Rumahweb Blog
banner blog - 5 Aplikasi Matematika Gratis yang Bisa Anda Gunakan

5 Aplikasi Matematika Gratis yang Bisa Anda Gunakan

Dengan perkembangan teknologi, siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika kini hanya perlu menginstal aplikasi matematika, dan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang digunakan akan segera menampilkan jawaban yang tepat.

Sebagai salah satu mata pelajaran penting dan digunakan di hampir semua lini kehidupan, ironisnya matematika juga menjadi salah satu mata pelajaran yang biasanya tidak disukai oleh kebanyakan orang.

Hal ini karena banyak siswa sering mengalami kesulitan dalam memecahkan sebuah soal matematika yang mereka dapatkan. Dahulu siswa dapat mengikuti les tambahan untuk dapat memahami dan mengerjakan soal yang dirasa sulit.

Namun sekarang, siswa tidak perlu bersusah payah mengikuti les tambahan untuk dapat menyelesaikan soal matematika. Cukup akses website atau aplikasi matematika dengan menggunakan smartphone atau komputer, dan soal yang sulit akan dipecahkan dalam waktu singkat.

Aplikasi Matematika untuk Smartphone

Hampir semua siswa saat ini memiliki smartphone. Tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi dan hiburan, ada berbagai aplikasi untuk matematika yang dapat membantu siswa dalam mengerjakan soal matematika.

Berikut kami rangkum 5 rekomendasi aplikasi matematika terbaik yang dapat digunakan:

1. Photomath

Photomath - Aplikasi Matematika untuk Smartphone

Aplikasi yang pertama adalah Photomath. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu repot-repot mengetikkan soal matematika di layar smartphone. Cukup memotret soal matematika yang sulit dipecahkan.

Photomath akan secara otomatis memindai, menganalisa, dan memberikan jawaban yang tepat, serta menjabarkan secara rinci langkah-langkah pengerjaan soal yang dipindainya.

Anda dapat menggunakan aplikasi matematika foto ini untuk menyelesaikan berbagai jenis soal matematika, misalnya bilangan bulat, aritmatika, desimal, ekspresi aljabar, grafik, dan masih banyak lagi.

2. Qanda

Qanda - Aplikasi Matematika untuk Smartphone

Aplikasi buatan salah satu perusahaan startup Mathpresso ini mengklaim sudah berhasil menyelesaikan 1 miliar soal matematika dan digunakan oleh lebih dari 50 negara di dunia.

Mathpresso menyatakan bahwa pengguna aplikasi ini di Indonesia telah mencapai 2,5 juta pengguna, atau setara dengan 10% jumlah siswa tingkat SD-SMA yang memiliki akses smartphone.

Popularitas Qanda sebagai aplikasi matematika terbaik memang sudah tidak diragukan lagi. Dengan mengandalkan teknologi AI (Artificial Intelligence), aplikasi ini dapat memproses dan menyelesaikan sebuah soal dalam waktu 5 detik saja.

3. Cymath

Cymath - Aplikasi Matematika untuk Smartphone

Tidak hanya dapat menyelesaikan soal-soal matematika dasar, aplikasi matematika ini dapat digunakan untuk menyelesaikan soal aljabar, kalkulus, bahkan dapat digunakan untuk pembuatan grafik.

Ada dua cara untuk menggunakan Cymath. Pertama, Anda dapat mengetikkan soal matematika langsung ke dalam aplikasi. Kedua, sama seperti kebanyakan aplikasi matematika lainnya, Anda dapat langsung memotret soal yang ingin dipecahkan.

Jika ingin menggunakan fitur foto, Anda harus memastikan bahwa soal dapat terlihat dan terbaca dengan jelas serta dipotret dalam kondisi ruangan yang terang.

4. Socratic

Socratic - Aplikasi Matematika untuk Smartphone

Dengan menggunakan Socratic, Anda cukup memotret soal yang ingin dipecahkan, dan apps ini akan memberikan penjelasan, tutorial, dan instruksi penyelesaian soal matematika dengan lengkap dan terperinci.

Menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence), aplikasi ini dapat memprediksi secara akurat konsep matematika yang sesuai untuk menyelesaikan soal yang diajukan. 

5. FX Calculus Problem Solver

FX Calculus Problem Solver - Aplikasi Matematika untuk Smartphone

Kalkulus adalah salah satu konsep matematika yang dinilai cukup sulit untuk dipahami bagi sebagian besar orang. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi karena kini ada aplikasi matematika yang secara khusus membahas mengenai kalkulus.

Cara kerjanya sama seperti kebanyakan aplikasi matematika lainnya, Anda cukup memasukkan soal yang ingin diselesaikan, dan aplikasi ini akan segera menampilkan jawabannya.

Baca juga artikel Aplikasi Zoom: Download, Install dan Cara Menggunakannya

Website untuk Membantu Mengerjakan Soal Matematika Online

Selain berbagai aplikasi matematika yang dapat diinstal dan digunakan pada smartphone, tersedia pula berbagai website yang dapat membantu pelajar dalam mengerjakan soal matematika secara online.

Berikut 5 website yang dapat membantu dalam mengerjakan soal matematika:

1. Wolfram|Alpha

Wolfram Alpha - Website untuk Membantu Mengerjakan Soal Matematika Online

Website ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diinput berdasarkan hasil analisis data di internet. Wolfram|Alpha tidak hanya dapat digunakan untuk menyelesaikan soal matematika saja, namun juga dapat digunakan untuk berbagai mata pelajaran lainnya.

Cara menggunakan website ini sama seperti ketika Anda menggunakan Google. Cukup ketikkan soal matematika pada kolom yang disediakan, dan website akan menampilkan hasil pencarian berupa rumus, cara pengerjaan, serta hasilnya.

2. Mathcelebrity

Mathcelebrity - Website untuk Membantu Mengerjakan Soal Matematika Online

Selain menyediakan hasil dan pembahasan dari suatu soal matematika, Mathcelebrity juga menyediakan fitur kuis yang berisi soal dengan tingkat kesulitan yang dapat ditentukan sendiri, sesuai dengan tingkatan kelas.

Anda dapat menggunakan website matematika ini secara gratis, namun untuk menggunakan berbagai fitur tambahan lainnya Anda harus membayar biaya berlangganan dengan harga mulai dari $9 per bulan.

3. Microsoft Math Solver

Microsoft Math Solver

Microsoft juga menyediakan website yang dapat digunakan untuk memecahkan persoalan matematika. Untuk memasukkan soal matematika, Anda dapat menggunakan virtual keyboard yang telah disediakan.

Website matematika ini dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai soal matematika, mulai dari pra-aljabar, aljabar, trigonometri, hingga kalkulus.

4. Mathway

Mathway

Sama seperti website matematika lainnya, Mathway dapat membantu Anda menyelesaikan berbagai soal matematika dengan berbagai metodologi dan perumusan secara terperinci.

Untuk menggunakannya Anda dapat memasukkan soal menggunakan virtual keyboard yang disediakan, atau dengan mengunggah foto melalui ikon kamera pada bagian kanan halaman.

5. Brainly

Brainly

Jika website dan aplikasi matematika lainnya menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence), maka website ini sedikit berbeda. Brainly adalah sebuah forum komunitas di mana penggunanya dapat mengirimkan pertanyaan dan dijawab oleh pengguna lainnya.

Jawaban yang dinilai paling tepat akan diberikan rating terbaik, sehingga pengguna lain dapat menemukan jawaban terbaik itu dengan lebih cepat.

Dengan berbagai rekomendasi tersebut Anda dapat mengerjakan, atau membantu mengerjakan soal matematika dengan cepat dan mudah. Tidak hanya dapat digunakan oleh para pelajar, website dan aplikasi matematika ini juga dapat bermanfaat bagi para orang tua yang kesulitan dalam mengajari anaknya.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda