Rumahweb Blog
beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk membuat website

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Membuat Website

Pada artikel sebelumnya kami membahas tentang Mitos dan Fakta Tentang Website. Artikel kali ini kami melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu : Apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat website.

Seperti halnya koran, majalah atau buku, pada prinsipnya website merupakan media yang memiliki fungsi utama untuk menyampaikan informasi. Lalu, apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk membuat sebuah website?

1. Ide

Bagaimana Anda bisa membuat kue, kalau ide untuk membuat kue belum ada? Bisakah Anda menulis tanpa menemukan ide apa yang akan ditulis? Bisakah tangan Anda menari diatas kanvas dan melukis, kalau ide tentang obyek lukisan belum hadir di dalam kepala?

Ide adalah hal pertama yang harus Anda persiapkan. Saya ingin membuat website apa? Website jual beli, website profil, blog, atau yang lain?

2. Konsep

Setelah ide berhasil Anda temukan, langkah selanjutnya adalah memformulasikan konsep. Konsep adalah gambaran yang lebih terperinci dari ide yang sudah Anda temukan.

Apakah website Anda akan dibuat dengan tampilan sederhana dan mudah diakses. Atau sebaliknya, website Anda ingin dibuat penuh dengan pernak-pernik yang memukau mata. Menu apa saja yang akan Anda tampilkan dalam website Anda dan seterusnya.

3. Materi

Setelah ide dan konsep berhasil Anda formulasikan dengan matang, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan materi website.

Materi website disini mencakup dua komponen utama, yaitu teks tertulis (artikel) dan gambar atau ilustrasi.

4. Pemilihan Platform

Platform adalah media yang akan Anda pergunakan untuk membuat website. Berbeda dengan sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu, sekarang tersedia banyak pilihan platform yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat website. Anda bisa memanfaatkan platform yang sepenuhnya gratis seperti Blogspot, atau platform premium seperti Wix, Weebly dan sejenisnya (sebagian besar platform website builder saat ini menyediakan versi gratis dan premium, dengan beberapa perbedaan fitur).

Untuk fitur yang lebih lengkap dan kompleks, platform CMS seperti WordPress, Joomla, Prestashop dan lainnya bisa Anda pertimbangkan. Untuk pilihan ini Anda membutuhkan layanan hosting untuk penyimpanan data dan domain sebagai alamat untuk mengakses website.

5. Domain dan Hosting

Untuk membuat sebuah website yang memiliki kapabilitas maksimal, platform yang paling tepat untuk Anda pilih adalah dengan menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla, PrestaShop, Opencart dan lainnya.

Rumahweb Indonesia menyediakan beragam paket hosting dan domain dengan harga terjangkau, yang bisa Anda pergunakan untuk membuat website berbasis CMS.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi