Rumahweb Blog
banner - Internet Exchange Point IXP adalah Definisi, Fungsi dan Cara Kerjanya

Internet Exchange Point: Definisi, Fungsi dan Cara Kerjanya

Secara sederhana, Internet Exchange Point adalah sebuah infrastruktur fisik yang memungkinkan penyedia server/hosting, penyedia jasa internet (ISP), hingga perusahaan CDN (jaringan pengiriman konten) dapat melakukan pertukaran traffic secara lokal.

Pernahkah Anda mendengar istilah data center? Data center lebih dikenal sebagai tempat provider server/hosting menyimpan server mereka. Namun ketika kita berbicara tentang data center, tidak bisa lepas kaitannya dari istilah Internet Exchange Point yang merupakan salah satu fundamental agar sebuah server dapat diakses dengan optimal.

Lalu apa sebenarnya Internet Exchange Point atau IXP, dan bagaimana fungsi hingga cara kerjanya? Pada panduan ini, kami akan menjelaskannya secara lengkap untuk Anda!

Apa itu Internet Exchange Point?

Internet Exchange Point adalah sebuah infrastruktur fisik di mana operator, perusahaan hosting/server, CDN, penyedia cloud, hingga penyedia jaringan (ISP) berkumpul menjadi satu untuk saling terhubung secara lokal.

Internet Exchange Point atau yang disingkat menjadi IXP memungkinkan anggotanya untuk berpartisipasi dalam melakukan interkoneksi secara langsung, sehingga salah satu tujuannya, yaitu meningkatkan kecepatan pertukaran data, dapat terwujud. 

Selain itu, IXP juga bertujuan untuk mengurangi cost atau biaya. Karena kecenderungannya, biaya yang dikeluarkan untuk koneksi internasional lebih tinggi daripada biaya yang dikeluarkan untuk koneksi exchange lokal.

Fungsi Internet Exchange Point

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama Internet Exchange Point adalah untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi pertukaran data. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari Internet Exchange Point, di antaranya:

1. Meningkatkan Kecepatan Pertukaran Data

Kehadiran Internet Exchange Point sangat penting untuk meningkatkan konektivitas internet lokal. Hal ini karena tiap anggota Internet Exchange Point dapat memangkas jarak lalu lintas data dari sumber ke tujuan.

Selain itu, dengan adanya Internet Exchange Point lalu lintas koneksi akan semakin terjaga, sehingga mengurangi latency dan meningkatkan waktu pertukaran data.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

2. Stabilitas Akses

Dengan menyediakan koneksi jaringan secara langsung dan saling terkoneksi, Internet Exchange Point mampu meningkatkan kualitas akses bagi produsen dan konsumen konten lokal. Hal ini menyebabkan stabilitas koneksi serta keberlanjutan akses yang lebih baik. 

Selain itu, IXP membantu mengurangi risiko gangguan yang disebabkan oleh masalah di jaringan internet global.

3. Menekan Biaya Operasional

Semakin besar traffic pada lalu lintas data, semakin besar juga bandwidth yang dibutuhkan. Sedangkan semakin besar bandwidth yang dibutuhkan akan berbanding lurus dengan bertambahnya biaya operasional.

Secara tidak langsung, IXP membantu menekan biaya operasional, karena lalu lintas data semakin pendek, sehingga penggunaan bandwidth akan semakin kecil. 

Cara Kerja Internet Exchange Point

Secara garis besar, IXP adalah kumpulan perangkat fisik yang terpasang pada lokasi netral yang akan menjadi jalur perpindahan data antar penyedia layanan internet. 

Agar setiap anggota IXP atau penyedia layanan dapat terhubung satu sama lain, perlu dilakukan peering dengan menggunakan BGP atau Border Gateway Protocol. BGP berfungsi untuk menentukan jalur terbaik guna pengiriman sebuah data.

Sebagai contoh, saat seseorang mencoba mengakses halaman website di server website tujuan yang berada di satu wilayah dengan pengakses.

Tanpa IXP, tidak menutup kemungkinan jalur koneksi yang dituju oleh pengakses agar sampai ke website tujuan akan diarahkan ke jalur koneksi luar negeri terlebih dahulu, sehingga akan menyebabkan besarnya latensi yang didapatkan, dan akses ke website menjadi lambat. 

Dengan adanya IXP, Anda akan diarahkan ke jalur terdekat dimana akan melewati penyedia layanan Internet lokal yang sudah saling terhubung, sehingga proses pertukaran data semakin cepat.

Contoh Internet Exchange Point di Indonesia

Di Indonesia, ada beberapa lokal Internet Exchange yang telah beroperasi, di antaranya:  

  • Indonesian Internet Exchange (IIX)
  • Open IXP 
  • Jogjakarta Internet Exchange (JIX) 
  • Biznet Internet Exchange (BIX) 
  • Surabaya Internet Exchange (SIX) 
  • CDIX Cyber Data IX, dll.

Jumlah IX di Indonesia ini akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia.

Dukungan Internet Exchange Point di Rumahweb

Sebagai salah satu penyedia layanan hosting dan cloud terbesar di Indonesia, Rumahweb Indonesia telah terkoneksi dengan berbagai Internet Exchange Point, sehingga layanan hosting, cloud, VPS, dan layanan lain dapat diakses dengan sangat cepat dari semua  ISP  di Indonesia.

Saat ini Rumahweb terhubung dengan berbagai IXP berikut:

  • IIX APJII
  • OpenIXP
  • JKT IX
  • BIX Biznet IX
  • CDIX
  • DCI IX
  • INIX (Indosat IX)

Rumahweb akan terus menambah jumlah konektivitas ke Internet Exchange Point lain untuk memberikan konektivitas yang lebih cepat dan stabil bagi seluruh Warga RW.

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan VPS dan hosting yang didukung Internet Exchange Point untuk akses yang lebih cepat dan stabil dari berbagai ISP, segera pesan layanan hanya di Rumahweb!

Demikian artikel kami tentang apa itu Internet Exchange Point, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Technical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.