Rumahweb Blog
Banner - Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal dan Internal

Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal dan Internal

Sumber peluang usaha bisa datang dari mana saja, baik dari faktor eksternal maupun internal. Hal ini tentu perlu dipahami, terutama bagi Anda yang ingin atau sedang berkecimpung di dunia kewirausahaan.

Pada artikel kali ini, Rumahweb akan membahas mengenai sumber-sumber peluang usaha, baik dari luar maupun dalam diri. Simak selengkapnya!

Apa yang Dimaksud Peluang Usaha

Sederhananya, peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki dan bisa dimanfaatkan oleh seseorang untuk mencapai tujuan yang berhubungan dengan bisnis. Tujuan bisnis ini biasanya berkaitan dengan keuntungan, seperti uang atau kekayaan, yang dicapai dengan melakukan upaya tertentu dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. 

Baca juga: Apa yang Dimaksud Peluang Usaha dan Contohnya

Selain memiliki kesempatan untuk memperoleh keuntungan, peluang usaha juga memiliki manfaat, misalnya, untuk mencapai potensi diri sepenuhnya, meningkatkan relasi dan kemampuan berjejaring, serta masih banyak lagi.

Dengan berbekal analisis peluang usaha yang baik, Anda juga bisa meningkatkan atau memajukan usaha yang telah dibangun agar semakin mendatangkan lebih banyak keuntungan.

Sumber Peluang Usaha

Sumber peluang usaha bisa berasal dari diri sendiri, orang lain, ataupun dengan mencermati permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Biasanya, peluang usaha ini dapat dibagi menjadi dua kategori berdasarkan faktornya, yaitu faktor eksternal dan internal.

Agar lebih mudah dipahami, berikut pembahasan dari Rumahweb mengenai sumber peluang usaha dari faktor eksternal dan internal.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal berarti sumber peluang usaha berasal dari luar diri pengusaha. Sumber peluang usaha ini biasanya berkaitan dengan pengalaman pengusaha itu sendiri, maupun fenomena atau permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat.

Terdapat beberapa sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah:

1. Fenomena Sekitar

Fenomena yang terjadi di sekitar Anda bisa menjadi salah satu sumber peluang usaha dari faktor eksternal. Oleh karena itu, penting bagi seorang pengusaha untuk bisa mencermati masalah yang ada di sekitar, dan menjadikan solusinya sebagai peluang usaha.

Sebagai contoh, jika lingkungan Anda jauh dari kantor jasa pengiriman. Padahal faktanya, banyak usaha rumahan yang membutuhkan jasa ini, terutama di era belanja online seperti sekarang.

Fenomena atau masalah ini bisa dimanfaatkan menjadi peluang usaha dengan menjadi agen jasa pengiriman. Jika perlu, sediakan layanan jemput paket ke rumah agar para konsumen semakin tertarik menggunakan jasa Anda.

2. Permintaan Pasar

Permintaan pasar juga menjadi sumber peluang usaha dari faktor eksternal yang kedua. Dengan berpatok pada permintaan pasar, Anda akan langsung memiliki pasar atau target konsumen sendiri tanpa harus mencari konsumen baru. 

Salah satu contoh dari peluang usaha ini adalah jasa titip. Jika anda gemar cuci mata di mall, atau bahkan sering melancong ke luar negeri, tak ada salahnya mencoba membuka layanan jasa titip. 

Terkadang keterbatasan waktu atau jarak membuat sebagian orang kesulitan membeli produk yang mereka inginkan. Hal inilah yang membuat peluang usaha satu ini menarik.

Cukup foto dan unggah berbagai produk yang diminati atau ingin Anda tawarkan, lalu tawarkan jasa Anda untuk “membantu” mereka membeli produk yang diinginkan dan mengirimkannya langsung ke alamat mereka.

Hasil keuntungan dari peluang usaha satu ini biasanya berasal dari fee atau biaya jasa per transaksi yang masuk.

3. Melakukan Inovasi dari Usaha yang Sudah Ada

Kemajuan zaman juga turut memengaruhi produk yang dibutuhkan atau diminati masyarakat. Bahkan, besar kemungkinan usaha Anda akan meredup jika anda tidak ikut menyesuaikan usaha dengan perubahan yang ada.

Oleh karena itu, menciptakan hal baru dari hal yang sudah ada bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan lainnya.

Contohnya, Anda memiliki usaha oleh-oleh khas daerah. Selama ini, oleh-oleh hanya bisa dibeli oleh wisatawan yang mengunjungi daerah Anda, dan tidak bisa dibawa jauh karena cepat basi.

Sumber peluang usaha pun dapat muncul dari masalah ini, salah satunya dengan menyediakan produk dalam kemasan yang telah divakum. Dengan begitu, produk anda bisa bertahan lebih lama dan pembeli tak perlu khawatir jika akan melakukan perjalanan jauh.

Baca juga : Pengembangan Ide dan Peluang Usaha Terbaru

Faktor Internal

Sumber peluang usaha selanjutnya adalah yang berasal dari faktor internal. Terdapat beberapa sumber peluang usaha dari faktor internal, yaitu:

1. Keahlian Diri Sendiri

Diri sendiri juga bisa menjadi sumber peluang usaha. Misalnya, dengan berbekal keahlian yang dimiliki, ataupun hobi yang digemari. Bukan hal yang asing lagi jika seseorang membuka bisnis yang diawali oleh kegemarannya akan sesuatu.

Jual beli tanaman hias, misalnya. Peluang usaha satu ini biasanya dilakoni oleh mereka yang memiliki hobi bercocok tanam, atau menggemari berbagai jenis tanaman hias.

Sebagai seseorang yang menyukai dan memiliki pengalaman dalam kegiatan tersebut, penjual tentu sudah paham tentang seluk beluk tanaman hias, kelebihan, hingga kekurangannya.

Contoh lainnya, jika Anda memiliki bakat dalam ilmu pengetahuan. Dengan pengetahuan yang dimiliki, Anda bisa membuka les privat atau kursus online. 

2. Wawasan atau Pengetahuan

Wawasan yang luas, terutama yang berkaitan dengan bisnis yang ingin digeluti, tentu menjadi salah satu faktor internal. Apalagi jika ditambah dengan riset dalam melihat ceruk pasar.

Semakin luas wawasan seseorang, serta didukung dengan hasil riset  terkait dengan bisnis yang akan dijalankan, tentu semakin tinggi peluang usahanya dapat berkembang pesat dan sukses.

3. Pengalaman

Pengalaman, utamanya dalam bisnis, juga bisa menjadi salah satu faktor internal yang mampu menciptakan sumber peluang usaha.

Hal ini karena sedikit banyak Anda sudah pernah mengalaminya proses pembuatan dan pengembangan suatu bisnis, yang tentu akan membuat Anda lebih terampil dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Dengan belajar dari pengalaman yang sudah pernah dilalui, Anda bisa menciptakan peluang usaha baru atau memperbaiki kesalahan dalam proses sebelumnya!

Itulah penjelasan mengenai peluang usaha yang bersumber dari faktor eksternal maupun internal dari Rumahweb Indonesia. Semoga dapat semakin membuat Anda percaya diri untuk mempersiapkan bisnis ingin dikembangkan!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 1 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing