Rumahweb Blog
banner blog - Apa itu FileZilla Pengertian, Cara Download dan Install

Apa itu FileZilla? Pengertian, Cara Download dan Instal

Bagi Anda yang masih baru dalam dunia website, mungkin pernah mendengar atau sempat bertanya tanya tentang apa itu FileZilla? Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda menjawab rasa keingintahuan tersebut untuk mengenal apa itu FileZilla, pengertian, cara download hingga cara instalasinya.

Sebelum mempelajari FileZilla, Anda perlu mengenal terlebih dahulu FTP. FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, yaitu protokol yang memiliki tugas melayani permintaan transfer file dari lokal (komputer) ke server atau sebaliknya. Baca artikel ini terlebih dahulu, jika ingin lebih memahami Apa itu FTP, Pengertian dan Cara Kerjanya.

Setelah memahami tentang FTP, pengertian, dan cara kerjanya, sekarang saatnya mengenal apa itu FileZilla.

Apa itu FileZilla?

Sederhananya, FileZilla adalah adalah salah satu aplikasi FTP yang sering digunakan untuk upload atau download file. Aplikasi FileZilla ada 2 jenis, yaitu FileZilla client dan FileZilla server. Perbedaan keduanya terletak pada kegunaannya. FileZilla client digunakan untuk melakukan request upload atau download dari lokal (komputer), sedangkan FileZilla server digunakan untuk menjawab request dengan memberikan data yang diperlukan oleh client.

Aplikasi FileZilla tersedia secara gratis baik di sistem operasi Windows, Linux, ataupun Mac OS.

Anda dapat men-download FileZilla disini.

Setelah mengetahui pengertian apa itu FileZilla, sekarang saatnya kita belajar cara download dan instalasinya.

Cara Download dan Install FileZilla

Pada panduan ini, kami akan mendemokan cara download dan install FileZilla client di Sistem Operasi Windows.

  1. Download FileZilla client melalui halaman resminya.
Apa itu FileZilla - download filezilla
  1. Setelah itu Anda akan menjumpai tampilan sebagai berikut. Tampilan file download tersebut sesuai dengan OS komputer yang Anda gunakan.
download filezilla client - Apa itu FileZilla
  1. Klik Download.
  2. Untuk menginstalnya, klik dua kali pada file yang telah Anda download. Kemudian Klik ‘I Agree’ untuk menyatakan setuju dengan ketentuan yang diberikan.
  1. Selanjutnya Anda akan ditawari keamanan tambahan. Apabila Anda ingin menggunakannya, silakan klik Accept. Bila tidak, silakan klik Decline kemudian klik Next.
  1. Pilih setting sesuai rekomendasi. Kemudian klik Next.
  1. Selesai. Selamat, sekarang Anda bisa menggunakan FileZilla untuk melakukan upload download file dari server ke komputer Anda.

Mudah bukan cara instal dan menggunakan FileZilla? Setelah instalasi selesai, artikel apa itu FileZilla ini belum lengkap tanpa pembahasan tentang cara menggunakannya. Simak tutorial cara menggunakan FileZilla berikut ini!

Cara menggunakan FileZilla

  1. Buka aplikasi FileZilla Anda
  2. Selanjutnya Anda akan menjumpai tampilan berikut.Apa itu FileZilla - cara menggunakan filezilla
  • Klik menu Open the Site Manager
  • Selanjutnya, klik tombol New Site
  • Kolom Encryption, pilih ‘Only use plain FTP (insecure)
  • Kolom Logon Type pilih Normal

Pada bagian User dan Password, isikan user dan password akun FTP Anda. Anda bisa juga mengisikan dengan user dan password login ke panel hosting Anda.

Semoga setelah membaca artikel Apa itu FileZilla? Pengertian, Cara Download dan Instal ini bisa memberi pengalaman baru pada Anda dalam memilih aplikasi FTP yang digunakan untuk mengelola hosting dan website Anda.

Kesimpulan

FileZilla merupakan aplikasi FTP yang paling sering digunakan oleh pengguna website untuk melakukan upload ataupun download file dari komputer ke server ataupun sebaliknya. Selain diperuntukkan untuk Client, FileZilla juga menyediakan FileZilla Server. Aplikasi FileZilla dapat Anda gunakan secara gratis.

Apabila Anda membutuhkan layanan domain dan hosting untuk mengonlinekan website Anda dengan harga promo, silakan menghubungi kami Rumahweb Indonesia untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Anggit Puguh