Rumahweb Blog
banner blog - Apa itu Aplikasi Vidmate dan Bagaimana Cara Downloadnya

Apa itu Aplikasi Vidmate dan Bagaimana Cara Downloadnya?

Baik TikTok maupun YouTube, tidak diragukan lagi jika pasar untuk platform dan aplikasi video streaming sangat lah besar. Apa yang dicari oleh pengguna awam dari aplikasi ini pada umumnya adalah hiburan. Dan untuk urusan itu, aplikasi semacam Vidmate memainkan peranan yang penting. Lalu pertanyaannya, apa itu Vidmate?

Vidmate merupakan aplikasi sederhana yang mulanya dibuat untuk perangkat mobile. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda akan semakin mudah menemukan berbagai konten yang akan menghibur Anda. Aplikasi ini tak hanya bisa dipakai untuk streaming video, tapi Anda juga bisa mengunduh gambar, aplikasi, musik, dan masih banyak lagi.

Simak artikel berikut ini untuk lebih memahami tentang apa itu Vidmate dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa Itu aplikasi Vidmate?

Sederhananya, Vidmate adalah client untuk men-download dan memutar video dan musik. Selain itu, Vidmate juga merupakan salah satu alternatif dari Google Play Store. Di aplikasi ini, Anda bisa menemukan berbagai aplikasi yang bahkan tidak tersedia di Google Play Store. Kendati demikian, aplikasi Vidmate utamanya tetap digunakan untuk men-download video dari YouTube dan platform media sosial lainnya.

Vidmate dikembangkan oleh UCWeb, yang masih jadi bagian dari grup Alibaba. Aplikasi ini memiliki lebih dari 600 juta pengguna dari lebih dari 100 negara. Anda bisa men-download dan menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Vidmate merupakan salah satu aplikasi paling serbaguna yang bisa Anda temukan. Yang dilakukan oleh aplikasi ini pada dasarnya adalah membuat semua sumber penyedia konten hiburan bisa diakses melalui satu pintu saja. Sehingga, Anda tidak perlu lagi men-download banyak aplikasi untuk mengakses konten yang berbeda-beda. Baik itu mengunduh video, lagu, maupun aplikasi, Vidmate bisa melakukannya untuk Anda. Aplikasi Vidmate juga memungkinkan Anda men-download lebih dari empat konten media dalam satu waktu.

Sayangnya, aplikasi Vidmate tidak tersedia di Google Play Store, tapi bisa Anda temukan link download-nya di sini.

Fitur pada aplikasi Vidmate

Untuk lebih memahami apa saja yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi Vidmate, berikut ini adalah fitur-fitur yang ada di dalamnya.

1. Support resolusi tinggi

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki aplikasi ini adalah bahwa Vidmate menawarkan Anda resolusi yang lebih tinggi. Dengan demikian, Anda jadi bisa mengunduh video dalam kualitas HD. Mengingat saat ini kebanyakan smartphone sudah memiliki layar HD, maka tentu saja pengguna enggan menonton video dengan kualitas gambar yang rendah.

Jika Anda tidak ingin men-download video dengan kualitas HD, Vidmate juga memberikan opsi kualitas yang Anda inginkan.

2. Kecepatan download yang lebih cepat

Aplikasi ini menawarkan Anda speed download yang relatif lebih cepat ketimbang aplikasi sejenis lainnya. Baik saat Anda men-download video langsung dari aplikasi Vidmate ataupun dari platform lain seperti YouTube, Facebook, maupun Vimeo, Anda akan tetap mendapatkan speed download yang mengesankan. Vidmate mengklaim bahwa mereka bisa menawarkan speed download yang 200% jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang tersedia di luar sana.

3. Menonton siaran langsung TV dengan kualitas HD

Fitur keren lainnya yang dimiliki aplikasi ini adalah Anda bisa menonton siaran langsung televisi dengan kualitas HD. Aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 200 channel TV dari berbagai kategori, seperti Movie, Music, Entertainment, Fashion, News, Sport, dan masih banyak lagi. Tidak seperti aplikasi lain yang akan meminta Anda untuk berlangganan sebelum bisa mengakses channel TV yang ada, di sini Anda bisa menonton secara gratis.

4. Resume proses download yang belum selesai

Mungkin merupakan fitur paling berguna dari Vidmate.Dengan bantuan aplikasi ini, Anda jadi bisa melanjutkan proses download yang belum selesai atau mungkin gagal. Jika Anda menghendaki men-download video dengan membaginya dalam beberapa bagian, maka fitur ini juga akan berguna untuk Anda.

Vidmate juga memungkinkan Anda untuk mem-pause proses download. Dalam kebanyakan kasus, Anda harus memulai dari awal proses download jika tidak diselesaikan dalam satu waktu. Dengan fitur ini, masalah itu bisa teratasi dan Anda tidak perlu membuang banyak waktu dengan mengulang dari awal.

5. Download musik dan aplikasi

Aplikasi ini juga akan membantu Anda dalam men-download musik. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, mengunduh lagu dari internet bisa sangat merepotkan. Aplikasi ini memudahkan Anda dalam mengunduh lagu dalam jumlah tak terbatas dengan cukup mudah. Cukup dengan mengetikkan judul lagu, dan Anda akan mendapatkan search result yang berhubungan dengan lagu yang dicari. Lalu, tinggal pilih opsi download.

Selain lagu, Anda pun bisa mengunduh aplikasi dari Vidmate. Karena regulasi Google yang ketat, ada banyak aplikasi yang tidak lolos dan tersedia di Google Play Store, namun bisa Anda temukan di Vidmate. Vidmate pun juga menyediakan hampir semua aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

6. User interface yang nyaman digunakan

Tidak semua orang itu tech savvy. Beberapa ada yang kerap merasa kesulitan tiap kali menggunakan sebuah aplikasi. Namun, siapapun dijamin akan bisa dengan mudah menavigasikan  diri di Vidmate, karena memiliki user interface yang intuitif. Anda akan dengan mudah menemukan semua opsi di home page, semua fiturnya pun mudah diakses.

Cara Download Aplikasi Vidmate Terbaru

Jika Anda bertanya-tanya cara men-download Vidmate, maka lanjutkan membaca, karena akan dibahas cara download dan instalasi di berbagai macam device.

Langkah pertama, adalah enabling opsi “Allow installation of apps  from unknown devices.” Fitur ini berfungsi agar Anda bisa menginstal aplikasi dari website pihak ke-3. Hal ini juga perlu dilakukan tiap kali menginstal aplikasi yang asalnya selain dari Google Play Store.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan enabling fitur tersebut:

  • Pertama-tama, buka Settings
  • Lalu, buka opsi Additional Settings
  • Pilih menu Privacy
  • Di sini, Anda akan menemukan pilihan “Allow installation of apps  from unknown devices.”

Setelah langkah-langkah enabling di atas selesai dilakukan, maka Anda sudah bisa memulai menginstal aplikasi Vidsite di device Anda. Silakan lanjutkan ikuti langkah-langkah berikut.

Cara download aplikasi Vidmate dan instalasinya di Android

Langkah 1: Download Vidmate APK di sini

Langkah 2: Ketuk file apk untuk memulai download

Langkah 3: Ketuk tombol install dan tunggu beberapa detik

Langkah 4: Setelah proses instalasi selesai, Anda akan menemukan tombol open. Klik untuk me-launch aplikasi.

Cara download aplikasi Vidmate dan instalasinya di PC

Cara men-download aplikasi Vidmate di PC tidak sesederhana bila dibandingkan dengan ketika men-download di perangkat Android. Alasannya,karena tidak ada desktop client yang tersedia untuk Vidmate. Maka, Anda harus menginstal aplikasi Android di PC Anda.

Tapi masalahnya, Anda tidak bisa benar-benar menginstal aplikasi Android apapun langsung ke PC, mengingat keduanya memiliki arsitektur software yang berbeda. Namun, Anda masih bisa menggunakan Android emulator untuk mengatasi masalah ini. Android emulator adalah semacam aplikasi yang bisa membuat aplikasi Android berjalan di komputer Anda. Salah satu Android emulator terbaik yang tersedia secara gratis dan mudah digunakan adalah Bluestacks.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal Vidmate di PC:

Langkah 1: Pertama-tama, terlebih dahulu download Bluestacks di sini

Langkah 2: Klik dua kali exe file dan instal aplikasi di komputer Anda. Pastikan komputer Anda terhubung dengan internet

Langkah 3: Lalu launch emulator, dan silahkan sign in dengan menggunakan akun Google

Langkah 4: Download Vidmate APK di sini

Langkah 5: Drag and drop file apk ke Bluestacks, dan tunggu aplikasinya terinstal

Cara download aplikasi Vidmate dan Instalasinya di iOS

Vidmate sebenarnya adalah aplikasi Android, dan belum secara resmi melebarkan sayap ke platform lain. Kendati dikabarkan bahwa saat ini pihak developer tengah mengerjakan Vidmate untuk iOS, tapi hingga saat ini Vidmate belum tersedia untuk pengguna produk Apple.

Maka, untuk saat ini, tidak ada cara untuk men-download dan menginstal Vidmate di perangkat dengan sistem operasi iOS. 

Cara Download Aplikasi Vidmate Lama

Aplikasi Vidmate versi teranyar memang memiliki lebih banyak fitur jika dibandingkan dengan Vidmate keluaran 2014 atau versi yang lebih lama lagi. Namun, bagi para pengguna smartphone Android generasi lama, versi terbaru Vidmate justru tidak bisa digunakan. Itulah kenapa, saat ini masih banyak orang yang mencari link dan panduan cara download aplikasi Vidmate lama.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk men-download aplikasi Vidmate versi lama:

Langkah 1: Download aplikasi Vidmate lama di sini

Langkah 2: Jika sudah selesai download, buka file aplikasi

Langkah 3: Instal seperti biasa, dengan klik tombol Accept terlebih dahulu, lalu klik OK. Jika instalasi gagal, coba aktifkan pengaturan Unknown Source di menu pengaturan aplikasi smartphone Anda.

Cara Download Video dengan Vidmate

Kini, saatnya untuk menjawab pertanyaan besarnya: bagaimana cara download video dengan menggunakan Vidmate? Ikuti panduan berikut ini untuk bisa men-download berbagai konten dari library video Vidmate yang sangat lengkap itu.

Langkah 1: Pertama-tama, buka Vidmate Download dari device Anda

Langkah 2: Di sana, Anda akan menemukan berbagai tab, termasuk Featured, Movies, TvShow, Status, dan lainnya. Pilih kategori yang Anda inginkan.

Langkah 3: Setelah memilih kategori, Anda akan menemukan daftar panjang video-video  yang tersedia. Lihat dan pilih video yang Anda inginkan untuk download.

Langkah 4: Setelah video sudah dipilih, klik tombol kecil download. Video pun akan ditambahkan ke download page, di mana Anda bisa mengakses dan mengatur file download dengan cukup mudah.

Cara Download Video dari YouTube Menggunakan Vidmate

Mengunduh video dari YouTube menggunakan Vidmate sangatlah mudah. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini, dan video pilihan Anda sudah bisa Anda simpan di device.

Langkah 1: Mulanya, buka Youtube.com dan cari video yang akan di-download

Langkah 2: Copy URL dari video yang dipilih

Langkah 3: Buka aplikasi Vidmate

Langkah 4: Paste URL video di search bar yang ada di aplikasi Vidmate

Langkah 5: Setelah itu, Anda akan diarahkan kembali ke halaman YouTube

Langkah 6: Di sana, Anda akan menemukan tombol download berwarna merah. Klik di situ

Langkah 7: Anda pun akan diberikan beberapa download options. Pilih kualitas dan resolusi video yang dikehendaki, dan video pun selesai terunduh.

Video yang sudah ter-download akan ditambahkan ke download page. Di halaman itu, Anda bisa mengatur file-file download dengan mudah.

Baca juga artikel tentang Kiat Sukses Menjadi Youtuber

Cara Download Video dari Facebook, Instagram, dan lainnya Menggunakan Vidmate

Pada dasarnya, langkah-langkahnya hampir sama dengan men-download video dari YouTube. Tidak ada langkah tambahan yang harus Anda lakukan untuk website yang berbeda. Cukup salin URL video, dan tempelkan di search bar Vidmate. Anda pun akan diberikan download option untuk memilih resolusi dan kualitas video.

Demikian artikel tentang aplikasi Vidmate dan cara download aplikasinya, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana