Rumahweb Blog
banner blog - Haruskah Website Memiliki Sertifikat SSL

Haruskah Website Memiliki Sertifikat SSL?

Sebelum membahas apakah perlu website Anda memiliki sertifikat SSL, mungkin masih ada yang bertanya-tanya, apa itu SSL? Merupakan singkatan dari Secure Sockets Layer, salah satu fungsi utama SSL adalah menandai sebuah website bahwa di situs tersebut para pengunjung bisa melakukan browsing, membeli produk dan jasa, dan memberikan informasi pribadi mereka secara online dengan aman.

Bisa dibilang, dengan adanya SSL akan memunculkan rasa aman pada konsumen untuk melakukan transaksi online di website Anda. 

Secara umum, sertifikat SSL melindungi situs dan pengunjung situs Anda dari banyaknya digital bugs, worms, dan makhluk-makhluk virtual nakal lainnya yang mencari celah kerentanan pada sebuah website. Terlebih, menurut penelitian, kebanyakan serangan cyber menargetkan website bisnis kecil.

Apa yang dilakukan sertifikat SSL pada website Anda?

Pekerjaan utama SSL adalah menciptakan koneksi yang terenkripsi (encrypted connection) antara browser yang digunakan oleh pengunjung website dengan server.

Sesi penjelajahan website yang aman akan tercipta melalui proses “jabat tangan” virtual antara web browser dengan web server. Proses ini terjadi di balik layar, sehingga tidak mengganggu pengalaman menjelajah website yang dilakukan oleh pengunjung. Hasil kerja SSL adalah melindungi informasi berharga yang diberikan secara dua arah oleh masing-masing pihak.

Jadi, apakah website Anda memerlukan sertifikat SSL?

Sejak Juli 2018, Google mulai mengeluarkan Chrome 68 untuk menandai sebuah website sebagai “Not Secure” apabila tidak dilindungi dengan SSL. Ini merupakan salah satu langkah yang diambil sebagai usaha untuk menciptakan iklim jaringan internet global yang lebih aman. Kendati demikian, keberadaan SSL akan makin krusial apabila website Anda mengumpulkan data dari pengunjung atau adanya kegiatan transaksi pembayaran.

Menerima pembayaran dengan aman

Apakah website Anda dimaksudkan untuk bisa melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit secara online? Jika iya, maka sertifikat SSL adalah sebuah kewajiban. Jangan ambil risiko informasi penting konsumen Anda dicuri saat berbelanja dan melakukan transaksi di website Anda. Nama baik brand yang jadi taruhannya.

Melindungi password saat login

Salah satu alasan penting sebagai pertimbangan untuk menambahkan SSL ke website Anda adalah bahwa setiap halaman situs yang memuat password akan terlindungi. Hal ini juga berlaku untuk WordPress, Joomla, atau situs data-driven lainnya yang memiliki login page untuk administrator. Ingat, segala sesuatu yang perlu untuk diamankan harus beroperasi di bawah jaring keamanan sertifikat SSL.

Internet adalah tempat yang dipenuhi bot yang berkeliaran untuk mencari halaman-halaman website dengan sistem keamanan password lemah agar bisa disusupi. Segera dapatkan sertifikat SSL dengan harga terjangkau di Rumahweb apabila tidak ingin website Anda diselundupi oleh bot yang bisa merusak bangunan website Anda.

Mengamankan semua jenis web form

Tidak semua website menjadi sarana tempat terjadinya transaksi. Beberapa website ada yang sekedar mengumpulkan informasi. Namun, informasi yang dikumpulkan bisa saja berupa kuesioner tentang, misalnya, riwayat pekerjaan klien. Bahkan, jika website Anda mengumpulkan data-data yang sifatnya lebih mendasar, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email sekali pun, tentu saja pemilik data tidak menghendaki informasi-informasi tersebut bocor.

Tanpa adanya SSL, beberapa tipe form mail bisa dibobol. Itulah kenapa mengamankan online form dengan sertifikat SSL adalah sebuah keharusan.

Setelah Anda mengetahui apa itu sertifikat SSL dan manfaatnya, langkah selanjutnya adalah memilih tipe SSL yang tepat untuk website Anda. Karena untuk tipe website yang berbeda, kemungkinan akan membutuhkan jenis sertifikat SSL yang berbeda pula. Baca pilihan selengkapnya tentang SSL murah di website Rumahweb.

Berikan Komentar

Luthfi Hanif