Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu Entitas Arti, Jenis Hingga Contohnya

Apa itu Entitas? Arti, Jenis Hingga Contohnya

Bagi sebagian orang, entitas adalah istilah yang mungkin tidak asing lagi. Istilah yang satu ini memang seringkali ditemukan di kehidupan sehari-hari atau di berbagai bidang, mulai dari akuntansi, ekonomi, hingga teknologi.

Namun jika Anda belum mengetahui apa itu entitas (entity), tak perlu khawatir karena arti, jenis, hingga contohnya sudah Rumahweb rangkum dalam artikel berikut ini!

Apa itu Entitas?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, entitas adalah istilah yang sering digunakan di kehidupan sehari-hari. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), entitas adalah satuan yang berwujud; maujud.

Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa entitas adalah sebuah objek yang keberadaannya dapat dibedakan dengan objek lain alias unik. Jadi, antara satu entitas dengan entitas lainnya tidaklah sama. Objek yang dimaksud juga beragam. Bisa berupa benda, orang, data, atau hal lainnya.

Bagi Anda yang penasaran tentang apa itu entitas, definisinya cukup berbeda ketika digunakan di bidang-bidang tertentu. Untuk itu, agar lebih mudah memahaminya, berikut penjelasan mengenai apa itu entitas berdasarkan bidangnya.

1. Arti Entitas dalam Konsep Legal

Dalam konsep legal, arti entitas adalah setiap kesatuan atau badan hukum yang dianggap dan diperlakukan sebagai orang perseorangan menurut hukum yang berlalu.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Entitas ini juga bisa disebut sebagai suatu kesatuan atau badan yang keberadaannya dijamin oleh hukum yang berlaku.

BACA JUGA | 3 Cara Jual Foto Online Untuk Mendapat Cuan Tambahan

2. Arti Entitas dalam Konsep Akuntansi

Sedangkan di bidang akuntansi, entitas adalah unit usaha yang menjalankan aktivitas akuntansi dan memiliki laporan keuangan tersendiri. Laporan keuangan tersebut disertakan oleh setiap unit usaha atau entitas yang berlaku sebagai suatu kesatuan akuntansi.

3. Arti Entitas dalam Konsep Ekonomi

Dalam bidang atau konsep ekonomi, entitas adalah setiap unit yang menjalankan usaha untuk kepentingan diri sendiri.

Meski kegiatan ekonomi yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi, entitas tetap diikuti undang-undang perpajakan yang mengatur kebijakan seputar ekonomi.

4. Arti Entitas dalam Konsep Fiskal

Jika dilihat dari konsep fiskal, entitas adalah sesuatu yang identik dengan wajib pajak. Artinya, entitas merupakan wajib pajak baik berbadan hukum maupun tidak. Jadi, perseorangan atau badan yang sudah terdaftar wajib pajak termasuk sebagai entitas.

Subjek yang termasuk dalam entitas menurut ketentuan pajak antara lain, orang pribadi/individu, badan, bentuk usaha tetap, dan warisan yang belum dibagi mewakili yang berhak.

5. Arti Entitas dalam Konsep Teknologi 

Dalam dunia IT, entitas adalah istilah yang mewakili suatu model alur komunikasi dan pemrosesan seperti membedakan dokumen dan hubungan antar data.

Jadi bisa dikatakan jika entitas adalah sebuah benda, tempat, atau objek yang menggambarkan suatu data atau objek yang mewakili sesuatu yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Jenis Entitas

Sebelum membahas jenis identitas, perlu Anda ketahui bahwa entitas bisa membentuk sebuah kelompok yang disebut sebagai himpunan entitas. Himpunan ini terdiri atas kumpulan entitas yang serupa. Setidaknya terdapat dua jenis himpunan entitas:

  • Kumpulan entitas yang bisa dilihat, seperti guru, dokter, kendaraan, bangunan, dan lain sebagainya.
  • Kumpulan entitas yang tidak bisa dilihat, yakni entitas yang berbentuk konsep atau logika, seperti posisi, jabatan, rencana, dan lainnya.

Di luar bentuk himpunan tadi, entitas terbagi dalam dua jenis, yaitu:

  1. Entitas Kuat

Entitas kuat adalah jenis yang bisa berdiri sendiri dan tidak bergantung pada entitas lain. Contoh paling umum dari entitas ini misalnya, karyawan.

  1. Entitas Lemah

Entitas lemah adalah entitas yang tidak bisa berdiri sendiri dan bergantung pada entitas lainya. Sebagai contoh, karyawan tetap dan karyawan kontrak.

Contoh Entitas dalam Konsep Teknologi

Di dunia IT, entitas merupakan segala sesuatu yang menggambarkan data atau mewakili objek yang berbeda dengan yang lainnya. Dalam ilmu komputer, entitas bisa dalam bentuk database, seperti tabel, data, entitas hingga field.

Dalam konteks database, entitas mengacu pada objek atau konsep yang dapat diidentifikasi dan memiliki atribut yang dapat disimpan dalam basis data. Entitas adalah representasi nyata atau konseptual dari objek dalam dunia nyata yang relevan untuk basis data.

Misalnya dalam lingkungan rumah sakit ada entitas pasien, dokter, obat, dan lainnya, yang juga berisi elemen data seperti nama, tanggal lahir, dan alamat. Elemen ini disebut sebagai atribut yang memang harus dimiliki oleh sebuah entitas, dan nantinya akan menjadi file data di dalam komputer. 

BACA JUGA | Apa Itu Big Data? Arti, Konsep, Contoh, dan Manfaatnya

Meski sedikit berbeda antara satu bidang dengan bidan yang lainnya, dapat disimpulkan entitas adalah istilah yang mewakili suatu objek atau wujud dengan keberadaan unik, alias berbeda dari yang lain. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda seputar entitas, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb