Rumahweb Blog
banner - CloudFlare DNS Pengertian dan Cara Menggunakannya

CloudFlare DNS: Pengertian dan Cara Menggunakannya

Cloudflare DNS adalah sebuah layanan DNS server yang menawarkan aksesibilitas lebih cepat, aman dan lebih luas, ke berbagai macam alamat tujuan yang Anda tuju. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan lebih detail kepada Anda tentang apa itu CloudFlare DNS dan cara menggunakannya.

Bagi pengguna awam, terhubung ke internet hanya lah perkara memiliki kuota data dan memiliki perangkat smartphone atau laptop saja. Pada praktiknya, mekanisme kerja internet modern lebih kompleks dari yang mungkin dipahami oleh mayoritas pengguna.

Mengenal DNS Server

Ketika Anda menyalakan sebuah perangkat smartphone atau laptop, kemudian terhubung ke internet melalui koneksi yang disediakan oleh ISP (Internet Service Provider), perangkat Anda akan dihubungkan ke sebuah service bernama DNS server.

Sederhananya, DNS server bisa dianalogikan sebagai buku alamat atau address book digital. Di dalamnya, tersimpan informasi DNS global yang selalu di-update setiap saat secara otomatis oleh sistem. Setiap provider internet (ISP) memiliki DNS server masing-masing, yang berisi informasi DNS yang tersebar di seluruh dunia. 

Setelah Anda mengetikkan sebuah alamat domain di web browser, DNS server dari ISP yang Anda gunakan, akan mencari informasi mengenai lokasi server domain berdasarkan IP address, kemudian menghubungkannya ke server tujuan melalui jalur koneksi yang dimiliki oleh setiap ISP. 

Ada kalanya, ketika Anda mengakses sebuah alamat domain, informasi website yang ditampilkan tidak sesuai dengan yang seharusnya. Bahkan dalam beberapa kasus, Anda tidak bisa mengakses alamat-alamat domain tertentu. Kondisi tersebut disebabkan service DNS server dari masing-masing ISP memerlukan proses update database yang memakan waktu, atau yang biasa disebut dengan nama propagasi.

Selain propagasi, kendala akses ke alamat domain-domain spesifik bisa juga karena DNS server dari ISP yang Anda gunakan memblokir alamat yang Anda tuju, karena mengandung konten yang tidak sesuai dengan hukum negara, seperti pornografi, perjudian, dan sejenisnya.

Kendala akses ke alamat yang Anda tuju tentu saja menjadi sebuah persoalan yang mengganggu aktivitas dan produktivitas. Apabila bidang yang Anda tekuni menuntut akses ke semua alamat domain dengan lancar dan realtime, kendala akses merupakan masalah teknis yang krusial dan memerlukan alternatif solusi yang bisa diandalkan.

Baca juga artikel: Apa itu DNS? Pengertian, Setting DNS dan Cara kerja

Mengenal Layanan CloudFlare DNS

Cloudflare adalah sebuah perusahaan yang menawarkan berbagai layanan yang bertujuan untuk menghadirkan alternatif solusi bagi kendala-kendala yang terkait dengan konten website. Layanan yang ditawarkan oleh Cloudflare antara lain adalah Content Delivery Network (CDN), DDoS Mitigation, Internet Security dan DNS server.

Salah satu layanan yang cukup banyak digunakan oleh pengguna rumahan adalah DNS Server. Layanan ini menawarkan DNS resolver yang diklaim memiliki performa lebih cepat dibandingkan dengan yang dimiliki oleh DNS server dari provider internet (ISP). Selain itu, Cloudflare DNS juga bisa menjadi alternatif solusi supaya Anda tetap bisa mengakses alamat tertentu yang diblokir oleh ISP yang Anda gunakan.

Secara sederhana, Cloudflare DNS adalah sebuah layanan DNS server dari Cloudflare, yang menawarkan aksesibilitas lebih cepat, aman dan lebih luas, ke berbagai macam alamat tujuan yang Anda tuju.

Cara Setting CloudFlare DNS

cloudflare DNS bisa diterapkan ke semua perangkat modern yang terhubung ke internet, mulai dari smartphone, laptop dan PC. Selain itu, layanan ini juga bisa diterapkan ke semua sistem operasi modern seperti Windows, Android, Mac, iOS dan Linux. Berikut langkah-langkah setting CloudFlare DNS di beberapa perangkat yang Anda gunakan.

Setting CloudFlare DNS di Android dan iOS

CloudFlare telah menyediakan aplikasi Cloudflare DNS 1.1.1.1 untuk sistem operasi Android dan iOS. Untuk menggunakan aplikasi ini di kedua sistem operasi tersebut, Anda cukup menginstalnya melalui Google Play dan Apple Store.

Setelah aplikasi Cloudflare DNS 1.1.1.1 terinstal di perangkat berbasis Android atau iOS, Anda bisa mengaktifkan layanannya dengan cukup mengklik tombol Connect, klik beberapa langkah, dan perangkat yang Anda gunakan sudah terkoneksi melalui layanan DNS server Cloudflare.

Setting CloudFlare DNS di Microsoft Windows

Untuk dapat menggunakan DNS ini di sistem operasi Windows, Anda perlu masuk ke menu Control Panel. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke Control Panel, kemudian ke menu Network and Sharing Center, kemudian klik Change Adapter Settings
  • Klik kanan pada koneksi WiFi atau Ethernet yang sedang aktif, kemudian pilih menu Properties
  • Pilih Internet Protocol 4, kemudian klik Properties
  • Klik ‘Use The Following DNS Server Addresses’. Ganti IP address yang ada dengan IP address 1.1.1.1 dan 1.0.0.1.
  • Terakhir, klik OK
Baca juga artikel: DNS Google dan Cara Menggunakannya di Komputer

Penutup

Kebutuhan akses internet berbeda-beda untuk setiap pengguna, sesuai dengan kebutuhan dan bidang yang ditekuni. Bagi mayoritas pengguna awam, akses dan konfigurasi default dari provider internet (ISP) yang digunakan sudah mencukupi untuk menunjang kebutuhan mereka dalam beraktivitas melalui jaringan internet. 

Akan tetapi ada beberapa pengguna yang memerlukan akses tertentu yang tidak bisa didapatkan melalui konfigurasi default dari provider internet, sehingga memerlukan alternatif solusi. Layanan Cloudflare DNS menawarkan layanan DNS Server alternatif, yang bisa memenuhi kebutuhan spesifik dari beberapa pengguna, untuk menunjang kelangsungan produktivitas kerja mereka.

Meskipun demikian, fitur-fitur yang ditawarkan oleh Cloudflare sebaiknya tetap digunakan secara bijak tanpa banyak melanggar ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku di setiap negara.

Demikian artikel blog tentang CloudFlare DNS. Semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi Anda supaya tetap produktif dan kreatif di era digital saat ini.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Alwan Rosyidi