Rumahweb Blog
banner artikel - Apa Itu Bookmarks adalah

Apa Itu Bookmarks? Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah bookmarks. Singkatnya, bookmarks adalah fitur yang bisa digunakan untuk menandai atau menyimpan website favorit dan penting di browser.

Sama halnya seperti penanda yang digunakan pada buku, bookmarks bisa digunakan untuk menandai halaman yang ingin Anda baca ulang, atau baru akan Anda baca, kapanpun dan dimanapun.

Lalu, apa itu bookmarks dan bagaimana cara membuatnya di browser? Simak penjelasan dari Rumahweb Indonesia berikut ini!

Apa itu Bookmarks

Bookmarks adalah fitur pada browser untuk menyimpan URL website yang ingin Anda kunjungi kembali suatu hari nanti. Bookmarks merupakan fitur penanda URL yang tersedia di berbagai browser, seperti Google Chrome, Mozilla, dan Opera.

Fitur ini sangat memudahkan Anda dalam mencari sebuah website tanpa mengetikkan alamat situs lagi, karena dapat diakses hanya dengan sekali klik pada link bookmarks.

Anda bisa menyimpan berbagai jenis halaman website, mulai  video, gambar, artikel, maupun link belanja ke dalam bookmarks dengan jumlah yang tak terbatas.

Saat ini, bookmarks adalah konsep yang juga sudah diadaptasi ke dalam berbagai platform lain, seperti Instagram dengan fitur Save, TikTok dengan fitur Favorites, dan Twitter dengan Bookmarks.

Cara termudah untuk membuka bookmarks adalah dengan mengklik di kolom bookmarks yang berlogo bintang.

Jenis Bookmarks

Ternyata, bookmarks dapat dibagi menjadi beberapa jenis, sesuai kebutuhan pengguna dan posisinya. Jenis-jenis bookmarks adalah sebagai berikut:

Bar Bookmarks 

Bar bookmarks adalah lokasi penanda halaman yang akan tampil langsung di layar browser Anda. Jenis bookmarks ini digunakan untuk menandai satu halaman saja, dan bisa langsung Anda klik untuk mengunjungi URL yang dituju.

Fitur ini sering digunakan untuk menandai halaman-halaman penting, atau website yang paling sering Anda kunjungi untuk memudahkan pencarian.

Folder Bookmarks 

Folder bookmarks adalah kumpulan dari single bookmarks yang ada dalam bookmarks bar. Fitur ini dapat digunakan untuk mengelompokkan bookmarks ke dalam sebuah folder.

Misalnya, Anda membuat folder bookmarks dengan judul “Working Tools”, yang berisi kumpulan penanda website untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Berikut adalah tampilan dari folder bookmarks pada browser:

Folder Bookmarks 

Anda bisa menyesuaikan penggunaan bookmarks sesuai kebutuhan dan juga jenis website yang disimpan, agar lebih rapi dan mudah dicari. Lalu, bagaimana cara membuat bookmarks di browser?

Cara Membuat Bookmarks di Browser

Membuat bookmarks di browser sangatlah mudah. Namun, terdapat perbedaan tampilan atau letak fitur bookmarks pada setiap aplikasi browser. Berikut kami rangkum cara pembuatannya pada tiga browser populer. Cara membuat bookmarks adalah sebagai berikut:

Google Chrome

  1. Buka aplikasi Google Chrome.
  2. Buka situs yang ingin Anda kunjungi dan simpan.
  3. Klik titik tiga di bagian kanan kolom URL > pilih Bookmarks atau .
Google Chrome bookmarks
  1. Halaman akan secara otomatis tersimpan pada browser.

Mozilla Firefox

  1. Buka aplikasi Mozilla pada HP atau PC > akses halaman yang ingin disimpan.
  2. Klik tombol Bookmarks, dan halaman akan otomatis tersimpan.
Mozilla Firefox bookmarks
  1. Jika sudah tersimpan, maka akan muncul pop-up seperti berikut.
Mozilla Firefox bookmark

Opera

  1. Buka website yang ingin Anda simpan.
  2. Klik menu di kanan tampilan browser > Bookmarks.
Opera
  1. Terakhir, Anda bisa mengedit judul bookmarks dan juga mengelompokkannya pada folder yang Anda miliki.
opera bookmarks information

Perlu diingat bahwa bookmarks adalah fitur yang hanya menyimpan lokasi halaman website saja, tanpa menyimpan konten yang ada di dalam website itu sendiri.

Hal ini seringkali menyebabkan adanya perbedaan tampilan atau isi konten sejak terakhir Anda membuka website tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengedit dan juga menghapusnya apabila sudah digunakan, atau halaman yang disimpan bisa error, dihapus, atau dialihkan ke halaman lainnya.

Demikian penjelasan mengenai bookmarks dari Rumahweb Indonesia, semoga bermanfaat, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain .COM 100rb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents