Rumahweb Blog
banner artikel - Apa Itu Hyperlink, Jenis, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Apa Itu Hyperlink, Jenis, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Hyperlink adalah istilah yang merujuk pada cara menghubungkan antara satu halaman dengan halaman lainnya. Hyperlink dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal, mulai dari membuat presentasi hingga menghubungkan database.

Salah satu pemanfaatan Hyperlink adalah digunakan untuk pencarian file. Dengan Hyperlink, kita akan semakin mudah dan cepat dalam mencari file pada dokumen. Lalu, apa sebenarnya hyperlink dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasannya dari Rumahweb berikut ini!

Pengertian Hyperlink

Hyperlink adalah metode yang digunakan untuk menghubungkan halaman satu dengan halaman lainnya. Cara ini biasa Anda temukan di beberapa aplikasi, seperti Powerpoint, Word, dan sejenisnya. Hyperlink biasanya dibuat ke dalam bentuk teks dengan memasukkan link atau lokasi halaman yang dituju.

Hyperlink adalah sistem yang mempermudah kita untuk mencari file yang dibutuhkan dan bisa dilakukan secara offline maupun online. Anda dapat menggunakan hyperlink untuk menghubungkan teks dengan teks, gambar, ikon, hingga video.

Di dalam aplikasi olah teks, Anda bisa mengkreasikan hyperlink menjadi berbagai bentuk, seperti tombol hingga animasi agar presentasi semakin terlihat menarik. Anda juga bisa menemukan fitur hyperlink di dalam sebuah website.

Singkatnya, hyperlink adalah penghubung antara halaman website internal maupun eksternal ke halaman, lain. Keberadaan hyperlink ini juga bisa membantu untuk menaikkan nilai SEO pada website Anda.

Jenis Hyperlink

Saat ini, hyperlink dibedakan menjadi 3 jenis yang bisa Anda temukan dalam website. Hyperlink adalah cara untuk melakukan shortcut ke halaman lain dengan menyimpannya pada network server.

Hyperlink dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, sesuai dengan fungsinya. Berikut ini adalah beberapa jenis hyperlink:

1. Absolute Address

Absolute Address Hyperlink adalah shortcut yang digunakan untuk menghubungkan halaman tertentu, dan hanya bisa dibuka saat terkoneksi internet.

Jenis hyperlink ini biasanya menghubungkan link URL yang mencakup network location, protocol, path, dan juga nama file tertentu.

Anda bisa menemukan hyperlink ini di berbagai situs di internet. Salah satu contohnya adalah untuk menghubungkan teks atau artikel pada sebuah sumber. Absolute Address juga sering digunakan untuk membuat credit pada pemilik informasi.

2. Relative Address

Hampir sama dengan sebelumnya, Relative Address Hyperlink adalah jalan pintas yang menghubungkan sebuah halaman pada alamat URL, namun tidak menyebutkan network location maupun protokolnya.

Jenis hyperlink ini hanya akan menampilkan nama file dan path yang dituju. Biasanya digunakan pada jurnal daring atau makalah yang ada di internet.

3. Link to Section

Jenis hyperlink yang terakhir biasanya digunakan untuk menghubungkan file satu dengan lainnya. Link to Section bisa Anda temukan di Ms. Excel, Ms. Powerpoint, dan Ms. Word.

Fungsi Hyperlink

Hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah fungsi dari hyperlink. Sederhananya, hyperlink adalah jalan pintas atau shortcut yang memudahkan mobilitas Anda dalam mengeksplorasi informasi.

Tanda sebuah teks menggunakan hyperlink adalah format warna biru terang dengan underline pada kata yang disisipkan link. Secara otomatis, kursor kita akan bisa membaca teks hyperlink tersebut karena akan aktif saat kita melakukan klik pada teks.

Hyperlink kemudian menjadi semakin berkembang dengan kemajuan teknologi yang ada. Dari konsep awalnya yang menghubungkan halaman, kini hyperlink juga berfungsi penting pada SEO website dan artikel. Penggunaan hyperlink di website biasa disebut juga sebagai internal link/eksternal link.

Cara Membuat Hyperlink

Berikut adalah cara membuat hyperlink pada aplikasi Microsoft.

Ms. Powerpoint

  1. Pilih teks, bentuk, atau gambar yang ingin Anda gunakan sebagai hyperlink.
  2. Pilih Sisipkan > Hyperlink, kemudian pilih salah satu opsi:
  • Tempat dalam Dokumen Ini : Menautkan ke slide tertentu dalam presentasi Anda.
  • Buat Dokumen Baru : Menautkan presentasi Anda ke presentasi lain.
  • Alamat Email : Menautkan alamat email yang ditampilkan untuk membuka program email pengguna.
  1. Isi Teks untuk ditampilkan > TipLayar > dan tempat penautan yang diinginkan.
  2. Pilih OK.

Ms. Excel

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel.
  2. Klik Cell yang ingin dihubungkan (Contoh: A1)
  3. Buka Window Insert Link (CTRL+K).
  4. Pilih Existing File or Web Page.
  1. Agar lebih mudah, klik ikon Browse for File.
  2. Cari dan pilih file Excel tujuan Anda.
  3. Klik Ok untuk menerapkan hyperlink.

Demikianlah ulasan mengenai Hyperlink beserta cara membuatnya di Excel dan Powerpoint. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents