Rumahweb Blog

Lima Hal Yang Wajib Ada di Website Toko Online

Saat ini orang lebih suka berbelanja online dari pada harus meluangkan waktu untuk datang di pasar atau toko. Dengan adanya toko online ini Anda tidak perlu repot berkunjung ke sana. Toko online yang baik adalah toko online yang memudahkan pengguna baik untuk sekedar melihat-lihat produk yang ada, atau ketika melakukan transaksi pembelian.

Berikut ini 5 hal yang wajib ada di toko online Anda bila Anda ingin berhasil dalam bisnis online.

 

1. Perbanyak Pilihan Saluran Pemesanan Online

Contohnya adalah Pizza Hut Delivery. Ketika Anda ingin memesan pizza, Pizza Hut Delivery telah menyediakan beberapa pilihan pemesanan online. Anda bisa memesan dari ponsel melalui website, aplikasi, atau dengan mengirim SMS atau tweeting, dan lainnya.

Untuk menjaring banyak pelanggan, Anda harus membuat saluran online pemesanan yang tersedia di seluruh perangkat desktop dan seluler. Artinya Anda harus terus mengoptimalkan website Anda sehingga responsif di semua perangkat. Pastikan juga ada tim yang menanggapi layanan pelanggan di tiap saluran tersebut.

 

2. Permudah Cara Pembuatan Akun Pelanggan/ Client Area

Website toko online biasanya mengharuskan pembeli membuat akun, sebelum melakukan transaksi. Buatlah proses ini sesingkat mungkin. Jangan biarkan calon pelanggan Anda menunggu lama konfirmasi email untuk mengaktifkan akun. Yang terpenting nama pengguna dan kata sandi, serta informasi tambahan seperti detail metode pembayaran dan alamat pengiriman.

 

3. Gunakan Beberapa Metode Pembayaran

Berdasarkan hasil penelitian, 56 persen pembeli yang disurvei mengatakan bahwa mereka cenderung berbelanja online di situs yang menyediakan banyak pilihan metode pembayaran.

Tawarkan berbagai opsi pembayaran dalam proses pemesanan online Anda, termasuk membayar dengan credit cards atau menggunakan kode promosi dan kupon.

 

4. Cantumkan Tanggal Pengiriman

Orang biasanya akan melakukan pembelian jika tanggal perkiraan pengiriman disertakan pada saat check out. Informasi ini sangat penting bagi sebagian besar pembeli, terlebih bagi mereka yang ongkos kirimnya mahal. Sertakan perkiraan tanggal pengiriman untuk semua pembelian di website Anda, Berikan opsi pilihan pengiriman, dengan pengiriman standar atau cepat.

 

5. Sisipkan Sedikit Iklan Setelah Checkout

Tampilkan beberapa jenis produk setelah halaman checkout. Cara ini bisa menjadi peluang menghasilkan penjualan tambahan.  Anda bisa menampilkan beberapa produk pilihan terlaris. Sering kali pembeli tertarik dengan produk iklan tambahan semacam ini. Apalagi Anda memasang promo pada produk yang ditampilkan tersebut, hal ini akan lebih menarik minat pembeli untuk berbelanja kembali..

Demikian artikel Rumahweb tentang 5 Hal Terpenting Yang Wajib Ada di Online Shop Anda. Untuk memulai membuat website, Anda bisa menggunakan domain dan hosting dari Rumahweb. Untuk promo domain dan hosting, bisa disimak langsung dihalaman website Rumahweb di menu Promo.

Berikan Komentar

RumahWeb