Rumahweb Blog
banner blog - Cara Membuat CV di Canva, Biar Dilirik HRD

Cara Membuat CV di Canva, Biar Dilirik HRD

Apakah Anda siap memasuki dunia kerja? Sudah memiliki CV yang akan menjadi kunci untuk dipanggil interview? Jika belum, maka artikel inilah jawabannya! Pada artikel kali ini, kami akan mengulas cara membuat CV di Canva, yang tentunya mudah diikuti.

Apa itu CV?

CV bukanlah hal yang asing di dunia kerja. Merupakan singkatan dari Curriculum Vitae, CV atau riwayat hidup ini adalah dokumen yang memberikan informasi terkait kualifikasi seorang pencari kerja. 

Informasi yang tertera di dalam CV mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, skill atau keterampilan, prestasi, pengalaman profesional, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, CV harus memuat informasi yang bisa menggambarkan diri secara profesional, termasuk latar belakang akademik.

Pada artikel cara membuat CV di Canva ini kami akan membantu Anda menciptakan sebuah CV yang menarik supaya dilirik oleh HRD.

Poin dalam CV yang Wajib Ada

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa poin penting yang wajib ada di CV Anda. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Data Pribadi

Poin ini mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon, serta alamat email.

2. Riwayat Pendidikan

Anda tidak perlu mengurutkan riwayat pendidikan dari TK. Cukup cantumkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi, gelar, dan jurusan yang Anda ambil.

Selain itu, apabila Anda pernah menempuh pendidikan di sekolah menengah kejuruan, atau jenjang pendidikan lain yang sekiranya bersinggungan atau berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar, Anda juga boleh mencantumkan riwayat pendidikannya.

3. Pengalaman Kerja

Poin satu ini tidak boleh dilewatkan. Pengalaman profesional akan menjadi salah satu acuan apakah Anda akan lanjut ke tahap rekrutmen selanjutnya atau tidak.

Urutkan pengalaman kerja Anda dari yang terbaru. Jangan lupa tuliskan jabatan atau posisi Anda, durasi bekerja, job description, dan nama perusahaan secara lengkap dan jelas.

Selain pengalaman kerja profesional, Anda juga dapat menambahkan pengalaman magang, organisasi, maupun sukarelawan pada poin ini. 

4. Skill atau keterampilan

Cantumkan daftar keterampilan yang Anda kuasai, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Anda juga bisa menambahkan keterampilan umum dalam melaksanakan pekerjaan.

Selain keempat poin di atas, ada beberapa poin lain yang dapat Anda tambahkan pada CV, yakni prestasi, riwayat kursus, dan workshop yang pernah Anda ikuti untuk menunjang kemampuan di dunia kerja. Meski tidak wajib ada, beberapa poin tersebut dapat semakin meyakinkan HRD untuk memilih Anda.

Setelah mencatat semua poin di atas, selanjutnya simak cara membuat CV di Canva untuk menghasilkan CV yang unik dan menarik berikut ini.

Cara Membuat CV di Canva

Canva adalah aplikasi atau platform untuk membuat konten visual sesuai dengan kebutuhan penggunanya secara gratis. Anda dapat membuat konten untuk media sosial, promosi, presentasi, bahkan CV sekalipun.

Agar CV terlihat rapi dan menarik, berikut cara membuat CV di Canva yang bisa Anda ikuti:

  1. Buka www.canva.com atau aplikasi yang sudah terinstall di desktop maupun handphone.
  2. Masuk atau buat akun terlebih dahulu untuk mempermudah proses penyimpanan CV nantinya.
  3. Pada halaman utama, klik Create a design > Resume.
Cara Membuat CV di Canva - image 1
  1. Anda dialihkan ke halaman berikut. Pilih template yang sudah ada untuk mempermudah pembuatan CV.

Nantinya, untuk mengedit template ini, cukup klik bagian teks yang ada lalu ubah sesuai dengan data Anda. Bagian foto profil pun dapat Anda ganti dengan foto sendiri.

Cara Membuat CV di Canva - image 2
  1. Jika ingin menciptakan desain sendiri, klik tab Elements di bagian kiri. Pilih background untuk mempercantik CV. Anda juga bisa memasukkan elemen lain seperti garis pembatas, agar CV terlihat rapi, dan juga foto profil.
Cara Membuat CV di Canva - image 3
  1. Terkait isi CV, klik tab Text di kolom sebelah kiri. Pilih bagian Heading untuk menuliskan nama, Subheading untuk menuliskan pekerjaan dan poin CV, serta Body Text untuk penjelasan lebih rinci.

Anda juga dapat menyesuaikan ukuran, warna, dan juga jenis font tulisan melalui tab di atas kanvas.

menyesuaikan ukuran, warna, dan juga jenis font
  1. Jika CV sudah lengkap, Anda dapat mengklik ikon Download lalu pilih format file yang diinginkan, misalnya dalam bentuk PDF, kemudian tekan tombol Download.
download cv

Berikut tadi langkah-langkah atau cara membuat CV di Canva. Kemudahan yang diberikan aplikasi ini memang sangat membantu para pemula untuk menciptakan sebuah CV yang unik dan menarik. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing