Rumahweb Blog
Banner Artikel - Apa itu Software adalah

Apa itu Software? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu software? Dalam bahasa Indonesia, software adalah perangkat lunak. Menurut KBBI Edisi V, perangkat lunak adalah program atau aplikasi yang diisikan ke dalam memori internal komputer.

Software adalah perangkat yang bisa membantu Anda melakukan kerja-kerja komputer. Dengan software, Anda dapat menonton film, membuat desain, melakukan editing, menulis naskah drama, hingga belajar bahasa asing. 

Pada artikel kali ini, Rumahweb telah merangkum secara lengkap mengenai apa itu software, ciri, fungsi, hingga jenis serta contohnya. Simak ulasan berikut!

Apa itu Software?

Software adalah perangkat yang tidak memiliki bentuk fisik, dan merupakan bagian komputer yang pengoperasiannya dilakukan melalui mesin komputer. Selain itu, software adalah perangkat lunak berisi data yang disimpan atau diprogram dengan berbagai fungsi.

Software adalah perangkat yang dikembangkan oleh developer atau programmer menggunakan bahasa pemrograman tertentu, atau dapat juga dikombinasikan dengan kode yang bisa dikenali perangkat keras atau komputer.

Dapat disimpulkan bahwa software adalah perangkat yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Melalui software, Anda bisa menghitung, membuat dokumen, mengedit foto atau video, bermain game, dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA: Apa Itu Javascript? Pengertian, Fungsi hingga Contohnya

Ciri-ciri Software

Software memiliki beberapa ciri khas. Tentu saja ciri-ciri tersebut berbeda dengan perangkat lain dalam komputer. Berikut ini beberapa ciri software:

1. Partner Perangkat Keras

Dalam pembagian kerjanya, software adalah perangkat yang memastikan perangkat keras bekerja sesuai dengan tugas, agar bisa memenuhi kebutuhan pengguna. Maka dapat dikatakan bahwa software merupakan partner dari hardware.

2. Butuh File Installer Untuk Menginstal Software

Software adalah perangkat yang membutuhkan file installer untuk memasangnya. Jadi sebelum dapat digunakan, Anda harus melakukan instalasi software lebih dahulu.

Untuk mendapatkan file installer ini, Anda dapat mengunduhnya melalui website resmi penyedia software terkait, atau mengunduhnya di App Store maupun Play Store.

3. Mudah Terkena Virus 

Karena software adalah perangkat yang rentan terserang virus, maka sebaiknya Anda juga memasang anti virus terbaik di komputer,  supaya komputer dan data yang ada di dalamnya terlindungi.

Anti virus ini akan sangat berguna terutama saat melakukan aktivitas seperti mengunduh maupun berselancar di dunia maya, di mana komputer rentan terkena berbagai jenis virus, malware, dan semacamnya

4. Memiliki Berbagai Sifat

Software adalah perangkat yang mempunyai beragam sifat, misalnya seperti open source, freeware, shareware, dan commercial.

Fungsi Software

Beberapa fungsi yang dimiliki software adalah sebagai berikut:

  1. Melengkapi komputer supaya dapat dioperasikan dengan baik menggunakan perintah-perintah tertentu.
  2. Menjaga perangkat keras, agar dapat dipakai dan berfungsi dengan baik sesuai kebutuhan.
  3. Beberapa software adalah penyambung bagi hardware komputer.
  4. Software adalah penerjemah perintah yang baik ke dalam bahasa mesin, agar hardware bisa menerima instruksi dengan baik.
  5. Mampu mengenali program yang berada di dalam komputer.

BACA JUGA: Visual Basic: Definisi, Fitur, Download dan Contoh Aplikasinya

Jenis-jenis Software

Menurut jenisnya, software adalah perangkat yang terbagi atas tiga hal: sistem operasi, bahasa pemrograman, dan program aplikasi. Di bawah ini dijelaskan perbedaan 3 jenis aplikasi tersebut:

1. Sistem Operasi (Operating System)

Jenis ini berarti software adalah perangkat berupa sistem operasi. Definisi software sistem operasi merupakan perangkat yang digunakan untuk mengontrol seluruh hardware yang terhubung dengan CPU komputer. Jadi seluruh aktivitas pada komputer juga diterjemahkan oleh sistem operasi.

Seluruh proses yang terjadi dan perintah yang diberikan oleh pengguna kepada CPU komputer diatur oleh sistem operasi, supaya perintah yang diberikan oleh pengguna dapat dieksekusi dengan baik.

Beberapa contoh software sistem operasi yang cukup terkenal di antaranya seperti Windows, Linux, MacOS, dan masih banyak lagi. Sistem operasi tidak hanya terdapat pada komputer. Smartphone dan tablet juga mempunyai sistem operasi sendiri, seperti iOS dan Android.

2. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Software adalah perangkat yang dapat berupa bahasa pemrograman atau programming language. Ini merupakan dasar bagi semua software yang ada saat ini, karena bahasa inilah yang dipakai untuk membuat kode program. 

Sementara itu, kode program juga terdiri atas beragam aplikasi. Masing-masing aplikasi memiliki bahasa pemrograman yang berbeda, yang tentu saja dapat menghasilkan rancangan kode program yang berbeda pula.

Untuk merancang kode program, ada beberapa contoh software yang dapat digunakan, sebagai berikut: CSS, PHP, JavaScript, Java, Python, HTML, dan masih banyak lagi. Beda bahasa pemrograman tentu saja beda fungsi. 

Sebagai contoh, PHP lebih banyak dipakai untuk merancang halaman website, sedangkan CSS digunakan untuk mengubah serta menambahkan gambar, teks, hingga latar belakang halaman HTML.

3. Application Program (Program Aplikasi)

Selain sebagai sistem operasi dan bahasa pemrograman, software juga merupakan program aplikasi, yang cukup banyak membantu manusia dalam menyelesaikan beragam pekerjaannya.

Contoh program aplikasi yang cukup banyak dipakai di antaranya aplikasi office, browser, tools untuk edit foto dan video, hingga game.

Contoh-contoh Software

Software adalah perangkat yang dalam contohnya terbagi menjadi tiga jenis: sistem operasi, bahasa pemrograman, dan program aplikasi. Berikut beberapa contoh dari 3 jenis software tersebut:

1. Contoh Software Sistem Operasi

  • Windows, sistem operasi besutan Microsoft yang menyediakan antarmuka grafis atau GUI agar perangkat dapat lebih mudah dioperasikan.
  • MacOS, sistem operasi yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc dan menyediakan antarmuka grafis menarik.
  • Linux, sistem operasi seperti Unix yang menggunakan kernel linux sebagai inti dan disertakan aplikasi serta modul pendukung lain, supaya bisa berfungsi dan dipakai secara utuh sebagaimana umumnya sistem operasi.
  • Android, dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet dan memiliki sistem operasi berbasis Linux.
  • iOS, sistem operasi untuk perangkat mobile seperti iPhone dan iPad yang dikembangkan secara khusus oleh Apple.

2. Contoh Software Bahasa Pemrograman

  • PHP (Hypertext Preprocessor), bahasa pemrograman bersifat open source (sumber terbuka) yang berjalan pada server side scripting.
  • Java, bahasa pemrograman berorientasi objek yang tersusun dari bagian bernama kelas.
  • JavaScript, kode pemrograman yang dipakai website supaya lebih interaktif dan dinamis.
  • Python, bahasa pemrograman interpretatif multiguna yang banyak dipakai dalam aplikasi web, ilmu data, pengembangan perangkat lunak, dan machine learning (ML).

3. Contoh Software Aplikasi

  • Code editor, yang sering dipakai untuk menulis kode program. Contohnya seperti, Sublime Text, Notepad++, Atom, Visual Code Studio, Geany, Eclipse, Brackets.
  • Pengolah kata atau word processing, untuk mengolah kata, membuat dokumen, serta pengetikan. Contohnya, Microsoft Word, Microsoft Power Point, dan sebagainya.
  • Pengolah angka, untuk mengelola data berupa angka, seperti Microsoft Excel.
  • Multimedia Player, untuk membuka file musik dan video, seperti KMPlayer, GOM Player, Windows Media Player, dan VLC.
  • Internet Browser, untuk berselancar di halaman web. Contohnya, Firefox, Opera, Chrome, UC Browser, Brave Private Browser, dan Microsoft Edge.
  • Antivirus, untuk mencegah virus dan malware pada sistem komputer. Contoh: Norton Antivirus, Windows Defender,¬† AVG, dan Kaspersky.
  • Editing Software, untuk mengedit gambar dan membuat desain. Contohnya adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw.
  • Communication Software, untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna software, seperti Telegram, Whatsapp. Facebook Messenger.
  • Game, yakni permainan interaktif yang bersifat hiburan. Contohnya adalah Football Manager, PUBG, PES, dan lain sebagainya.
  • Video Editing, untuk mengolah bahan mentah menjadi video baru utuh dan membentuk narasi. Contohnya, Corel VideoStudio Ultimate, Vimeo Create, Adobe Premiere, Final Cut Pro X, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Bahasa Pemrograman: Definisi, Fungsi, Macam, dan Contohnya

Kesimpulan

Apa itu software? Software adalah perangkat yang tidak memiliki bentuk fisik, dan merupakan bagian komputer yang pengoperasiannya dilakukan melalui mesin komputer. 

Software adalah perangkat yang memiliki beberapa ciri khas, seperti sebagai partner perangkat keras, membutuhkan file installer, rentan terkena virus, dan mempunyai beragam sifat, di antaranya open source, freeware, shareware, serta commercial.

Ada beberapa fungsi software, yakni melengkapi komputer supaya bisa dioperasikan dengan baik, menjaga perangkat keras sehingga bisa dipakai dan berfungsi dengan baik sesuai kebutuhan, dan masih banyak lainnya.

Ada tiga klasifikasi software: sistem operasi, bahasa pemrograman, dan program aplikasi. Contoh sistem operasi adalah Windows, MacOS, dan Linux. Sedangkan contoh bahasa adalah PHP, Java, dan JavaScript. 

Terakhir, contoh software aplikasi adalah Notepad++, Visual Code Studio, Microsoft Word, Microsoft Power Point, Microsoft Excel, GOM Player, Windows Media Player, Firefox, Opera, Chrome, dan banyak lagi lainnya.

Demikian artikel dari Rumahweb mengenai apa itu software, ciri, fungsi, hingga jenis, serta contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.