Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu ISP adalah

Pengertian ISP, Fungsi hingga Contoh ISP di Indonesia

Internet dan ISP adalah dua istilah yang saling terkait dan pasti sudah tak asing lagi di telinga. Tanpa adanya ISP, maka Anda tidak dapat mengakses internet. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang pengertian, fungsi, hingga contoh dari ISP.

Mengenal apa itu Internet

Internet adalah gerbang dunia digital ketika Anda ingin terhubung ke tempat berbeda tanpa harus menjangkaunya secara fisik, atau sekedar melakukan pertukaran data secara real-time.

Jika Anda ingin mengunjungi suatu tempat atau ingin menghubungi rekan, sahabat, dan keluarga secara virtual, maka Anda perlu bantuan Internet. Internet sendiri memiliki banyak fungsi yang dapat membantu Anda dalam mengelola suatu website atau layanan virtual agar dapat dijangkau banyak orang dari seluruh dunia.

Lalu, tahukah Anda bahwa Internet ini tidak muncul begitu saja? Ada sebabnya kenapa Internet ada dan diperlukan agar semua pertukaran data dapat dilakukan dengan mudah dan dalam tempo yang singkat.

Singkatnya, Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek lembaga ARPA, yang kemudian mengembangkan jaringan bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Pada jaringan inilah mereka mendemonstrasikan penggunaan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunnya proyek ARPANET adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar.

Jaringan ini dibentuk dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir, dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Setelah perkembangan informasi teknologi yang semakin canggih, internet mulai didistribusikan ke masing-masing negara bagian dan diberikan hak pengelolaan secara komersial. Setelah pengembangan internet, dibuatlah model management yang disebut ISP.

Internet Service Provider atau ISP adalah model management yang menjamin kelangsungan komunikasi jalur internet agar tetap andal dan praktis.

Secara umum, tugas ISP tidak hanya memberikan layanan koneksi internet kepada konsumen saja. Ada beberapa tugas penting lainnya yang masih berkaitan untuk menjamin keandalan dan kepraktisannya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa ISP adalah salah satu elemen penting untuk menjamin kelancaran akses internet di berbagai wilayah. Lalu, apa itu ISP dan siapa saja penyedianya?

Apa itu ISP?

ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider, yaitu lembaga atau perusahaan yang menawarkan jasa telekomunikasi data berbasis internet terpadu. Tugas utama ISP adalah agar Anda dan semua orang di dunia dapat terhubung satu sama lain melalui internet.

Di Indonesia, ada beberapa provider ISP, mulai dari ISP plat merah hingga swasta. Hampir semua ISP resmi di Indonesia berada dalam satu organisasi induk, seperti APJII, yakni asosiasi yang beranggotakan penyelenggara jasa internet.

ISP dapat dibagi menjadi beberapa jenis, dua jenis paling umum dari ISP adalah ISP Home dan ISP Mobile. ISP Home adalah penyedia jasa Internet rumahan atau kantoran, sedangkan ISP Mobile, ISP ini berjalan di perangkat seluler menggunakan gelombang radio, seperti GSM atau LTE.

Komunikasi ISP ke pelanggan memerlukan perangkat hardware yang berfungsi sebagai recv dan tranx internet, seperti Router atau Switch. Perangkat seperti ini biasanya akan disewakan ISP ke pelanggan, sehingga Anda dapat langsung menggunakannya.

Fungsi ISP

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi dasar dari ISP adalah sebagai jasa layanan internet yang akan mendistribusikan internet ke pelanggan. 

Selain fungsi di atas, sebenarnya ISP memiliki fungsi lain yang perlu Anda ketahui. Apa saja? 

  1. Mengelola data internet pelanggan agar sampai ke internet gateway terdekat guna mempercepat komunikasi data.
  2. Memberikan fasilitas komunikasi internet melalui sambungan telepon, email, video call, website dan media lainnya secara instan.
  3. Menjaga sambungkan internet tetap kondusif dan terhindar dari ancaman kejahatan siber.
  4. Menjadi penyedia perangkat komunikasi internet berbasis Dial-Up, Broadband atau WiFi.
  5. Mempermudah pebisnis atau blogger dalam mendistribusikan informasi tanpa batas di dunia maya.

Terkadang, fungsi diatas masih bisa berubah sesuai regulasi yang diterapkan. 

Contoh ISP di Indonesia

Ada lebih dari 100 ISP di Indonesia yang berada dalam naungan APJII. Dari sekian banyak ISP ini, beberapa di antaranya pasti sudah familier di telinga Anda. Berikut daftar ISP di Indonesia yang sudah populer:

  • CBN Aditama
  • Biznet
  • Indihome
  • CitraNet
  • Telkomsel
  • Indosat
  • XL

Dari beberapa contoh ISP di atas, Apakah Anda pernah menggunakan salah satunya? ISP adalah provider yang akan menghubungkan Anda ke internet. Kualitas koneksi internet dari ISP bergantung pada lokasi Anda dan manajemen ISP yang diterapkan. Jadi, mana ISP kepercayaan Anda?

Demikian artikel tentang apa itu ISP dan contoh penyedianya di Indonesia dari Rumahweb. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Fredric Lesomar