Rumahweb Blog
banner blog - Apa itu Canva adalah dan Cara Menggunakannya

Apa itu Canva? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Di era media sosial seperti saat ini, konten menjadi satu hal yang tak dapat diabaikan, terutama yang berkaitan dengan visual. Canva adalah salah satu situs yang mampu membantu anda untuk menciptakan konten visual sesuai yang diinginkan.

Salah satu platform yang terkenal dengan konten visualnya adalah Instagram. Para penggunanya tentu berlomba-lomba mengunggah konten visual terbaik sebagai representasi mereka di dunia maya.

Jangan khawatir, karena Canva adalah situs yang terbilang ramah bahkan untuk pemula. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut, berikut kami ulas apa itu Canva, cara mendownload, serta cara menggunakannya.

Apa itu Canva?

Canva adalah sebuah situs sekaligus aplikasi yang menyediakan tools untuk membuat desain grafis dan publikasi online. Diluncurkan pada tahun 2013, Canva kini menjadi salah satu aplikasi yang digemari karena terbilang mudah digunakan, bahkan untuk pemula.

Anda dapat mengakses Canva melalui website, aplikasi PC, maupun handphone. Hal ini tentu semakin memudahkan anda berkreasi di manapun dan kapanpun. Dikenal karena kemudahan akses dan penggunaannya, tak heran jika Canva menjadi andalan bagi mereka yang ingin menciptakan konten visual tanpa perlu ahli di bidangnya.

Tidak hanya mudah digunakan, Canva juga menyediakan ribuan template yang bisa digunakan oleh pemula dengan sangat mudah. Aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis, namun ada pula versi berbayar dengan tambahan tools dan template yang lebih lengkap. 

Cara Download Canva

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Canva adalah aplikasi yang bisa diakses melalui aplikasi PC dan handphone. Untuk itu, kami akan mengulas bagaimana cara download Canva untuk handphone dan juga PC.

Cara Mendownload Canva untuk Handphone

  1. Buka aplikasi App Store (bagi pengguna iPhone) atau Google Play Store (bagi pengguna Android).
  2. Tulis “Canva” di pencarian. 
Cara Mendownload Canva untuk Handphone image 1
  1. Download aplikasi Canva.
Cara Mendownload Canva untuk Handphone image 2
  1. Setelah terinstall, buka aplikasi Canva.
  2. Sign up atau buat akun Canva Anda terlebih dahulu.
Cara Mendownload Canva untuk Handphone image 3
  1. Canva sudah siap digunakan, anda bebas memilih template gratis yang ada termasuk peruntukannya, atau Anda juga dapat mendesain sendiri konten visual yang diinginkan.

Cara Mendownload Canva untuk PC

  1. Buka situs www.canva.com
  2. Pilih opsi Features, kemudian klik download.
Cara Mendownload Canva untuk PC image 1
  1. Pilih sesuai OS yang Anda gunakan (download untuk Windows atau Mac). 
Cara Mendownload Canva untuk PC image 2
  1. Klik Start Download.
Cara Mendownload Canva untuk PC image 3
  1. Install file .exe yang sudah didownload sebelumnya.
  2. Sign up atau buat akun Canva Anda, dan Canva sudah siap digunakan!

Cara Menggunakan Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis yang ramah untuk siapapun. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika belum mengerti cara menggunakannya sama sekali.

Membuat konten visual menggunakan Canva dapat dikatakan sangat mudah, karena sudah banyak template yang disediakan. Berikut panduan menggunakan Canva yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Buat Akun Canva

Jika Anda sudah berhasil menginstall aplikasi ini pada PC ataupun handphone, selanjutnya Anda perlu membuat akun agar dapat menggunakan tools yang ada. 

Anda bisa melakukan pendaftaran atau sign-up melalui akun Gmail atau Facebook. Cara lainnya, Anda juga dapat melakukan registrasi dengan mengisi data pribadi.

Cara Menggunakan Canva adalah Buat Akun Canva

2. Membuat Desain Pertama dengan Template yang Sudah Ada

Salah satu hal yang diandalkan dari Canva adalah adanya pilihan template yang dapat dipilih dan dicocokkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mulai membuat desain pertama, klik tombol Create A Design lalu pilih jenis konten yang ingin Anda buat.

Cara Menggunakan Canva adalah Membuat Desain Pertama dengan Template yang Sudah Ada

Bagi pemula, Anda juga dapat memilih template yang sudah ada. Dengan menggunakan template, Anda tidak perlu pusing mengatur foto, background, hingga komposisi desain.

Cukup pilih satu dari berbagai template gratis yang sudah disediakan, kemudian sesuaikan isinya saja. Anda dapat langsung klik bagian tulisan, foto, maupun elemen lain yang akan diganti, lalu mengisinya sesuai dengan keinginan anda.

Canva sudah menyediakan berbagai template sesuai dengan jenis konten visual yang umumnya sering digunakan, mulai dari template presentasi, resume, poster, Instagram post, logo, sertifikat, twibbon, dan masih banyak lagi.

Anda juga dapat menyimak langkah-langkah penggunaan berbagai jenis template ini melalui artikel berikut:

3. Membuat Konten dengan Desain Sendiri

Jika Anda termasuk orang yang suka bereksperimen dengan karya sendiri, Canva adalah salah satu aplikasi yang juga bisa diandalkan. Anda dapat menciptakan desain apa saja, tanpa mengikuti template yang sudah ada. 

Pertama, klik tombol Create A Design, lalu pilih jenis konten yang ingin dibuat, misalnya membuat resume. Anda akan diarahkan ke halaman dengan page kosong yang disediakan untuk dapat didesain.

Membuat Konten dengan Desain Sendiri image 1

Selanjutnya, Anda dapat memilih background dengan foto, gambar, atau elemen lain yang disediakan Canva dengan mengklik tombol Elements. Cara lainnya, Anda juga dapat mengunggah foto milik sendiri dengan mengklik tombol Uploads

Membuat Konten dengan Desain Sendiri image 2

Jika sudah puas dengan background yang dipilih, berikutnya Anda dapat mengisi desain dengan berbagai tulisan melalui tombol Text. Anda bisa menambahkan judul, sub judul, hingga teks paragraf.

Membuat Konten dengan Desain Sendiri image 3

Pada tahap ini, Anda dapat berkreasi dengan bebas, mulai dari mengubah letak dan ukuran tulisan hingga mengganti tulisan dengan berbagai pilihan font menarik dapat dilakukan dengan mudah.

4. Simpan Desain yang Telah Dibuat dan Download

Jika Anda sudah puas dengan hasil desain konten visual yang dibuat, selanjutnya Anda dapat langsung mendownload konten ini dengan mengklik ikon download di bagian kanan atas halaman.

Simpan Desain yang Telah Dibuat dan Download

Terdapat berbagai pilihan format yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat menyimpan konten visual yang baru saja dibuat dalam bentuk JPG, PNG, PDF, bahkan mp4.

Berikut tadi ulasan mengenai apa itu canva, cara mendownload, dan cara menggunakannya.

Kini, Anda tidak perlu memiliki keahlian desain grafis, atau mencari desainer dengan harga mahal. Cukup menggunakan Canva, dan Anda dapat memiliki konten visual yang tidak kalah menarik!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.6 / 5. Vote count: 18

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing