Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu Google Workspace adalah - Pengertian, Fitur, Hingga Cara Menggunakan

Google Workspace: Pengertian, Fitur, Hingga Cara Menggunakan

Google Workspace adalah sebuah platform kolaborasi digital yang menyediakan berbagai layanan produktivitas, seperti email perusahaan, kalender, penyimpanan online, dan aplikasi kantor yang terintegrasi dengan baik.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai Google Workspace dengan segala fitur yang ada di dalamnya. Simak artikel ini hingga akhir ya!

Apa itu Google Workspace

Google Workspace adalah layanan aplikasi dari Google yang mampu mengintegrasi seluruh fitur dari Google seperti Gmail, Google Drive, Google Meet, dan masih banyak lagi, sehingga dapat diakses dengan mudah dan efisien.

Google Workspace adalah nama baru dari layanan yang sebelumnya sudah dikenal dengan nama Google Suite atau G Suite. Menurut VP dan GM Google Workspace, Javier Soltero, penggantian nama ini dilakukan karena rutinitas pengguna yang beralih ke jalur digital, sehingga nama baru ini dinilai lebih representatif.

Dengan Google Workspace, Anda dapat melakukan segala pekerjaan dengan lebih efektif, kolaboratif, dan profesional. Hal ini tentunya akan meningkatkan produktivitas kerja Anda dan perusahaan.

Tak hanya akan menunjang produktivitas kerja saja, Google Workspace adalah layanan yang juga bisa menyimpan seluruh data dan membagikannya kepada tim dengan lebih cepat dan aman. 

Promo Hosting Murah Rumahweb

Banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan profesionalitas dan branding perusahaan. Salah satunya dengan komunikasi melalui email perusahaan kepada klien maupun kolega Anda.

Manfaat Google Workspace

Dengan Google Workspace, Anda dapat membuat email perusahaan menggunakan nama domain sendiri, seperti email@namadomain, dengan mudah. 

Tak hanya soal branding dan profesionalitas, ada beragam manfaat yang dapat Anda rasakan dengan menggunakan layanan Google Workspace. Beberapa manfaat dari Google Workspace adalah:

  1. Layanan bebas iklan, yang dapat membantu Anda lebih fokus dalam bekerja.
  2. Menghemat biaya operasional karyawan.
  3. Keamanan data up to date dan terjamin, karena menyediakan opsi keamanan verifikasi 2 arah (2FA Authentication).
  4. Kapasitas data lebih besar yang mampu membantu Anda bekerja dengan optimal.
  5. Dapat diakses melalui berbagai perangkat, baik PC, Laptop, atau Smartphone, yang akan membuat Anda selalu up to date dengan pekerjaan.

Fitur Google Workspace

Kami akan membagi fitur Google Workspace kedalam dua bagian, yaitu fitur utama dan fitur manage atau kelola. Hal ini bertujuan, agar Anda lebih memahami fungsi tools yang bisa Anda gunakan di Google Workspace.

Fitur Utama Google Workspace

Dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja, Google Workspace menawarkan cukup banyak fitur pendukung yang bisa digunakan. Beberapa fitur Google Workspace adalah sebagai berikut:

1. Google Mail (Gmail)

Fitur pertama yang sudah banyak dikenal di Google Workspace adalah Gmail. Selain dapat digunakan untuk mengirim dan menerima email, Anda juga dapat membuat email perusahaan dengan domain Anda sendiri. Tentunya hal ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan calon klien atau pelanggan.

Hal ini lah yang membedakan layanan Gmail gratis dengan layanan Gmail berbayar pada Google Workspace. 

2. Google Meet (Gmeet)

Fitur Google Meet dapat Anda gunakan untuk melakukan meeting online dengan rekan kerja maupun klien. Fitur ini bisa digunakan dengan mudah dan bisa menampung hingga 150 orang di dalamnya, tergantung paket Google yang dipesan. 

Selain itu, dengan Google Workspace, Anda dapat bergabung ke Google Meet melalui Google Calendar atau email invitation yang dikirimkan. Tentu saja, hal ini akan memudahkan Anda dalam mengakses dan bergabung dalam sebuah meeting.

3. Google Chat

Tak hanya komunikasi melalui video call saja, Google Workspace juga menghadirkan fitur Google Chat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi melalui chat, baik secara personal kepada rekan kerja maupun berkomunikasi di dalam grup. 

Fitur ini akan menunjang efisiensi kerja, karena kolaborasi, komunikasi, pengiriman file, dan pengerjaan tugas dapat dilakukan pada 1 fitur dengan mudah dan aman. 

4. Google Calendar

Bagi Anda yang memiliki banyak jadwal meeting, deadline, maupun beragam to do list kegiatan pribadi yang ingin dilakukan, Anda bisa menggunakan fitur Google Calendar untuk membantu mengelola kegiatan harian. 

Anda bisa menyusun rangkaian kegiatan dengan detail jam dan tanggal yang diinginkan, hingga mengaktifkan fitur reminder untuk setiap kegiatan, sehingga tidak ada agenda yang terlewatkan.

5. Google Spreadsheet

Fitur selanjutnya pada layanan Google Workspace adalah Google Spreadsheet. Fitur ini hampir sama seperti Microsoft Excel yang bisa digunakan untuk menyusun data laporan dalam bentuk teks dan angka. 

Dengan fitur ini, Anda juga bisa berkolaborasi dengan rekan kerja secara real time sehingga mereka dapat ikut serta menambahkan data, mengedit, hingga meninggalkan komentar. 

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh data laporan yang telah dibuat dalam format Microsoft Excel (.xlsx), PDF (.pdf), Web Page (.html), Comma Separated Values (.csv), dan masih banyak lagi, sesuai dengan kebutuhan Anda. 

6. Google Docs

Jika sebelumnya fitur Spreadsheet hampir sama penggunaannya dengan Microsoft Excel, Google Docs dapat disamakan dengan Microsoft Word. Dengan fitur ini, Anda bisa menuliskan dan mengedit dokumen teks melalui browser. 

Google Docs akan menyimpan setiap perubahan pada dokumen secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila internet tiba-tiba terputus. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengecek setiap perubahan yang dilakukan, dan mengembalikan dokumen ke versi asli, atau restore.

7. Google Slide

Fitur selanjutnya dari Google Workspace adalah Google Slide. Hampir sama dengan Microsoft PowerPoint, fitur Google Slide bisa Anda gunakan untuk membuat presentasi dengan cepat dan  mudah. 

8. Google Drive

Fitur Google Drive pada layanan Google Workspace dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis file dengan kapasitas yang cukup besar, hingga 30GB untuk masing-masing akun yang terdaftar, sehingga tidak perlu khawatir space penyimpanan menipis!

Dengan Google Drive, Anda dapat mengakses berbagai file penting pada berbagai perangkat dimanapun dan kapanpun dengan mudah dan aman.  

9. Google Form

Google Form adalah fitur yang dapat membantu Anda untuk mengumpulkan data melalui formulir dengan mudah, cepat, dan tentunya tanpa biaya tambahan apapun! 

Anda bisa mengumpulkan data yang didapatkan dengan mudah tanpa harus memasukan satu persatu data tersebut, karena Google Form telah terintegrasi dengan Google Spreadsheet sehingga Anda bisa langsung cek seluruh data beserta kategorinya dengan efektif dan efisien. 

10. Google Sites

Apakah Anda butuh membuat website, namun belum tidak memahami coding, atau keahlian IT khusus lainnya? Google Workspace juga telat menyediakan fitur yang dapat memfasilitasi Anda dalam membuat website atau situs sendiri dengan mudah!

Bagi Anda yang belum memiliki layanan hosting, Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat situs perusahaan atau diri Anda.

Selengkapnya tentang apa itu Google Sites bisa Anda baca di artikel berikut.

11. Google Keep

Dengan fitur Google Keep, Anda bisa menyimpan berbagai catatan kecil  baik dalam bentuk teks, audio, gambar, maupun list dengan lebih terorganisir. Anda juga dapat membuka dan mengubahnya sewaktu-waktu dibutuhkan dengan praktis. 

Fitur ini akan membantu Anda untuk menemukan catatann yang dibutuhkan dengan cepat serta mendokumentasikan tiap ide yang terlintas dalam pikiran Anda dengan cepat.

12. Apps Script

Jika Anda memiliki pemahaman tentang coding, dengan Apps Script, Anda dapat mengelola file dalam satu fitur praktis dengan sedikit coding ringan tanpa perlu menginstall framework tertentu.

Apps Script dapat membantu Anda melakukan pengelolaan file dengan sederhana. contohnya seperti menggabungkan dan memisahkan halaman pada PDF, membuat file ZIP kemudian menyimpannya di Google Drive, bahkan bisa menemukan email pada Gmail yang belum dibalas. 

13. Cloud Search

Cloud Search dapat membantu Anda menelusuri seluruh fitur pada Google Workspace dengan mudah. Fitur ini telah terintegrasi dengan beragam fitur yang ada di dalam Google Workspace.

14. Jamboard

Pada fitur Jamboard, Anda dapat memvisualisasikan seluruh ide yang muncul, untuk kemudian dilakukan brainstorming bersama tim pada layar sebagai papan tulisnya. Sama seperti berbagai fitur lainnya, Jamboard juga dapat diakses melalui berbagai perangkat.

Hampir semua fitur di atas juga menawarkan fitur kolaborasi, sehingga Anda dapat bekerja sama dengan rekan kerja Anda secara realtime, tanpa batasan jumlah kolaborator. Menarik, bukan?

Fitur Manage Google Workspace

Tidak hanya sampai di situ saja. Google Workspace juga menawarkan berbagai fitur keamanan dan pengelolaan, seperti berikut:

1. Admin

Fitur Admin dapat digunakan untuk mengelola layanan Google Workspace. Contohnya seperti membuat dan menambahkan akun, mengecek log audit, mengatur ulang kata sandi, melakukan pengelolaan perangkat, hingga konfigurasi keamanan dan pengaturan dengan mudah.

Admin juga bisa mendapatkan informasi up to date dari Google Workspace terkait aktivitas penyalahgunaan akun.

2. Endpoint

Salah satu fitur keamanan yang disediakan oleh Google Workspace adalah Endpoint. Fitur ini bisa digunakan untuk mengamankan data perusahaan pada perangkat yang hilang atau dicuri.

Admin dapat memperkuat kata sandi ataupun menghapus total perangkat maupun akun dengan selektif melalui Android atau IOS, maupun memblokir akses ke sesi Windows, Linux, Chrome atau MacOS.

3. Vault

Fitur selanjutnya dari Google Workspace adalah Vault. Dengan Vault, Anda dapat menyimpan, membekukan, menelusuri, dan mengekspor data Google Workspace pengguna, seperti pesan Gmail, pesan Google Group, file Google Drive, Google Sites baru, dan lain sebagainya.

Fitur ini dapat diakses melalui sisi panel admin dan bisa didapatkan pada layanan Google Workspace dengan paket Business dan Enterprise, atau dengan paket Business Starter atau Standard di Rumahweb. 

BACA JUGA : Mailing List: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

4. Work Insight

Dengan fitur ini, Anda dapat menciptakan pola kerja dan kolaborasi antar tim dengan lebih baik. Fitur Work Insight akan memberikan sekumpulan wawasan terkait adopsi produk, pola kerja, dan kolaborasi dengan tim.

Cara Membeli Google Workspace

Apakah Anda tertarik menggunakan layanan Google Workspace, namun masih belum terlalu yakin? Bagi Anda yang ingin mencoba layanan ini, Google menyediakan opsi free trial selama 14 hari. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perpanjangan dengan pembayaran via kartu kredit.

Namun, Anda tak perlu khawatir jika ingin berlangganan Google Workspace, namun tidak mempunyai kartu kredit. Di Rumahweb, Anda juga bisa berlangganan layanan Google Workspace dengan berbagai metode pembayaran sesuai kebutuhan Anda. 

Dengan biaya mulai dari Rp 63.000/akun/bulan*, Anda sudah bisa menikmati berbagai fitur menarik dan kapasitas penyimpanan 30GB untuk membantu bekerja dengan maksimal. Anda juga bisa menentukan jumlah akun serta periode penagihan yang ingin digunakan, sesuai kebutuhan. 

Tak perlu khawatir dengan cara pemesanan yang rumit, layanan Google Workspace di Rumahweb bisa dilakukan dengan mudah. Cukup ikuti panduan berikut: Cara Memesan Layanan Google Workspace di Rumahweb .

Verifikasi Domain ke Google Workspace

 Setelah memesan layanan Google Workspace, jika Anda sudah memiliki domain di Rumahweb, Anda dapat melakukan verifikasi domain melalui Clientzone dengan mudah. Verifikasi domain ini dibutuhkan agar Anda bisa membuat layanan email perusahaan atau email domain dan bisa menggunakan layanan tersebut dengan baik. 

Namun, jika Anda sudah memiliki layanan domain dan hosting, Anda dapat melakukan setting DNS melalui cPanel.

Cara Menggunakan Google Workspace

Google Workspace adalah layanan kolaboratif dari Google yang mampu menunjang produktivitas Anda. Selain itu, penggunaannya juga praktis dan efisien, karena terintegrasi dengan semua fitur yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun. 

Google Workspace adalah layanan yang menawarkan berbagai fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk menunjang pekerjaan Anda dengan maksimal. Tentunya,layanan ini dapat dinikmati setelah domain dan layanan Google Workspace di Rumahweb telah aktif. 

Bagi Anda yang berlangganan layanan Google Workspace di Rumahweb, Anda juga bisa menambahkan akun lainnya melalui panel admin dengan mudah. 

Kesimpulan

Google Workspace adalah platform kolaboratif yang disediakan oleh Google untuk menunjang pekerjaan Anda sehari-hari, seperti email perusahaan, kalender, penyimpanan online, dan semua aplikasi yang Anda butuhkan tiap hari.

Jika Anda selaku owner bisnis atau usaha, Google Workspace menjadi solusi terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda.

Demikian informasi mengenai Google Workspace, semoga membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )