Rumahweb Blog
Banner blog - 3 Cara Jual Foto Online Untuk Mendapat Cuan Tambahan

3 Cara Jual Foto Online Untuk Mendapat Cuan Tambahan

Baik barang maupun jasa, hampir semua hal dapat dijual di internet. Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang fotografi, jual foto online bisa menjadi salah satu kesempatan mendapatkan cuan yang menguntungkan.

Fotografi merupakan salah satu jenis hobi yang berpotensi menghasilkan uang. Jangan hanya disimpan dalam memori ponsel atau komputer saja, coba jual karya-karya fotografi Anda secara online. Hampir sama seperti cara berjualan online lainnya, Anda dapat memilih untuk menggunakan platform atau website sendiri.

Cara Jual Foto Online

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mulai berjualan foto online agar dapat menguntungkan. Berikut 3 cara jual foto online yang dapat dilakukan:

1. Tentukan Niche yang Ingin Digunakan

Stok foto biasanya menyediakan berbagai tema atau gaya tertentu yang dapat dipilih oleh penggunanya. Beberapa situs stok foto bahkan memiliki spesialisasi niche-nya sendiri. Misal, stok foto khusus kamera film atau analog.

Ada sebuah cara jual foto online dengan cepat dan efektif, yaitu dengan melakukan riset keyword. Riset keyword dilakukan agar Anda mengetahui jenis foto apa saja yang banyak diminati.

Hasil riset keyword tersebut dapat digunakan sebagai acuan Anda dalam menentukan niche yang tepat.

2. Pahami Hak dan Kewajiban yang Ditawarkan oleh Website

Sebelum Anda mendaftarkan diri sebagai fotografer pada sebuah situs stok, pastikan Anda mengetahui jenis lisensi atau hak cipta yang digunakan oleh situs tersebut. Hak cipta foto yang digunakan biasanya akan berlaku untuk selamanya.

Ada 10 jenis lisensi atau hak cipta foto yang harus Anda ketahui dan pahami terlebih dahulu, sebelum memulai bisnis jual foto online, antara lain:

  1. Editorial Use (Penggunaan Editorial)

Foto dapat digunakan untuk media publikasi seperti blog, surat kabar, majalah, dan lain sebagainya.

  1. Commercial Use

Foto dapat digunakan untuk tujuan komersial.

  1. Retail Use

Foto dapat dijual kembali ke pihak lain, baik dalam bentuk soft-copy atau fisik. Dengan izin ini, seseorang dapat menggunakan foto Anda dapat digunakan pada brosur, bantal, mug, dan produk retail lainnya.

  1. Exclusive

Foto hanya dapat dijual kepada satu pihak saja, dan tidak boleh dibagikan ke orang lain, baik dengan cara yang sama atau dengan cara lain.

  1. Non-Exclusive

Kebalikan dari hak cipta eksklusif. Foto dapat dibeli atau digunakan kembali oleh orang lain.

  1. Domain Public

Foto tidak punya batasan hak cipta, dan dapat digunakan untuk tujuan apapun, misalnya untuk editorial, commercial, dan sebagainya, asalkan tidak diklaim sebagai hak cipta pribadi.

  1. Creative Common

Foto dapat digunakan dengan syarat khusus, biasanya dengan menyertakan atribusi sebagai bentuk pernyataan kehakciptaan orang lain.

Dengan kata lain, pengguna dapat menggunakan foto untuk berbagai kebutuhan dengan menyertakan link kredit, sumber foto, alt title, alt text, atau sejenisnya.

  1. Royalty Free

Foto dapat digunakan dengan bebas, tanpa batasan apapun. 

  1. Right-Managed

Foto hanya boleh digunakan satu kali untuk selamanya, dan jika ingin digunakan kembali maka harus membeli hak cipta lagi.

  1. Right of Publicity

Foto memiliki hak publisitas tertentu. Biasanya menyangkut penggunaan foto untuk kebutuhan komersial. Jika ingin menggunakan foto tersebut, Anda harus mendapatkan izin dari pemilik foto dan subjek foto.

3. Ambil Stok Foto yang Menarik

Agar foto yang diunggah banyak digunakan atau di-download, Anda harus memastikan bahwa hasil foto terlihat menarik. Ada berbagai gaya foto yang dapat digunakan untuk menghasilkan foto yang menarik.

Dari berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengambil foto yang menarik, berikut 2 hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kualitas foto Anda

Gunakan Keyword yang Tepat

Selain mengelompokkan foto berdasarkan tema, situs stok foto biasanya menyediakan kolom pencarian untuk memudahkan penggunanya menemukan foto yang sesuai dengan keinginan.

Oleh karena itu, jangan lupa gunakan kata kunci yang banyak dicari oleh pelanggan untuk memaksimalkan hasil jualan foto online Anda.

Pastikan Kualitas Foto

Pelanggan tentu akan lebih memilih foto dengan kualitas atau resolusi tinggi dibandingkan dengan foto yang tidak jelas. Oleh karena itu, pastikan Anda memotret dengan resolusi standar yang dapat digunakan untuk stok foto.

Tips Berjualan Foto Online

Selain berbagai cara di atas, simak juga 3 tips berjualan foto online berikut ini untuk membantu menunjang popularitas Anda sebagai kontributor stok foto:

1. Cari Objek yang Umum dan Sederhana

Biasanya pelanggan mengunjungi sebuah situs stok foto untuk mencari foto dengan tema yang tidak terlalu spesifik, misalnya seperti laptop, gedung, bunga, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, salah satu tips yang dapat digunakan dalam menjual foto online adalah mencari objek atau tema yang umum dan banyak dicari oleh seseorang. 

Selain menggunakan objek yang umum, Anda juga dapat menggunakan gaya foto sederhana dalam menjual foto online. Semakin umum dan sederhana hasil foto Anda, maka akan semakin besar peluang seseorang akan mencari dan menggunakan foto tersebut.

2. Pastikan Hasil Memiliki Pesan yang Jelas

Stok foto biasanya memiliki tujuan utama untuk membantu pelanggan dalam menyampaikan suatu pesan secara visual. Oleh karena itu, stok foto harus memiliki memiliki pesan yang mudah dipahami oleh audiens, bahkan ketika audiens hanya melihat foto tersebut secara sekilas.

Misalnya, ketika Anda ingin memotret dengan kata kunci “koran”, maka pastikan objek tersebut dapat terlihat jelas dan dipahami oleh audiens. Caranya, Anda dapat memotret tumpukan koran, atau menggunakan talent yang diarahkan dengan pose seolah sedang membaca koran.

3. Aktif dalam Platform dan Forum Fotografi

Beberapa website untuk menjual foto online juga menyediakan forum untuk para anggotanya saling berkomunikasi. Ketika menggunakan website seperti ini, pastikan Anda juga aktif bertukar pesan pada forum yang disediakan.

Keaktifan Anda di forum ini dapat membuka peluang lebih besar untuk para pelanggan mengenal profil Anda, yang tentu akan meningkatkan potensi pembeli di kemudian hari.

Daftar Website Untuk Jual Foto Online

Setelah mengetahui berbagai cara dan tips dalam memulai bisnis jual foto online, selanjutnya ada banyak website jual foto online yang dapat digunakan sebagai perantara dalam menjual hasil karya Anda. Berikut 5 rekomendasi website untuk jual foto online terbaik:

1. Getty Images

Getty Images dapat disebut sebagai salah satu website untuk jual foto online yang paling terkenal. Website ini cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis jual foto online berkualitas tinggi dengan hak istimewa dan potensi harga yang cukup tinggi.

Selain menawarkan harga foto yang lebih mahal dan berkualitas tinggi, Getty Images juga terkenal banyak digunakan oleh para fotografer profesional di seluruh dunia. Berdasarkan fakta ini juga, akan sulit bagi para fotografer baru untuk mendapatkan eksposur melalui website ini.

2. Adobe Stock

Adobe dikenal secara luas sebagai penyedia berbagai aplikasi grafis, seperti Adobe Photoshop, Lightroom, dan Illustrator. Selain berbagai aplikasi grafis, Adobe juga memiliki website stok fotonya sendiri, yaitu Adobe Stock.

Cukup dengan mendaftar dan memiliki Adobe ID, Anda dapat mulai menjual foto online pada Adobe Stock. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Adobe Stock adalah website ini sudah terhubung ke Adobe Creative Cloud yang akan memudahkan pelanggan dalam mencari dan menemukan foto yang diinginkan.

Sayangnya dibalik kemudahan dan keterhubungan Adobe Stock dengan para pelanggannya, Adobe menawarkan komisi yang rendah. Anda hanya akan mendapatkan 33% dari penjualan foto, dan minimal 20% dari foto yang terjual ke pelanggan tertentu.

3. Shutterstock

Satu lagi website untuk jual foto online yang sangat terkenal, yaitu Shutterstock. Website ini menyediakan lebih dari 180 juta foto, video, vektor, serta audio yang dapat dibeli dan digunakan oleh para pelanggannya.


Selain bisa mendapatkan uang dari hasil komisi penjualan foto, Anda juga bisa mendapatkan uang tambahan dari praktik affiliate marketing, dengan cara mereferensikan website ini ke fotografer lain.

Meskipun sangat terkenal, sayangnya akan cukup sulit bagi seorang fotografer untuk terdaftar secara resmi sebagai kontributor website ini. Terhitung, hanya sekitar 20% fotografer yang diterima oleh Shutterstock.

4. Visual Society

Bagi Anda yang mencari website untuk jual foto online dengan komisi yang besar, maka Visual Society dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Tidak seperti website stok foto lainnya, Anda dapat meraup keuntungan komisi hingga 100%.

Selain komisi penuh, Anda juga dapat mengatur sendiri harga foto yang diunggah di website ini. Selain itu, website ini juga dapat memudahkan fotografer dalam membuat merchandise menggunakan gambarnya sendiri. 

5. Website Anda Sendiri

Selain mengandalkan berbagai website stok foto untuk memulai jual foto online, Anda juga dapat membuat website Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan kendali penuh terhadap pengelolaan harga hingga strategi pemasaran.

Meskipun dengan membuat website sendiri Anda harus lebih bekerja keras dalam mencari audiens, Anda tidak perlu repot-repot menghitung dan membagi biaya komisi dengan pihak ketiga.

Berikut tadi cara jual foto online hingga daftar rekomendasi website untuk jual foto online. Pelajari juga aplikasi edit foto untuk meningkatkan kualitas foto Anda. Semoga dengan berbagai informasi ini, Anda dapat memulai bisnis jual foto online dengan baik.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Lutfi Hanif

Tukang Komputer