Rumahweb Blog
banner blog - Apa itu Backlink adalah

Apa itu Backlink dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Backlink adalah istilah pada SEO yang dianggap sebagai salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi hasil pencarian pada search engine. Lalu apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas? pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap untuk anda.

Search Engine Optimization atau yang disingkat SEO adalah seni optimasi website untuk mendapatkan peringkat terbaik pada search engine. SEO terbagi menjadi 2, yaitu on page dan off page.

SEO on page adalah jenis optimasi yang dilakukan pada sisi website yang kita kelola, seperti setting meta keywords, meta description, heading hingga kualitas konten yang kita buat. Sedangkan, SEO off page adalah jenis optimasi yang dilakukan diluar website kita.

Apa itu Backlink?

Backlink adalah link yang dipasang pada sebuah website yang diarahkan ke alamat website Anda. Backlink dibedakan juga menjadi dua, yaitu link internal dan eksternal. 

Internal link merupakan tautan yang dibuat untuk mengaitkan antar artikel dalam satu website yang sama. Sedangkan, yang dimaksud external link adalah tautan yang dibuat untuk mengaitkan artikel ke alamat website yang berbeda.

Ada dua fungsi utama dari backlink. Fungsi pertama backlink adalah mendatangkan visitor langsung dari website orang lain ke website Anda. Yang kedua, backlink digunakan oleh search engine sebagai salah satu rujukan atau penilaian kualitas konten pada sebuah situs.

Semakin banyak backlink pada halaman website Anda, maka semakin baik juga hasil pencarian di search engine.

BACA JUGA : Apa itu Link Building? Pengertian dan Contohnya

Fungsi Backlink

Ada beberapa fungsi dari backlink, berikut diantaranya:

1. Meningkatkan peringkat SEO

Backlink yang berkualitas bisa membantu meningkatkan peringkat SERP pada website. Mesin pencari seperti Google mempertimbangkan jumlah dan kualitas backlink untuk menentukan seberapa relevan content dengan situs Anda.

Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke situs web Anda, semakin tinggi juga peluang untuk mendapatkan peringkat terbaik pada SERP.

2. Meningkatkan authority

Backlink dari website yang memiliki Domain dan Page Authority yang baik, dapat meningkatkan nilai DA/PA website Anda. Ketika website yang dianggap memiliki reputasi yang baik terhubung ke situs anda, hal ini bisa memberikan sinyal ke search engine bahwa situs Anda juga memiliki nilai kepercayaan yang tinggi.

Diharapkan dengan semakin tingginya DA atau PA pada website Anda, maka semakin besar juga peluang content dari website Anda menjadi yang terbaik di hasil pencarian.

3. Meningkatkan Trafik

Backlink dapat membawa pengunjung untuk mengakses situs Anda melalui website lain. Jika situs web yang memiliki trafik yang tinggi mengarahkan pengunjung ke situs web Anda melalui backlink, hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung secara direct.

Diharapkan dengan banyaknya backlink yang mengarah ke situs Anda, akan memberi peluang lebih besar untuk mendapatkan pelanggan baru, pembaca, atau pengguna yang tertarik dengan produk, layanan, atau konten Anda.

Jenis Backlink dan Cara Mendapatkannya

Setelah mengetahui apa itu backlink, selanjutnya kami akan membahas tentang jenis backlink dan cara mendapatkannya. Ada beberapa jenis backlink yang dianggap baik oleh search engine, di antaranya:

1. Backlink Profile

Jenis Backlink yang pertama adalah profile. Backlink ini bisa Anda dapatkan melalui media sosial hingga forum. Ada beberapa media sosial yang menyediakan backlink profile seperti Twitter, Facebook, Instagram, kompasiana hingga Tiktok. Backlink ini bisa Anda buat melalui edit profile.

2. Backlink Contextual

Merupakan jenis backlink yang penempatannya ada di konten website. Anda bisa membuat blog forum, seperti kompasiana atau detik, lalu menempatkan backlink website Anda pada konten yang Anda buat di forum tersebut. Backlink jenis ini terbukti cukup ampuh untuk mendatangkan visitor dari forum.

Jenis backlink selanjutnya adalah sosial media. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Twitter, untuk mempromosikan website atau artikel website yang Anda miliki. Cara ini lumrah digunakan  untuk mendatangkan visitor dari media sosial.

BACA JUGA : Apa Itu Social Bookmarking? Arti, Manfaat, beserta Contohnya

Merupakan jenis backlink yang didapatkan dengan cara mengisi kolom komentar pada blog atau website orang lain dengan menyertakan link website Anda. Cara ini sebenarnya sudah mulai ditinggalkan, karena prosesnya dilakukan secara manual dan tidak terlalu kuat terhadap hasil pencarian.

Namun paling tidak, cara ini masih bisa tetap dicoba  untuk makin memperbanyak  backlink di website.

Hampir sama dengan backlink dari kolom komentar, tapi bedanya backlink ini dituliskan pada website yang menyediakan halaman buku tamu yang sengaja dibuat, untuk mendapatkan informasi visitor yang mengakses websitenya.

Namun untuk saat ini, sudah jarang ada website yang membuat halaman Guestbook. Selain itu, backlink ini adalah jenis backlink yang kurang disukai oleh search engine.

Backlink yang berkualitas

Backlink terbaik adalah backlink yang dilakukan oleh pemilik website lain yang sengaja mengarahkan artikel atau kontennya  ke halaman website kita. Selain karena lebih aman, cara ini paling disukai oleh Search Engine.

Dalam istilah SEO, kita mengenalnya dengan natural backlink. Natural backlink tidak bisa kita dapatkan dengan cara yang sederhana. Kita perlu menyiapkan beberapa hal, tapi yang paling utama adalah  meningkatkan kualitas konten yang kita buat.

Selain meningkatkan kualitas konten, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini agar mendapatkan backlink yang berkualitas : 

1. Relevansi

Pastikan sumber backlink yang kita tuju, memiliki relevansi dengan website yang kita buat. Sebagai contoh, website kita memiliki niche “perumahan atau apartemen.” Maka, kita harus mencari sumber backlink yang cocok untuk tema website kita tersebut,  seperti website yang membahas tentang interior rumah, eksterior rumah atau bahkan sewa atau jual rumah.

2. Website yang Kredibel

Hal ini dulu dikenal dengan istilah Google Pagerank. Website yang memiliki pagerank tertinggi, dianggap yang paling memiliki kredibilitas terbaik. Sehingga, pengelola website pun berlomba-lomba untuk mengejar backlink dari website yang memiliki pagerank besar. Namun saat ini pagerank telah dihapus, dan digantikan dengan istilah baru: Authority.

Ada dua jenis Authority, yaitu Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Anda bisa mengecek DA/PA
website dari tools seperti Moz bar. Saran kami, carilah website yang memiliki DA/PA tinggi untuk menjadi sumber backlink Anda.

BACA JUGA : Apa Itu Google Sitelink dan Bagaimana Cara Membuatnya

Salah satu elemen penting dalam SEO telah kita bahas. Untuk teknis SEO yang lain seperti optimasi media sosial, keyword hingga konten, Anda bisa mencoba layanan RankingCoach yang merupakan tools SEO paling lengkap dan praktis. Nantinya, Anda akan diberikan task untuk diselesaikan, agar optimasi website anda lebih terstruktur.

RankingCoach juga melengkapi panduan optimasi website dalam format video, sehingga memudahkan Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Pelajari lebih lanjut layanan Ranking coach melalui link berikut: SEO tools terbaik.

Demikian artikel kami tentang apa itu backlink, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Technical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.

banner Pop Up - Hosting 99K
banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb