Rumahweb Blog
banner - Arti Virtual adalah

Apa Arti Virtual Sesuai dengan KBBI dan Contoh Penerapannya

Istilah virtual tentu sudah tidak asing lagi. Kata ini menjadi marak digunakan karena kini banyak kegiatan dialihkan dalam bentuk virtual. Singkatnya, arti kata virtual adalah teknologi yang memudahkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas secara daring.

Virtual adalah bukti manusia tetap bisa terkoneksi satu sama lain, mulai dari teman, keluarga, ataupun klien, selama ada internet yang bisa dijangkau. Lalu apa sebenarnya arti virtual dan bagaimana penerapan yang sesuai? Berikut penjelasan lengkapnya dari Rumahweb Indonesia!

Arti Virtual

Menurut KBBI, arti virtual adalah tampil atau hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer. Dalam kesehariannya, Anda dapat menjumpai penerapan kata virtual dalam berbagai hal, mulai dari belajar, berkomunikasi, liburan, sampai hiburan yang bisa Anda coba.

Sederhananya, virtual adalah hal yang bersifat maya dan hanya bisa dilakukan apabila terkoneksi dengan internet. Anda bisa “bertemu” dengan teman dari kota bahkan negara lain, hanya dengan berbekal gawai, seperti handphone, laptop, atau perangkat lainnya.

Semakin maraknya kegiatan yang bisa dilakukan secara virtual ini pada akhirnya berhasil membentuk ekosistem baru. Ekosistem ini membuat manusia saling terhubung dengan mudah, meski berada di lokasi dan waktu yang berbeda.

Sebagai contoh pasti Anda sudah sering mendengar istilah “virtual concert” atau “virtual meeting”. Kedua istilah ini adalah contoh kecil dari kegiatan yang bisa dilakukan secara daring.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

BACA JUGA : 6 Ide Virtual Event yang Menarik untuk Dicoba

Contoh Penerapan Kata Virtual

Virtual adalah bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan banyak metode. Berikut ini beberapa contoh penerapan kata virtual sesuai KBBI yang telah kami rangkum:

1. Virtual Meeting

Bagi Anda yang bekerja dari rumah, alias work from home (WFH), kegiatan satu ini pasti sudah sering dilakukan. Meeting secara virtual adalah pertemuan atau ajang diskusi yang dilakukan secara daring.

Anda bisa melakukan virtual meeting menggunakan berbagai aplikasi, seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Team. Virtual meeting biasanya menawarkan berbagai fitur canggih untuk membuat diskusi semakin jelas, layaknya bertemu langsung.

Jika Anda suka melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, atau biasa disebut multitasking, meeting secara virtual adalah solusi untuk mengatur waktu Anda dengan lebih efektif.

BACA JUGA : Video Conference Gratis Dengan Google Meet

2. Virtual Vacation

Pernahkah Anda mencoba virtual vacation? Kegiatan satu ini akan mengajak audiens untuk mengunjungi suatu tempat melalui tampilan video eksklusif dari pengelola wisata yang dituju.

Anda bisa melakukan virtual vacation atau liburan virtual dari berbagai tempat di belahan dunia lain. Salah satu tempat yang sempat ramai menjadi tujuan liburan virtual adalah Taj Mahal di India dan \ Museum Louvre di Paris.

Seperti liburan biasa, Anda juga harus membeli tiket untuk mengikuti virtual vacation. Selain itu, dianjurkan untuk menggunakan perangkat yang mendukung teknologi VR (Virtual Reality) agar pengalaman liburan semakin seru.

Liburan virtual adalah cara baru bagi Anda yang memiliki hobi travelling namun belum bisa menikmatinya secara langsung.

3. Virtual Reality 

Virtual Reality adalah teknologi yang membuat pengguna bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan yang ada di dunia maya. Teknologi ini biasa ditemukan pada alat simulator pilot ataupun dalam game online, seperti Fortnite. 

Contoh lain dari teknologi virtual adalah metaverse, yang dicetuskan oleh Mark Zuckerberg. Di dalam metaverse, Anda akan dimanjakan dengan berbagai fitur canggih. Anda bisa bermain game, berinteraksi, sampai memiliki lahan.

4. Virtual Event

Virtual event adalah bentuk acara yang diadakan secara online. Dengan virtual event, Anda bisa mendatangi berbagai acara yang diselenggarakan dari belahan dunia mana pun!

Salah satu acara yang sering dilakukan dengan format virtual adalah webinar dengan menggunakan platform Zoom atau Google Meet.

Selain seminar online, ada juga virtual concert, yang sempat menjadi tren pada tahun 2021. Banyaknya musisi yang membatalkan konser akibat pandemi, membuat mereka menjajal teknologi konser virtual.

BACA JUGA : Cara Mengganti Background Zoom di HP Paling Mudah

Jenis virtual event lain yang bisa Anda coba adalah pameran karya seni, dengan bantuan teknologi VR yang membuatnya sangat nyata dan mirip seperti pemeran asli.

5. Virtual Office

Salah satu konsep virtual yang sedang trend masa kini adalah Virtual office. Virtual office adalah konsep yang memungkinkan perusahaan atau organisasi memiliki alamat kantor tanpa membutuhkan ruang fisik yang nyata.

Biasanya, Virtual office menyediakan alamat, nomor telepon, administratif hingga resepsionis secara virtual.

6. Virtual Account

Virtual account adalah suatu metode pembayaran yang menggunakan akun atau rekening virtual dengan kombinasi angka unik saat melakukan transaksi. Dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya, penggunaan virtual account dianggap lebih mudah dan cepat.

Selengkapnya tentang virtual account bisa Anda baca pada artikel Apa Itu Virtual Account? Pengertian dan Cara Bayarnya

7. Virtual Assistant

Virtual assistant atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai asisten virtual adalah seorang asisten yang bekerja secara remote atau jarak jauh. VA membantu klien dalam berbagai tugas administratif, bisnis, dan personal.

Salah satu kelebihan virtual assistant adalah Anda dapat memilih asisten dengan keahlian dan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, virtual assistant dapat membantu Anda menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan efisien, sehingga Anda dapat fokus pada hal yang lebih penting.

Itulah penjelasan kata virtual dari Rumahweb Indonesia. Virtual adalah sebuah istilah yang cukup luas dan dapat digunakan di berbagai kegiatan. Dari semua kegiatan virtual di atas, kegiatan mana yang paling sering Anda lakukan?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb