nama domain sudah digunakan orang lain pun akan semakin kecil.

Dengan demikian, Anda bisa memilih dan menggunakan nama domain sesuai dengan nama bisnis atau instansi, serta kata kunci potensial yang ingin disasar untuk SEO. 

4. Harga Terjangkau

Biaya domain yang terjangkau juga menjadi salah satu kelebihan domain ID. Sebagai contoh, Anda hanya perlu mengeluarkan Rp12.000 per tahun untuk bisa memiliki domain .MY.ID.

Setelah aktif, Anda pun bisa memanfaatkan domain tersebut untuk membuat BioLink, mengarahkan ke marketplace, hingga membuat website portofolio atau blog pribadi.

5. Keamanan Terjamin

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, domain ID dikelola sepenuhnya oleh PANDI, yakni Registry Nama Domain Tingkat Tinggi yang ditetapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Selain mengatur peredaran domain ID di INdonesia, PANDI juga bertanggung jawab untuk memblokir atau menonaktifkan domain ID yang melanggar hukum, atau memiliki kasus sengketa aktif.

Karena pengelolaannya yang jelas dan diawasi langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Anda tak perlu khawatir lagi soal keamanan domain ID!

6. Menyediakan Banyak Jenis Ekstensi 

Kelebihan domain ID yang lainnya adalah, memiliki banyak ekstensi domain yang ditawarkan, seperti ekstensi domain .CO.ID, .SCH.ID, .MY.ID, .ID, .AC.ID, dan lain sebagainya. 

Anda dapat memilih ekstensi domain sesuai kategori atau isi konten website. Hal ini juga akan memudahkan pengunjung untuk mengenali kategori website melalui ekstensi domain yang diakses. 

7. Meningkatkan Lokal SEO

Ekstensi domain ID dapat berperan penting dalam meningkatkan local SEO. Google akan mendeteksi website yang menggunakan domain ID memiliki konten yang relevan dengan area Indonesia, sehingga akan merekomendasikan website tersebut di hasil pencarian.

BACA JUGA : Apa itu Local SEO – Pengertian dan Manfaatnya Bagi Website

8. Meningkatkan Bisnis Lokal

Selain dapat membuat SEO lokal meningkat, Anda juga dapat menunjukkan dukungan terhadap bisnis lokal yang berkembang di Indonesia. Dengan domain ID, Anda bisa sekaligus mempromosikan bisnis lokal, meningkatkan brand awareness, bahkan meningkatkan konversi penjualan. 

9. Mudah Didapatkan

Dengan berbagai kelebihan domain ID yang menggiurkan, Anda pun bisa mendapatkan domain ini dengan mudah, di berbagai provider domain yang sudah terakreditasi PANDI, seperti Rumahweb Indonesia.

10. Mendukung Digital Indonesia

Dengan menggunakan domain ID, Anda turut mendorong kemajuan digital Indonesia dan meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia ke ranah global. Sederhananya, domain ID adalah langkah pertama untuk mengenalkan Indonesia ke ranah global.

11. Aktivasi Cepat

Proses aktivasi yang cepat juga menjadi salah satu kelebihan domain ID. Pemesanan domain ID tanpa syarat. seperti .ID, .MY.ID, dam .BIZ.ID biasanya hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit untuk proses aktivasinya.

Di sisi lain, ekstensi domain ID bersyarat, seperti .CO.ID, .SCH.ID, .AC.ID, .OR.ID, dan lainnya hanya membutuhkan validasi dokumen dalam beberapa jam setelah Anda mengunggah dokumen syarat secara lengkap.

Banyak sekali kelebihan domain ID yang bisa didapatkan, bukan? Tak perlu ragu lagi dalam menggunakan ekstensi domain ID untuk kepentingan bisnis, instansi, organisasi, hingga personal branding!

Untuk pembelian domain ID, percayakan selalu kepada Rumahweb yang telah menjadi Registrar domain Indonesia. Selain pasti aman, Rumahweb juga menyediakan harga domain yang murah dengan fitur yang melimpah. Klik link berikut untuk informasi lebih lanjut tentang promo domain di Rumahweb.

Dengan berbagai kelebihan domain ID, pastikan Anda memesan berbagai ekstensi domain ID di provider domain yang sudah terakreditasi PANDI, seperti Rumahweb Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner Pop Up - Hosting 99K