Rumahweb Blog

Bagaimana Cara Kerja Search Engine?

Beberapa pengguna internet mungkin ada yang penasaran, “Bagaimana ya cara kerja mesin penelusuran?”  Pada artikel ini Rumahweb tidak akan menjelaskan tentang bagaimana algoritma Google bekerja, namun kami akan memberikan informasi tentang cara kerja mesin penelusuran/ search engine pada umumnya. Berikut adalah beberapa hal utama yang harus Anda ketahui.

 

Tujuan Dari Search Engine

Tujuan utama mesin penelusuran adalah memberikan hasil sebaik dan serelevan mungkin dengan apa yang dicari oleh penelusur. Dengan memberikan informasi yang dibutuhkan, mesin penelusuran memastikan pengunjung akan mendapatkan informasi seperti yang mereka cari.

Setelah itu ada juga tujuan lain dari search engine yaitu menghasilkan uang dari iklan. Pebisnis bersedia membayar untuk beriklan di mesin penelusuran karena mereka tahu banyak orang menggunakannya setiap hari.

 

Indeks Search Engine

Agar mesin penelusuran dapat mengidentifikasi halaman web yang tepat untuk setiap kemungkinan pencarian, ia harus memiliki catatan semua halaman web yang masih online. Untuk melakukan itu, mesin penelusuran membuat indeks-indeks halaman web. Indeks ini mengidentifikasi dan mengatur setiap website dan halaman web dengan cara menarik korelasi antara kata kunci yang dicari orang dan konten yang disertakan di setiap halaman.

Selain itu, search engine harus dapat menetapkan referensi ke halaman web berbeda yang berisi topik yang sama. Jika dijelaskan akan sangat rumit karena semua ini adalah cara kerja mesin.

 

Website Crawler

Tantangan dalam membuat indeks mesin penelusuran adalah cara untuk mengidentifikasi semua halaman web yang ada. Bagian ini dikerjakan oleh website crawler. Setiap kali website crawler menemukan halaman baru, ia terlebih dahulu menelusuri halaman tersebut. Selanjutnya mengumpulkan semua informasi relevan yang diperlukan untuk indeks mesin penelusuran.

Pemilik website dapat mempercepat proses crawling mesin penelusuran dengan mengirimkan peta situs  (sitemaps) dan menggunakan tautan internal.

 

Faktor Penentu Peringkat

Ada banyak faktor untuk menentukan peringkat website atau halaman mana yang layak mendapat peringkat atas hasil mesin pencarian. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  • Tautan (links)
    Tautan adalah faktor yang paling penting, terutama tautan eksternal (yang berasal dari satu website ke website lain) karena tautan website lain ke website Anda akan memberi sinyal kepada Google bahwa ada sesuatu yang otoritatif atau berharga pada laman yang ditautkan. Jika ada sebuah halaman web yang banyak terhubung dengan website lain, tautan itu akan meningkatkan otoritas halaman tersebut.
  • Usia Website
    Website yang telah dibuat lama umumnya dianggap lebih terpercaya dan otoritatif daripada website baru.
  • Kata kunci
    Cara kerja mesin penelusuran adalah dengan mencari istilah di laman yang terkait dengan kueri penelusur. Semakin banyak Anda menggunakan kata kunci yang terkait, semakin banyak memberi sinyal ke mesin penelusuran bahwa konten Anda relevan.
  • Ramah Seluler
    Google menggunakan fitur konten yang ramah seluler sebagai faktor peringkat. Jika website Anda terlihat keren di desktop, tetapi tidak optimal di seluler, maka peringkat Anda bisa menurun karena hal ini.
  • Kecepatan Halaman
    Laman yang dimuat lambat akan diberi peringkat lebih rendah oleh Google.
  • Behavior Data
    Google melacak apa yang dilakukan orang setelah mereka masuk ke halaman hasil mesin penelusuran. Jika seseorang mengklik sebuah halaman dan segera backtracks, artinya halaman tersebut tidak menyediakan apa yang mereka cari. Namun jika pengunjung menghabiskan waktu di laman atau bahkan mengklik ke halaman yang berbeda di situs yang sama, maka Google akan menambah peringkat di situs tersebut.

Google dan mesin pencari lainnya telah memberikan beberapa informasi tentang faktor peringkat yang mereka gunakan, tetapi mereka umumnya tetap merahasiakan cara algoritma mesin pencari mereka bekerja, dengan alasan keamanan dan menghindari peretas yang bisa memanipulasi hasil.

Demikian artikel dari Rumahweb tentang Bagaimana Cara Kerja Search Engine. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda memiliki gambaran cara kerja sistem pencari.

Berikan Komentar

RumahWeb