Rumahweb Blog
Banner - Aplikasi CapCut Pengertian, Fitur dan Cara Downloadnya

Aplikasi CapCut : Pengertian, Fitur dan Cara Downloadnya

Sejak meroketnya media sosial seperti Instagram dan TikTok, aplikasi pendukung untuk edit foto dan video juga turut populer. CapCut adalah salah satu aplikasi yang cocok digunakan untuk mengedit video yang menarik agar disukai banyak orang. Pada artikel ini, Rumahweb akan berbagi informasi tentang pengertian hingga download CapCut di PC dan HP.

Lantas apa itu CapCut? Apa saja fitur yang ditawarkannya? Serta bagaimana cara mendownloadnya? Berikut Rumahweb ulas semua mengenai aplikasi CapCut untuk Anda!

Apa itu CapCut?

CapCut adalah aplikasi untuk mengedit video di Android yang dikembangkan oleh Bytendance Pte. Ltd. Sebelumnya, CapCut ini memiliki nama Viamaker. Namun setelah beberapa waktu berlalu, sang developer memutuskan untuk mengganti namanya.

CapCut menjadi aplikasi favorit bagi banyak orang, karena menawarkan berbagai fitur gratis, termasuk beragam effect, sehingga konten yang dihasilkan lebih bagus dan menarik. Tidak hanya itu, aplikasi CapCut pun terbilang cukup mudah untuk dipahami.

CapCut bahkan menjadi salah satu aplikasi paling populer di PlayStore, karena banyaknya pengguna yang telah mendownload dan menggunakan aplikasi ini. Tercatat, jutaan pengguna Android memercayakan editing video mereka pada aplikasi satu ini.

Bagi Anda yang masih belajar mengedit video, tak perlu khawatir! Karena CapCut adalah aplikasi yang ramah untuk pemula. Jadi, Anda tidak memerlukan kemampuan yang mumpuni, atau skill expert dalam menggunakan aplikasi ini.

Fitur-Fitur CapCut

Dengan aplikasi CapCut, Anda bisa mengedit video dengan dua cara, yaitu secara otomatis maupun manual. Berikut penjelasannya:

1. Template

Fitur CapCut adalah template

Template adalah fitur yang cocok digunakan jika Anda yang ingin mengedit video secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu menambahkan efek, mengatur video, dan lain sebagainya.

Fitur CapCut ini menyediakan sejumlah template yang langsung dapat dipakai. Anda hanya perlu memasukkan sejumlah foto atau video yang diminta, lalu video akan diedit secara otomatis, sesuai dengan template yang digunakan.

Ada banyak pilihan template yang dapat Anda sesuaikan dengan selera dan kebutuhan video. 

2. New Project

Fitur CapCut New project

Bagi Anda yang ingin membuat video dari nol dan benar-benar sesuai dengan keinginan Anda, maka fitur New Project adalah pilihannya. Pada fitur CapCut satu ini, Anda dapat melakukan “perombakan” pada video melalui sejumlah tools yang sudah disediakan. Lalu, apa saja tools-nya?

1. Edit

Fitur CapCut New project - Edit

Tool pertama dalam fitur New Project CapCut adalah edit. Tool ini menawarkan sejumlah pengaturan, mulai dari mengatur ukuran video, menambahkan animasi, menghapus background, membuat video lebih stabil, dan masih banyak lagi.

2. Audio

Fitur CapCut New project - Audio

Tool kedua yang bisa anda coba pada CapCut adalah audio. Seperti namanya, tool ini bertujuan untuk menambahkan efek audio atau suara pada video. Anda bisa memilih audio yang telah disediakan dari galeri, atau bahkan dari akun TikTok milik Anda.

3. Text

Fitur New project - Text

Mengedit video tentu tak akan lengkap jika tidak ada tool untuk memberi teks. Ya, tool satu ini berfungsi untuk menambahkan teks ke dalam video. Tool text yang disediakan CapCut cukup lengkap. Mulai dari jenis font, warna, ukuran, bahkan text template yang menarik.

4. Effect

Fitur New project - Effect

Tools selanjutnya berfungsi untuk menambahkan efek pada video yang anda edit di CapCut. Terdapat dua pilihan efek, yaitu efek video dan efek tubuh. Anda bisa memilih template efek yang sudah disediakan.

5. Filters

Fitur New project - Filter

Tool lain yang bisa mempercantik video anda adalah filters. Filters ini berfungsi untuk memberikan efek cahaya pada video secara keseluruhan. Anda bisa mencocokkan filters yang telah disediakan dengan video yang sedang anda garap.

Baca juga artikel : Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis

Cara Download CapCut

Setelah melihat fitur-fitur yang disediakan CapCut, tentu Anda semakin tertarik untuk mencoba aplikasi satu ini, bukan? Bagi anda yang ingin menjajal aplikasi ini, cara mendownload aplikasi CapCut adalah sebagai berikut.

Download CapCut di Laptop atau PC

Agar dapat menggunakan aplikasi CapCut di laptop atau PC, Anda perlu menginstall emulator terlebih dahulu. Hal ini karena CapCut tidak menyediakan aplikasi khusus untuk laptop atau PC.

Anda dapat menggunakan Bluestacks sebagai emulator, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Download CapCut di Laptop atau PC - image 1
  • Klik tombol unduh Bluestacks lalu install di laptop atau PC Anda.
Download CapCut di Laptop atau PC - image 2
  • Setelah terinstall, klik PlayStore. Anda bisa menggunakan akun PlayStore yang sudah ada atau membuat akun baru.
Download CapCut di Laptop atau PC - image 3
  • Cari aplikasi CapCut di kolom pencarian, lalu install.
  • CapCut sudah terinstall dan siap digunakan.

Download CapCut Mod APK untuk Android

Jika Anda ingin mencoba CapCut Premium, Anda juga bisa mendownloadnya tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. Dengan CapCut premium ini, video Anda juga tidak akan diberi watermark.

Salah satu cara untuk mendapatkan CapCut premium ini adalah dengan mendownload CapCut Mod APK untuk Android dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka situs download CapCut berikut.
  • Klik tombol Download APK.
  • Pilih file teratas (Download APK File [MOD] v4.9.0.
  • Install file tersebut dan CapCut Premium siap digunakan.

Itulah ulasan mengenai aplikasi CapCut yang telah Rumahweb rangkum untuk Anda. Bagi nda yang ingin mencoba mengedit video sendiri, tak ada salahnya mencoba, karena CapCut adalah aplikasi yang ramah terhadap pemula.

Ingin mengetahui lebih lengkap cara mengedit video di CapCut tanpa ribet? Atau ingin membuat video jedag jedug yang tengah viral di TikTok? Simak artikel lainnya dari Rumahweb, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 20

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing