Rumahweb Blog
Banner Artikel - 8 Aplikasi Download Video YouTube Terbaik

8 Aplikasi Download Video YouTube Terbaik

Menonton video secara online di YouTube telah menjadi gaya hidup bagi hampir semua orang. Namun, bagi yang tidak memiliki akses ke Wi-Fi dan hanya mengandalkan paket data, tentu akan berpikir dua kali ketika ingin menonton video favorit berulang kali secara online, karena akan membuat paket data cepat habis. Oleh karena itu, keberadaan aplikasi download video YouTube sangatlah berguna bagi para penikmat konten video yang ingin bisa menonton video favoritnya kapan saja secara offline.

Sebelum membahas 8 rekomendasi aplikasi download video YouTube terbaik, mungkin banyak diantara Anda yang bertanya-tanya, legalkah mengunduh video dari YouTube?

Legalkah Download Video dari YouTube?

Perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi download video YouTube pihak ketiga untuk mengunduh video merupakan pelanggaran terhadap terms of service YouTube, yang menyatakan bahwa Anda hanya diperkenankan untuk melakukan streaming video langsung dari server YouTube. Men-download video juga berpotensi melanggar hak cipta, kecuali Anda adalah pemilik dari video tersebut, telah memegang izin dari pemilik hak cipta video, atau jika video yang diunduh termasuk domain publik.

BACA JUGA: Apa itu Aplikasi Vidmate dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Aplikasi Download Video yang Hanya untuk YouTube

1. TubeMate

Dengan menggunakan TubeMate, Anda kini bisa menyimpan video YouTube favorit langsung di ponsel dan menontonnya kapan saja. Dengan menggunakan aplikasi download video YouTube yang satu ini, Anda bisa memilih kualitas dan resolusi video yang diunduh. Aplikasi ini pun sangat mudah untuk digunakan, Anda hanya perlu mencari video YouTube yang hendak di-download melalui search bar, lalu ketuk ikon panah berwarna hijau di bagian bawah layar untuk men-download-nya.

TubeMate - Aplikasi Download Video Youtube saja

Salah satu keunggulan aplikasi download video YouTube ini adalah adanya opsi multiple download dan background download, yang memungkinkan Anda men-download beberapa video sekaligus dan bisa dibarengi dengan men-download file lain dari aplikasi yang berbeda.

Selain itu, Anda pun bisa memilih untuk mengkonversi video menjadi format MP3. Namun, jika Anda ingin men-download lagu-lagu favorit dalam format MP3, silakan coba 5 Aplikasi Download Lagu Gratis dari Berbagai Platform.

2. Dentex

Dentex merupakan aplikasi download video YouTube untuk Android yang memungkinkan Anda untuk men-download video hanya dalam waktu hitungan detik. Interface-nya terbagi dalam tiga bagian; bagian pertama digunakan untuk mencari video YouTube dan menampilkan hasil pencarian, bagian ke dua menampilkan pilihan kualitas dan format video, dan bagian ke tiga menampilkan daftar video-video yang sebelumnya pernah di-download.

Dentex - Aplikasi Download Video Youtube saja

Kelebihan dari aplikasi download video YouTube ini adalah Anda bisa mengubah format video, bahkan setelah Anda selesai men-download-nya. Namun, diperlukan adanya plugin tambahan untuk melakukan ini. Anda pun bisa mengekstrak file audio dari sebuah video, untuk kemudian dikonversi menjadi format MP3. Enaknya lagi, Anda juga bisa melakukan remote download melalui SSH. Hanya saja, proses download melalui aplikasi ini sering berhenti di tengah jalan, dan mengharuskan untuk mengulangi prosesnya dari awal.

3. InsTube Free Video Downloader

InsTube Free Video & Music Downloader memudahkan Anda dalam mengunduh video YouTube dengan kecepatan tinggi, dan sudah support untuk format MP3, MP4, 3P, dan M4A. Dengan aplikasi download video YouTube yang satu ini, memperoleh video dalam kualitas HD, full HD, maupun 4K bisa dilakukan hanya dengan beberapa ketukan jari. Selain itu, Anda pun bisa men-download video dari lebih dari 40 website selain YouTube untuk ditonton secara offline.

InsTube Free Video Downloader

Beberapa keuntungan memakai InsTube antara lain aplikasi ini memiliki inbuilt locker untuk melindungi video agar tetap privat. Secara umum, menavigasikan aplikasi ini juga sangat mudah berkat interface-nya yang rapi dan tidak membingungkan. Namun, di samping banyaknya keuntungan tersebut, aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Di antaranya, adalah banyaknya ads yang sering muncul di layar, yang “memaksa” Anda untuk menginstal update. Selain itu, Anda juga hanya akan melihat ikon clipboard identifier selama beberapa detik saja di layar.

4. WonTube

Dengan WonTube, Anda bisa memenuhi perangkat Android Anda dengan video-video  kesukaan. High conversion speed yang dimiliki aplikasi ini akan banyak menghemat waktu Anda, karena proses download yang berjalan cepat. Interface-nya juga sederhana, membuat aplikasi download video YouTube ini sangat user-friendly. Yang mengesankan, aplikasi ini memiliki fitur yang sangat unik, yaitu mampu menggabungkan dua atau lebih video menjadi satu, dan mengkonversikan hasilnya menjadi format apapun yang Anda kehendaki.

WonTube - Aplikasi Download Video Youtube saja

WonTube sudah support men-download video dalam lebih dari 20 format, antara lain AVI, WMV, MP4, MKV, FLLV, 3GP, dan MPG. Jika dibandingkan dengan aplikasi download video YouTube lainnya, WonTube relatif tetap bisa bekerja dengan baik meskipun koneksi internetnya buruk. Secara umum, aplikasi download video YouTube satu ini memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk mengunduh video secara nyaman. Namun, satu kelemahan yang dimiliki adalah, kendati mampu men-download beberapa video secara bersamaan, sekumpulan video yang di-download berbarengan tersebut hanya bisa dikonversikan dalam satu pilihan format saja.

5. NewPipe

NewPipe bekerja dengan cara menganalisa sendiri video YouTube untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk men-download video tersebut. Sehingga, aplikasi download video YouTube ini tetap bisa berfungsi di ponsel yang tidak memiliki Google Service terinstal di dalamnya. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk men-download baik audio maupun video dalam berbagai format dan resolusi. NewPipe juga secara rutin akan memberi update tentang channel YouTube favorit Anda.

NewPipe - Aplikasi Download Video Youtube saja

Aplikasi ini pun sangat ringan jika diinstal di smartphone Anda, dengan ukuran yang tidak melebihi 2 MB. NewPipe juga memiliki pop-up mode yang bisa disesuaikan letak dan ukurannya. Dengan menggunakan ini, Anda bisa menonton video sembari melakukan aktivitas lain di ponsel Anda. Dan yang terpenting, tidak ada ads sama sekali di aplikasi download video YouTube yang satu ini.  Namun, tidak ada opsi log in di NewPipe, sehingga Anda tidak bisa melihat history Anda.

Aplikasi Download Video YouTube yang Bisa Digunakan di Situs Video Lainnya

1. SnapTube

SnapTube merupakan aplikasi download video dan audio, di mana Anda bisa mendapatkan video dalam format MP4 dan audio dalam format MP3. Aplikasi ini didesain dengan sangat teratur, dan terbagi dalam beberapa section, yaitu popular videos, most viewed videos, dan daily recommendation. Aplikasi ini juga memberikan Anda opsi untuk men-download video dari situs media sosial populer, seperti Instagram dan Facebook.

SnapTube

Selain tidak memerlukan penginstalan plugin tambahan untuk dapat bekerja dengan baik, aplikasi ini juga nyaman digunakan karena bebas dari malware dan ads. Namun, aplikasi SnapTube dilarang penggunaannya di negara-negara seperti India dan Tiongkok.

2. Videoder

Videoder adalah aplikasi yang wajib Anda gunakan jika Anda ingin memperluas jangkauan download video Anda, mulai dari Facebook, Instagram, YouTube, hingga Hotstar, baik dalam format MP3 maupun MP4. Aplikasi download video ini hadir dengan fitur inbuilt untuk mengkonversi video ke format MP3. Anda bisa melakukan personalisasi pada aplikasi ini dengan menggunakan themes, cover art, dan tag editor untuk mengatur playlist Anda agar memiliki tampilan yang atraktif.

Videoder

Jika Anda menginginkan video dengan kualitas HD, Videoder mampu mengakomodir keinginan Anda ini, karena menyediakan video dengan kualitas 4K. Videoder juga memungkinkan Anda untuk melakukan multiple download hanya dengan sekali ketuk. Kecepatan download di aplikasi ini pun bisa diakselerasi semaksimal mungkin dengan memanfaatkan beberapa jaringan koneksi internet yang ada.

Namun, dengan banyaknya fitur yang ditawarkan, akan butuh waktu yang cukup lama untuk terbiasa menggunakan fungsionalitas di aplikasi ini. Pop-up beraudio juga terkadang akan muncul dan cukup mengganggu, menawarkan untuk menginstal plugin. Namun, kekurangan yang paling fundamental mungkin adalah keterbatasan aplikasi ini yang hanya support download file dalam format MP3 dan MP4.

3. KeepVid

KeepVid adalah aplikasi download video yang sangat praktis dan populer, mampu mengunduh video tak hanya dari YouTube, tapi juga 27 situs lainnya. Aplikasi ini hadir dengan interface yang user-friendly, dan memungkinkan Anda untuk men-download video dalam jumlah banyak, dari situs-situs video populer seperti Vimeo dan Dailymotion. Tak hanya itu, aplikasi download video ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan multiple download dalam waktu bersamaan, lengkap dengan pilihan kualitas videonya.

KeepVid

Keunggulan lain yang membuat Keepvid begitu populer, adalah bahwa aplikasi ini tidak menetapkan size limit untuk setiap video yang diunduh. Selain itu, KeepVid juga tidak menampilkan ads, dan sudah bisa men-download video dengan kualitas 4K. Satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini, adalah satu-satunya cara untuk men-download aplikasinya adalah langsung dari website resmi KeepVid.com.

Ada banyak situs yang bisa Anda gunakan untuk men-download video YouTube. Namun, cara itu kurang direkomendasikan karena banyak kekurangan yang secara umum dimiliki oleh software desktop. Pertama, software desktop cenderung lebih lambat yang disebabkan oleh keterbatasan remote server dan koneksi data.

Online video converter juga umumnya tidak memberikan banyak pilihan, baik dalam hal kualitas maupun format video. Mereka juga kebanyakan hanya memperbolehkan men-download satu video saja dalam satu waktu. Video 3D dan 360-degree juga tidak bisa diunduh, dan hanya sedikit yang bisa men-download format 4K. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk mencoba satu di antara delapan rekomendasi aplikasi download video YouTube di atas. Selamat mencoba!

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana