Rumahweb Blog
Banner Artikel - 20 Peluang Usaha untuk Mahasiswa, Ada yang Tanpa Modal

20 Peluang Usaha untuk Mahasiswa, Ada yang Tanpa Modal!

Berbisnis adalah salah satu aktivitas yang diminati banyak orang, termasuk mahasiswa. Jika dilakukan tepat, berbisnis dapat menjadi solusi menambah uang jajan hingga membiayai kuliah. Bingung, ide usaha untuk mahasiswa apa yang cocok dilakukan?

Dalam artikel Rumahweb Indonesia kali ini, kami sudah merangkum 20 peluang usaha untuk mahasiswa. Di antaranya ada yang bisa dimulai tanpa modal, loh! Apa saja?

20 Peluang Usaha untuk Mahasiswa

1. Reseller

Salah satu ide usaha untuk mahasiswa yang cukup mudah dilakukan adalah dengan menjadi reseller produk. Reseller bertugas menjual kembali barang yang sudah dibeli.

Anda dapat menjadi reseller produk kosmetik, skincare, baju, notebook, aksesoris, dan masih banyak lagi. Beberapa brand biasanya menjual produk kepada reseller dengan harga yang lebih murah.

2. Dropshipper

Tak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki modal, namun ingin mulai berbisnis. Usaha untuk mahasiswa satu ini bisa dilakukan dengan menjual produk dari pemasok ke target market. Jadi, bisa dikatakan bahwa dropshipper ini membutuhkan modal nol rupiah.

3. Preloved atau Thrift Shop

Ide usaha untuk mahasiswa selanjutnya adalah bisnis preloved, alias menjual barang bekas. Bisnis ini dapat dijalankan dengan menjual barang pribadi yang masih layak pakai, atau  membeli secara grosir. Anda pun bisa menjualnya secara online di media sosial atau marketplace.

4. Bisnis Pakaian

Bagi Anda yang punya passion di bidang fashion, Anda juga bisa mencoba bisnis dengan membuat atau menjual pakaian yang sedang tren. Sebelum mulai berbisnis, pastikan Anda sudah melakukan riset terlebih dahulu, termasuk riset kompetitor dan target market.

5. Kuliner

Ide usaha untuk mahasiswa selanjutnya yang menarik untuk dicoba adalah bisnis kuliner dengan berjualan makanan dan minuman. Anda bisa membeli dari produsen lain atau membuatnya sendiri. Anda bisa menyasar target market terdekat, yakni teman kampus sendiri.

BACA JUGA: 10 Cara Jualan Online Tanpa Modal yang Efektif

6. Hampers Wisuda

Usaha lain yang tak kalah menggiurkan adalah jasa membuat hampers wisuda. Hampers dapat berupa bunga, snack, boneka, atau kombinasi lainnya. Untuk memulai, Anda bisa membuat hampers untuk teman sendiri sambil promosi.

7. Aksesoris

Berjualan aksesoris juga termasuk ide usaha untuk mahasiswa yang mudah namun cukup menjanjikan. Anda bisa membuat aksesoris sendiri, seperti kalung, gelang, cincin, dan lain-lain.

Namun, ada banyak produsen atau brand lain yang menawarkan produk aksesoris yang bisa dijual dengan nama brand Anda sendiri.

8. Buku Bekas

Buku bekas juga dapat menjadi ladang uang di tangan yang tepat. Modal yang perlu disiapkan pun terbilang kecil. Anda dapat menampung buku dari teman-teman yang sudah tidak terpakai untuk kemudian dijual kembali. Setelah itu, Anda dapat membagi komisi dengan mereka.

9. Jasa Les Privat

Ide usaha untuk mahasiswa selanjutnya adalah jasa tutor atau les privat. Jasa ini bisa Anda coba terutama jika Anda berkuliah di jurusan saintek, seperti matematika, fisika, atau kimia. Anda bisa menyasar anak-anak SMP, SMA, maupun adik-adik angkatan kuliah.

10. Freelance Writer

Bagi Anda yang suka bidang kepenulisan, Anda bisa mencari pekerjaan sebagai freelance writer. Saat ini, pekerjaan sebagai penulis banyak diminati karena bisa dilakukan sambil berkuliah atau bekerja kantoran.

BACA JUGA: Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal dan Internal

11. Website Development

Ide usaha mahasiswa lain yang menarik dicoba adalah jasa pembuatan website. Anda bisa menyasar teman-teman yang memiliki usaha untuk melakukan digitalisasi dengan membuat website bisnis.

12. Jasa Foto

Jasa fotografi juga bisa menjadi ide usaha untuk mahasiswa yang patut dicoba. Tentu saja, Anda perlu memiliki passion di bidang ini, agar foto yang dihasilkan menarik.

13. Video Editing

Selain fotografi, Anda juga bisa membuka jasa video editing. Sama seperti fotografi, hal pertama yang wajib dimiliki adalah passion dan skill dalam dunia videografi. Anda pun perlu memiliki perangkat yang mendukung aktivitas ini.

14. Jasa Desain Grafis

Desain grafis menjadi salah satu komoditas digital yang banyak dibutuhkan. Karena itu, jika Anda memiliki passion di bidang ini, Anda juga bisa membuka jasa desain untuk brand. Biasanya, brand membutuhkan desain untuk unggahan media sosial, website, brosur, dan masih banyak lagi.

15. Penerjemah

Jika Anda menguasai bahasa asing, Anda dapat mencoba membuka jasa menerjemahkan dokumen. Anda bisa bekerja sama dengan lembaga tertentu ataupun membuka usaha pribadi.

BACA JUGA: Langkah-langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha Terbaru

16. Tour Leader

Tour leader menjadi salah satu peluang usaha yang jarang dilirik oleh mahasiswa. Padahal, pekerjaan satu ini cukup menjanjikan untuk menambah uang saku pelajar. Anda bisa menawarkan jasa ini di media sosial, atau bergabung dengan agensi tur.

17. Jasa Print dan Jilid

Meski tampak remeh, tidak sedikit mahasiswa yang menjajal bidang usaha ini. Tak hanya mudah dilakukan, Anda pun tidak akan kehabisan target pasar, karena pasti banyak mahasiswa lain yang membutuhkan jasa serupa.

18. Asisten Dosen/Peneliti

Salah satu peluang usaha yang tidak akan mengganggu urusan utama Anda sebagai mahasiswa adalah menjadi asisten dosen atau peneliti. Jika jurusan Anda banyak membuka kesempatan serupa, tidak ada salahnya juga untuk mencoba. Biasanya, Anda akan mendapatkan fee berdasarkan project, atau bisa juga per bulan.

19. Jasa Servis Laptop/Komputer

Ide usaha untuk mahasiswa yang terakhir adalah membuka jasa konsultasi. Tentu saja, bidang yang Anda pilih harus sesuai dengan bidang atau jurusan perkuliahan Anda.

Peluang usaha ini cocok dilakukan bagi Anda yang memiliki kemampuan reparasi alat elektronik yang rusak, khususnya laptop atau komputer. Anda dapat menjajakan jasa servis dengan harga yang relatif lebih miring dibanding tempat servis serupa kepada teman-teman kuliah. 

20. Jasa Konsultasi

Sebagai contoh Jika Anda berkuliah di jurusan arsitek, Anda dapat membuka jasa konsultasi kecil-kecilan dengan menyasar keluarga atau saudara terlebih dahulu.

Sebenarnya, masih ada banyak sekali ide usaha untuk mahasiswa lainnya yang bisa dicoba. Tentu saja, apapun peluang yang Anda pilih, semua harus disesuaikan dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki. Demikian artikel ini, semoga membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb