Rumahweb Blog
banner artikel - Google Spreadsheet adalah

Google Spreadsheet: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Spreadsheet adalah salah satu aplikasi yang cukup sering digunakan dalam dunia kerja. Secara umum, Spreadsheet adalah aplikasi yang didesain untuk mengolah data berbentuk angka ke dalam tabel.

Meskipun Spreadsheet sering dikaitkan dekat dengan dunia finance, namun kenyataannya Spreadsheet adalah aplikasi yang digunakan di berbagai bidang. Agar lebih paham tentang apa itu spreadsheet, simak ulasannya dari Rumahweb Indonesia berikut ini!

Apa itu Google Spreadsheet

Google Spreadsheet adalah aplikasi berbasis web yang dapat Anda gunakan untuk membuat, mengedit atau mengelola berbagai lembar kerja secara daring. Aplikasi ini mirip dengan Microsoft Excel, Google Spreadsheet menawarkan berbagai fitur untuk mengelola data. Dengan Spreadsheet Anda dapat mengelola data, membuat tabel, grafik, dan menggunakan rumus untuk mempercepat pekerjaan Anda.

Karena berbasis online, Google Spreadsheet memungkinkan untuk dikelola beberapa orang sekaligus sehingga pengguna dapat saling bekerja sama untuk mengelola dokumen dari berbagai perangkat. Tentunya, aplikasi Spreadsheet sangat berguna untuk proyek kelompok, pekerjaan tim, atau berbagi data dengan mudah dan efisien.

Spreadsheet adalah salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan secara gratis pada layanan Gmail atau Google Workspace.

Fungsi Google Spreadsheet

Sama seperti aplikasi Microsoft Excel atau aplikasi serupa, fungsi Google Spreadsheet yang paling utama adalah untuk mengolah data berupa angka dalam format tabel. Namun selain fungsi ini, Google Spreadsheet juga memiliki beberapa fungsi lain, seperti:

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

1. Mengolah Data dalam Format Tabel

Fungsi utama dari Google Spreadsheet adalah mengelola data berbentuk angka, menganalisis, dan mengatur data tersebut ke dalam bentuk tabel yang terdiri atas baris dan kolom.

2. Visualisasi Data

Selain mengolah data, Google Spreadsheet juga berfungsi memvisualisasikan data ke dalam bentuk grafik, diagram, dan sebagainya. Dengan melakukan visualisasi ini, Anda dapat mengetahui tren, pola, dan perbandingan antar data dengan lebih mudah.

3. Kalkulasi Sederhana

Google Spreadsheet juga dapat melakukan kalkulasi atau penghitungan sederhana. Kalkulasi ini dilakukan dengan menginput rumus atau formula yang diinginkan ke dalam sel.

Dengan memasukkan rumus ini, Anda tidak perlu melakukan penghitungan secara manual menggunakan kalkulator, karena sistem spreadsheet lah yang akan menghitung dan otomatis memunculkan hasilnya.

4. Menyimpan dan Berbagi Data

Terakhir, Google Spreadsheet juga berfungsi untuk menyimpan dan membagikan data dengan pengguna lain secara mudah. Fungsi ini tentu akan sangat berguna jika Anda menggunakan spreadsheet untuk bekerja dengan orang lain, atau dalam tim. 

BACA JUGA : Google Workspace: Pengertian, Fitur, Hingga Cara Menggunakan

Cara Membuka Google Spreadsheet

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Google Spreadsheet adalah salah satu tools besutan Google. Jadi, Anda dapat membuka dan menggunakan aplikasi ini hanya melalui internet!

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk membuka Google Spreadsheet melalui browser pada laptop/PC:

  1. Buka web browser yang ingin digunakan.
  2. Ketik sheets.google.com > tekan Enter.
  3. Akan muncul tampilan seperti ini. Klik Blank Spreadsheet untuk membuat dokumen baru. Google juga menyediakan berbagai template yang bisa Anda gunakan.
cara menggunakan Google Spreadsheet adalah

Sampai tahap ini, Anda sudah berhasil membuka dokumen spreadsheet baru.

Selanjutnya, cukup masukkan data Anda, dan olah data tersebut sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai fitur menarik yang ditawarkan oleh Google Spreadsheet, ya!

Fitur Google Spreadsheet

Ada banyak sekali fitur dalam spreadsheet yang bisa mendukung pekerjaan Anda. Di antaranya:

1. Rumus dan Formula

Fitur umum yang bisa digunakan dalam spreadsheet adalah menginput rumus dan formula. Ada berbagai daftar formula yang cukup lengkap untuk Anda gunakan sesuai kebutuhan. Contohnya, rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian, pengelompokkan, dan masih banyak lagi!

2. Pembuatan Grafik

Fitur lain dalam spreadsheet yang wajib Anda ketahui adalah fitur pembuatan grafik untuk visualisasi data. Fitur ini akan membantu Anda mengubah rangkaian angka yang membosankan menjadi grafik, diagram, atau bentuk lain yang menarik. Jadi, audiens dapat lebih mudah memperoleh gambaran dan informasi data secara jelas.

3. Autofill dan Autocomplete

Tak hanya itu. Ada juga fitur otomatisasi, seperti autofill dan autocomplete, yang dapat mempercepat pengisian data atau formula dalam  suatu tabel.

4. Pengelolaan Format

Fitur lain dari spreadsheet adalah mengelola format teks, baik dalam baris maupun kolom. Pengaturan ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan, misalnya Anda ingin membedakan warna sel pada data A dan B, dan lain sebagainya.

5. Filter dan Sortir Data

Dalam spreadsheet, Anda juga dapat menyaring dan mengurutkan data berdasarkan kriteria tertentu, misalnya dari harga terendah ke tertinggi, dari jumlah paling banyak ke paling sedikit, dan lain sebagainya.

Perbedaan Google Spreadsheet dan Excel

Google Spreadsheet dan Microsoft Excel menjadi program spreadsheet yang paling banyak digunakan saat ini. Lalu, apa saja perbedaan keduanya?

1. Fitur Penyimpanan

Perbedaan paling mendasar dari dua program ini adalah basis penyimpanan datanya. Google Spreadsheet menggunakan sistem penyimpanan berbasis Cloud. Artinya, selama Anda terkoneksi dengan internet, dokumen akan secara otomatis tersimpan.

Berbeda dengan Microsoft Excel, di mana Anda perlu melakukan penyimpanan manual secara berkala. Hal ini karena dokumen disimpan secara di drive lokal komputer Anda.

2. Fitur Kolaborasi

Pada dasarnya, Google Spreadsheet dan Microsoft Excel memiliki fitur kolaborasi, alias dapat berbagi dokumen dengan pengguna lain. Bedanya, untuk berkolaborasi di Microsoft Excel, Anda perlu berbagi file melalui email.

Sedangkan pada Google Spreadsheet, Anda hanya perlu klik Share di pojok kanan atas lembar kerja dan mengisikan email anggota tim lain. Selain itu, Anda juga dapat mengatur akses yang diberikan, misalnya apakah orang tersebut dapat menyunting, berkomentar, atau hanya melihat dokumen saja.

Satu lagi poin utama dari fitur kolaborasi Google Spreadsheet adalah, Anda bisa berkolaborasi secara real-time dalam lembar kerja yang sama, tanpa perlu repot bertukar file terus menerus.

3. Cara Akses

Perbedaan lain yang cukup mendasar antara Microsoft Excel dan Google Spreadsheet adalah cara aksesnya. Google Spreadsheet memang praktis digunakan, karena Anda tidak perlu menginstall program baru di perangkat.

Namun, hal ini juga berarti Anda bergantung pada koneksi internet. Tanpa jaringan internet, bisa jadi Anda tidak bisa mengakses atau mengedit file yang disimpan.

Hal ini tidak berlaku di Microsoft Excel. Meskipun Anda harus menginstall program ini pada perangkat, namun Microsoft Excel dapat digunakan secara daring maupun luring, alias tidak bergantung pada koneksi internet. 

4. Fungsi dan Formula

Jumlah formula atau rumus yang bisa digunakan dalam Google Spreadsheet adalah 432. Sedangkan Microsoft Excel memiliki 477 rumus, 45 rumus lebih banyak dibanding Google Spreadsheet.

5. Biaya

Selain fitur dan penggunaan, perbedaan lain yang mencolok adalah terkait biaya lisensi. Pada dasarnya Google Spreadsheet bisa digunakan secara gratis. Namun, Anda juga dapat mengupgrade akun Google Workspace untuk mendapat storage yang lebih besar.

Sama seperti layanan Microsoft lainnya, Microsoft Excel juga termasuk program berbayar. Anda perlu mengeluarkan Rp142.000 untuk berlangganan Office Apps atau Anda bisa memilih sekaligus untuk menggunakan layanan emailnya dengan biaya hanya Rp52.000 perakun perbulan. Selengkapnya tentang biaya Microsoft 365 bisa Anda lihat pada halaman: Microsoft 365.

Itulah beberapa perbedaan antara Microsoft Excel dan Google Spreadsheet. Berikut kami rangkum juga perbedaan keduanya dalam bentuk tabel, untuk mempermudah Anda dalam memahaminya.

AspekMicrosoft ExcelGoogle Spreadsheet
PenyimpananLocal driveBerbasis cloud
KolaborasiMelalui emailDilakukan real-time
Cara AksesMelalui program di perangkat; bisa digunakan tanpa internetMelalui browser; tidak bisa digunakan tanpa internet
Fungsi dan Formula477 rumus432 rumus
BiayaGratis untuk pengguna gmail, kecuali ingin upgrade ke Google WorkspaceMulai Rp52.000 perakun perbulan

Cara Menggunakan Google Spreadsheet

Apakah Anda tertarik menjajal program spreadsheet dari Google ini? Pada dasarnya, cara menggunakan Google Spreadsheet cukup mudah. Hal yang paling penting adalah memahami dan mengetahui rumus yang harus digunakan.

Simak artikel dari Rumahweb Indonesia berikut untuk mengetahui cara menggunakan Google Spreadsheet dan daftar rumus untuk pemula: cara menggunakan Google Spreadsheet

Google Spreadsheet adalah program yang sangat berguna bagi banyak pihak, terutama yang sehari-hari berkutat dengan data berupa angka. Google Spreadsheet, tak hanya mempermudah pengelolaan data, namun juga mempermudah orang lain memahami data yang disajikan.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Dedicated Server

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents