Rumahweb Blog
Banner Artikel - DNS Google dan Cara Menggunakannya di Komputer

DNS Google dan Cara Menggunakannya di Komputer

Setiap penyedia layanan internet (ISP) memiliki standar Domain Name System (DNS) masing-masing, dalam melayani aktivitas internet penggunanya. Namun, tidak semua DNS yang disediakan adalah DNS yang cepat, dan terkadang malah membuat lambat aktivitas browsing. Untuk itu, Anda bisa beralih ke DNS Google supaya mendapatkan kecepatan yang lebih baik.

Sebagai perusahaan search engine terbesar di dunia, Google sudah mendapatkan kepercayaan dari khalayak luas. Bahkan, istilah yang umum digunakan untuk kegiatan mencari informasi di internet adalah “Googling”. Namun, Google tak sebatas alat pencarian semara. Google juga memberikan layanan DNS cepat yang bernama DNS Google atau bisa juga disebut Google Public DNS guna mendapatkan hasil routing yang tercepat. 

Apa itu DNS Google?

DNS Google adalah salah satu layanan DNS gratis yang dirilis pada tanggal 3 Desember 2009. Layanan ini merupakan salah satu upaya dari Google, untuk membuat akses ke website (world wide web) menjadi lebih cepat.

Seperti yang sudah dibahas dalam artikel DNS, saat Anda hendak mengunjungi suatu alamat website menggunakan perangkat Anda (komputer, laptop, HP Android, atau lainnya), dari perangkat yang Anda gunakan tersebut akan melakukan pencarian alamat server tujuan yang berupa IP Address. Pencarian ini dilakukan oleh DNS server yang ada di internet untuk menemukan letak server tujuan yang dituju. 

Semakin banyak request yang masuk ke DNS server, akan membuat respon DNS server menjadi lebih lama, sehingga berpengaruh pada proses browsing Anda. Untuk meningkatkan kecepatan proses browsing tersebut, Anda bisa menggunakan DNS Google untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Apa Kelebihan DNS Google?

DNS Google merupakan DNS yang cepat dan gratis. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Google Public DNS untuk aktivitas internet Anda.

1. Mempercepat Browsing

Dengan menggunakan Google Public DNS, membuat kecepatan browsing Anda lebih cepat dari biasanya. Hal ini disebabkan karena Google menggunakan teknik jaringan Anycast sehingga dapat mencari server DNS terdekat dari pengguna untuk mempercepat pencarian alamat server tujuan. 
Di samping itu, Google juga selalu melakukan optimasi cache di server DNS-nya. 

2. Meningkatkan Keamanan

Google Public DNS memiliki reputasi sebagai DNS yang aman. Server DNS-nya, memiliki fitur untuk melindungi pengguna dari serangan seperti DDoS, atau serangan DNS Amplification .

3. Memproses Request Tanpa Redirection

Saat Anda  berkunjung ke suatu alamat website yang ternyata halaman website-nya tidak ada, maka Google Public DNS akan menampilkan hasil query sebagaimana kondisi sebenarnya.  Namun, bila menggunakan DNS dari ISP, terkadang ISP akan menampilkan halaman lain, ketika alamat website yang Anda cari tidak ditemukan.

4. Mencakup Geografis yang Luas

Google memiliki banyak data center yang tersebar di seluruh dunia, sehingga akan mengurangi latency di permintaan DNS.  

5. DNS melalui HTTPS

Google DNS menggunakan HTTPS atau koneksi yang aman karena telah dienkripsi. Dengan adanya HTTPS ini, dapat mencegah terjadinya penyadapan (spoofing) serta meningkatkan keamanan antara pengguna dengan Google Public DNS.  

3 Cara Menggunakan DNS Google

Banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan DNS Google. Cara menggunakannya pun ternyata sangat mudah. Untuk mengubah setting DNS koneksi internet Anda menggunakan DNS Google, silakan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 

1. Cara Menggunakan DNS Google di Windows

Berikut ini adalah langkah melakukan setting DNS Google bagi Anda pengguna Windows 10.  Bagi Anda pengguna Windows versi lama ataupun Windows 7, Anda tidak perlu khawatir. Anda juga bisa menggunakan DNS Google dengan mengikuti panduan kami tentang cara menggunakan DNS Google di Windows 7.

a. Klik ikon Pengaturan Jaringan atau ikon Wifi di komputer Anda. Selanjutnya klik menu Open Network & Internet Settings.

Cara Menggunakan DNS Google di Windows image 1

b. Pada bagian Advanced network settings, silakan pilih Change adapter options.

Cara Menggunakan DNS Google di Windows image 2

c. Klik kanan pada Network Connection, dan pilih Properties.

Cara Menggunakan DNS Google di Windows image 3

d. Selanjutnya pilih Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4) lalu pilih Properties.

Setting IPv4 pada os windows

e. Isikan IP berikut pada kolom Use the following DNS server addresses.

Setting IPv4 di Windows

f. Terakhir, lakukan Clear Cache DNS supaya informasi DNS yang dihasilkan adalah informasi DNS terbaru, dan bukan hasil cache yang sudah lama.

Untuk melakukan clear cache DNS di Windows, silakan Anda buka cmd atau command prompt di Windows dengan cara tekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan cmd selanjutnya klik OK. Ketikkan perintah berikut ipconfig /flushdns.

cara flush dns

g. Sekarang jaringan internet Anda sudah menggunakan DNS Google.

2. Cara Menggunakan DNS Google di Linux

Penambahan DNS Google di Linux konsepnya sama seperti yang dilakukan di Windows seperti yang kami tuliskan sebelumnya. Silakan buka terminal Linux Anda. Selanjutnya edit file etc/resolv.conf. Lalu tambahkan baris perintah:

nameserver 8.8.8.8

Berikut ini contoh cara setting-nya.

Cara Menggunakan DNS Google di Linux

Simpan perubahan tersebut dan jaringan internet Anda pun sudah menggunakan DNS Google. 

3. Cara Menggunakan DNS Google Android

Bagi pengguna Android, untuk merubah setting DNS menjadi DNS Google langkahnya adalah sebagai berikut;

  1. Klik menu Setting
  2. Kemudian klik menu Wi-Fi atau koneksi internet yang Anda gunakan
  3. Pada IP Settings ubah DHCP menjadi Static
  4. Terakhir, pada kolom DNS, silakan Anda isikan dengan ip berikut.
    8.8.8.8
  5. Simpan perubahan tersebut, dan Anda punsudah menggunakan DNS Google di perangkat Android

Kesimpulan

DNS Google atau yang disebut dengan Google Public DNS, merupakan salah satu DNS tercepat yang dapat Anda gunakan dalam aktivitas internet Anda. Selain memiliki keamanan serta ditopang infrastruktur yang canggih, DNS Google bisa Anda gunakan secara gratis. 

Anda bisa melakukan setting DNS Google di perangkat yang Anda gunakan untuk menikmati browsing secara aman, nyaman, dan menyenangkan. Demikian pembahasan kami mengenai DNS Google dan cara menggunakannya di komputer. Apabila Anda memiliki masukan atau ada pertanyaan terkait DNS, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar, atau bisa menghubungi kami via chat di halaman website Rumahweb Indonesia.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Anggit Puguh