Rumahweb Blog
banner artikel - Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Dilirik HRD

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Dilirik HRD

Surat lamaran kerja menjadi salah satu dokumen penting yang perlu disiapkan saat ingin melamar pekerjaan. Meski sudah serba digital, namun masih ada sejumlah perusahaan yang menerima lamaran kerja tulis tangan.

Salah satu alasan utama surat lamaran kerja tulis tangan masih diterima bisa jadi karena teknologi yang belum merata, sehingga belum semua orang memiliki akses ke teknologi digital.

Baik tulis tangan maupun diketik, surat lamaran pekerjaan harus ditulis dengan baik supaya perusahaan yang Anda tuju tertarik untuk menerima Anda. Umumnya, surat ini berisi informasi mengenai data diri hingga alasan Anda melamar pekerjaan tersebut.

Pada artikel ini, Rumahweb akan memberikan berbagai contoh lamaran kerja tulis tangan yang bisa menjadi referensi Anda. Simak, ya!

Tips Membuat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Sebelum membuat lamaran kerja, ada baiknya Anda mempersiapkan sejumlah hal agar hasilnya menjadi maksimal. Apa saja tips membuat lamaran kerja tulis tangan?

1. Gunakan Bahasa Indonesia Sesuai EYD

Saat membuat lamaran kerja tulis tangan, perhatikan tata bahasa yang Anda gunakan. Pastikan Anda memakai kata-kata baku agar terlihat profesional. Hindari penggunaan kata-kata nyeleneh atau bahasa gaul karena hanya akan membuat Anda terlihat tidak serius.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Selain itu, pastikan Anda menggunakan kaidah penulisan yang baku, misalnya menggunakan huruf kapital untuk awal kalimat, dan masih banyak lagi. Anda dapat menggunakan buku EYD (Ejaan yang Disempurnakan) Edisi V sebagai acuan dalam memilih bahasa baku serta cara penulisan yang baik dan benar.

2. Gunakan Kalimat Padat dan Jelas

Selain tata bahasa dan kaidah penulisan, pastikan juga Anda menyampaikan informasi dalam surat lamaran kerja dengan jelas dan padat. Hindari penggunaan kata yang tidak perlu dan terkesan bertele-tele. 

3. Cantumkan Biodata Diri dan CV

Hal lain yang perlu disertakan dalam surat lamaran kerja tulis tangan adalah data diri. Data diri ini setidaknya meliputi nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau HP, serta e-mail.

Selain surat lamaran kerja, biasanya perusahaan juga meminta Anda mencantumkan CV atau curriculum vitae. Jadi, pastikan juga Anda sudah memiliki dokumen CV sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan.

Baca juga artikel : Cara Membuat CV di Canva, Biar Dilirik HRD

4. Sertakan Alasan Melamar Posisi dan Perusahaan Tersebut

Alasan mengapa Anda melamar pada posisi dan perusahaan tersebut juga penting dimasukkan ke dalam surat lamaran. Poin ini dapat menjadi kesempatan Anda untuk menyampaikan kepada perusahaan bahwa Anda layak berada di posisi tersebut. 

5. Hindari Menggunakan Correction Pen/Tipe-x

Meski tampak sepele, namun sebisa mungkin hindari penggunaan correction pen atau tipe-x saat membuat lamaran kerja tulis tangan. Selain membuat surat tampak kotor, penggunaan tipe-x yang terlalu banyak juga akan membuat Anda tampak ceroboh. Jika ada kesalahan penulisan, ada baiknya mengganti dengan kertas yang baru.

6. Cantumkan Materai, Tanda Tangan, dan Nama Terang

Pada bagian bawah surat lamaran pekerjaan tulis tangan, jangan lupa untuk menyertakan materai dan membubuhkan tanda tangan di atas materai tersebut. Tambahkan juga nama terang/nama lengkap tepat di bawah tanda tangan supaya lebih jelas.

7. Lampirkan Sertifikat (Jika Ada)

Apabila Anda memiliki sertifikat pendukung atau penghargaan lain yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar, ada baiknya untuk turut menyertakan sertifikat tersebut bersama surat lamaran dan CV untuk memberikan poin plus bagi lamaran Anda di mata perekrut.

Contoh Lamaran Kerja Tulis Tangan

Setelah mengetahui berbagai tips membuat lamaran pekerjaan tulis tangan, di bawah ini terdapat beberapa contoh lamaran pekerjaan tulis tangan yang bisa Anda gunakan. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Berikut contohnya:

Contoh 1

Contoh 1 - Lamaran Kerja Tulis Tangan
Sumber: goodchoice.id

Contoh 2

Contoh 2 - Lamaran Kerja Tulis Tangan
Sumber: lowongankerja19.com

Contoh 3

Contoh 3 - Lamaran Kerja Tulis Tangan
Sumber: i1.wp.com

Contoh 4

Contoh 4 - Lamaran Kerja Tulis Tangan
Sumber: zonanulis.com

Contoh 5

Contoh 5 - Lamaran Kerja Tulis Tangan
Sumber: contohsurat.my.id

Contoh 6

Contoh 6 - Lamaran Kerja Tulis Tangan
Sumber: helpshared.com

Contoh 7

Contoh 7 - Lamaran Kerja Tulis Tangan
Sumber: penaungu.com

Contoh 8

Contoh 8
Sumber: pinterest.com

Contoh 9

Contoh 9
Sumber: jobskarir.id

Contoh 10

Contoh 10
Sumber: contohsuratin.com

Itulah beberapa tips dan contoh surat lamaran pekerjaan tulis tangan. Hal lain yang perlu Anda ingat adalah usahakan supaya menuliskan surat lamaran dengan rapi.

Tulisan yang rapi tentu akan lebih mudah dibaca sehingga perekrut juga dapat lebih fokus dalam menyeleksi surat lamaran Anda. Semoga ulasan Rumahweb Indonesia ini dapat membantu, ya. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb