Rumahweb Blog
Banner - Apa Target dari Menggunakan SEO Pada Website

Apa Target Dari Menggunakan SEO Pada Website?

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu strategi andalan dalam digital marketing. Namun, tak sedikit yang masih awam tentang bagaimana strategi dan apa target dari menggunakan SEO pada blog dan website.

Pada artikel kali ini, Rumahweb Indonesia akan menjelaskan secara singkat mengenai SEO, mulai dari pengertian hingga apa saja target dari menggunakan SEO pada website dan blog.

Apa itu SEO?

Search Engine Optimization atau disingkat SEO adalah salah satu strategi marketing untuk mengoptimasi website agar mendapat peringkat terbaik di mesin pencarian. Dengan SEO, website bisa memiliki kesempatan besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian.

SEO adalah proses yang panjang. Anda tidak hanya menerapkan dan mengoptimasi SEO di awal penggunaannya saja. Anda harus mengikuti berbagai pembaruan algoritma dan melakukan optimasi, selama Anda ingin website muncul dan tetap di halaman pertama pencarian.

Sederhananya, ada dua jenis SEO yang bisa diterapkan, yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. On Page SEO adalah optimasi website dari dalam, sedangkan Off Page SEO adalah upaya mempromosikan website kepada audiens.

Penjelasan mengenai penerapan SEO dapat Anda simak pada artikel berikut: Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?

Manfaat SEO

Sebelum membahas tentang target menggunakan SEO, Rumahweb akan mengulas sedikit tentang manfaat SEO, yang digadang-gadang menjadi salah satu strategi digital marketing paling ampuh saat ini. 

Mendatangkan trafik potensial

Jika website muncul di halaman pertama, apalagi berada di posisi teratas hasil pencarian Google, otomatis potensi website Anda dikunjungi juga akan semakin tinggi.

Hal ini juga akan berbanding lurus dengan trafik website yang semakin tinggi, alias semakin banyaknya pengunjung website Anda.

BACA JUGA : Strategi SEO di Tahun 2023 Untuk Meningkatkan Trafik Organik

Membangun Brand Awareness

Banyaknya pengunjung yang mengakses website, otomatis membuat brand atau nama perusahaan semakin dikenal luas. Secara tidak langsung, Anda telah mempromosikan brand atau perusahaan Anda.

Mendorong perusahaan untuk lebih peka terhadap tren

Saat menerapkan SEO, sadar atau tidak sadar Anda akan berusaha mengikuti tren yang ada di internet. Dengan begitu, saat orang mencari kata kunci atau keyword dari tren, website Anda berpeluang muncul di posisi teratas hasil pencarian.

Menghemat biaya pemasaran

Berbeda dengan promosi melalui iklan, SEO adalah strategi marketing yang lebih hemat. Dengan SEO, Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk beriklan di platform lain, cukup lakukan optimasi keyword di website saja.

Promosi 24 jam

Promosi melalui jasa iklan di platform tertentu memiliki keterbatasan waktu. Berbeda dengan SEO, di mana Anda bisa mempromosikan website selama 24 jam penuh. Selama website dapat diakses, SEO akan terus mempromosikan brand Anda.

Mampu bersaing dengan perusahaan besar

Anda tidak perlu khawatir meski memiliki budget yang relatif kecil. Dengan modal terbatas, Anda tetap dapat bersaing dengan perusahaan besar, bahkan berpotensi mengungguli mereka!

Hal ini karena mungkin saja perusahaan besar itu masih fokus memasarkan produk secara konvensional. Berbeda dengan perusahaan Anda yang telah melakukan upaya optimasi website Anda melalui SEO ini.

Apa target dari menggunakan SEO?

Bagi para pemula, ada beberapa target menggunakan SEO pada website yang perlu dipahami sejak awal. Hal inilah yang nantinya akan dicapai ketika optimasi SEO mulai diterapkan. Tujuan atau target dari menggunakan SEO antara lain:

Menghasilkan trafik

Target menggunakan SEO pada website yang paling utama adalah menghasilkan trafik secara langsung dari mesin pencarian. Semakin banyak orang yang menemukan website Anda, semakin tinggi pula kunjungan ke website tersebut.

Anda bisa memanfaatkan trafik yang tinggi ini untuk membuat konten baru, beriklan, atau menerapkan strategi marketing lainnya.

Meningkatkan penjualan

Setelah berhasil meningkatkan trafik kunjungan, target berikutnya adalah meningkatkan penjualan. Pengunjung yang awalnya tidak tahu brand Anda, kini mulai melakukan transaksi setelah tahu produk yang dijual.

Tak hanya itu, optimasi SEO dapat mendatangkan target audiens yang lebih spesifik atau tepat. Jadi, orang-orang yang mengunjungi website Anda adalah mereka yang membutuhkan produk Anda. 

Meningkatkan Brand Awareness

Target menggunakan SEO lainnya adalah meningkatkan brand awareness. Ketika website muncul di halaman pertama hasil pencarian, jumlah orang yang mengenal brand Anda tentu semakin meningkat. Brand juga akan semakin dikenal luas, mengingat pengguna mesin pencarian tidak hanya terbatas pada satu daerah atau negara saja.

Membangun opini publik

Dengan mengoptimasi SEO pada website, peluang untuk membangun opini publik yang baik pun semakin besar. Menempati halaman pertama atau posisi teratas hasil pencarian membuat Anda berpeluang untuk mempengaruhi persepsi orang-orang secara lebih luas lagi.

Bisa jadi konten, atau website Anda menjadi penentu arah suatu opini publik.
Setelah mengetahui apa target dari menggunakan SEO pada website, tentu Anda akan semakin mantap mempelajari strategi marketing satu ini, bukan? Mengingat banyaknya manfaat yang akan Anda dapatkan, rugi rasanya jika tidak mendalami SEO ini.

Ingin mempelajari optimasi SEO untuk website? Manfaatkan layanan RankingCoach di Rumahweb yang akan membimbing Anda langkah demi langkah. Coba layanannya gratis untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing

banner Pop Up - Hosting 99K
banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb