Rumahweb Blog
banner blog - 10 Rekomendasi AI Chatbot Untuk Bisnis Anda - chatbot adalah

Apa itu AI Chatbot dan Daftar Aplikasi Yang Bisa Anda Gunakan

Live chat masih menjadi saluran komunikasi yang paling diminati oleh pelanggan karena dinilai bisa memberikan respon yang lebih cepat dibanding saluran lainnya. Meskipun demikian, akan ada kondisi dimana pesan dari pelanggan akan masuk secara bersamaan dan membuat Anda kelimpungan. AI Chatbot adalah solusi terbaik yang bisa Anda andalkan untuk hal tersebut.

Lalu apa itu AI chatbot dan aplikasi apa yang bisa kita gunakan? Berikut kami akan menjelaskan apa itu chatbot serta 10 aplikasi AI Chatbot rekomendasi dari Rumahweb.

Apa itu AI Chatbot?

AI chatbot adalah program komputer dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang dapat menirukan percakapan manusia menggunakan teknologi NLP (Natural Language Processing).

Chatbot adalah aplikasi yang diprogram untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, seperti menjawab pertanyaan atau membantu proses transaksi, tanpa harus menyambungkannya dengan staff manusia.

10 rekomendasi aplikasi AI Chatbot

Berikut 10 rekomendasi AI chatbot yang cocok digunakan pada bisnis Anda:

1. Watson Assistant

Watson Assistant dikembangkan oleh IBM dan menjadi salah satu AI chatbot terdepan di pasarnya. Platform ini dapat mengenali informasi chat dan panggilan yang dilakukan sebelumnya, mencari jawaban di knowledgebase, bertanya ke pelanggan jika pesan kurang jelas, dan menghubungkan chat pelanggan ke staff manusia. Anda juga dapat melakukan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan chatbot dalam membalas pesan. Chatbot ini juga memiliki visual dialog editor yang akan mempermudah Anda dalam menggunakannya.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

2. Intercom

Selain dimanfaatkan untuk chatbot, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai platform live chat. Dengan menggunakan teknologi machine learning dan behavioral data, Intercom dapat menjawab hingga 33% pertanyaan yang masuk tanpa membutuhkan bantuan dari staff manusia.

3. Bold360

Chatbot ini mematenkan teknologi pemrosesan bahasanya sendiri, yang akan membantu memahami maksud pesan pelanggan dan memberikan jawaban yang akurat tanpa perlu mengetikkan kata kunci tertentu.

Conversational AI yang dimiliki oleh Bold360 dapat menafsirkan bahasa yang kompleks/rumit, mengingat konteks seluruh percakapan, dan membalas pesan pelanggan dengan bahasa yang natural. Menariknya, bahkan chatbot ini dapat membantu pelanggan melakukan pemesanan.

Anda juga dapat memilih kepribadian untuk chatbot Anda dan menggunakannya di hampir semua platform messaging.

4. Drift

Aplikasi chatbox ke empat yang kami bahas adalah Drift. Drift merupakan software marketing dan sales yang didukung oleh otomatisasi berbasis aturan dan artificial intelligence atau kecerdasan intelektual.

Aplikasi ini mengklaim AI yang mereka gunakan telah dilatih dengan lebih dari 6 miliar percakapan untuk mengidentifikasi pola percakapan pelanggan. Hal ini berarti chatbot sudah dilatih sebelumnya dan dapat langsung digunakan.

5. Liveperson

Chatbot ini dapat melakukan otomatisasi pesan pada hampir semua jenis industri dan mengintegrasikannya di platform yang berbeda, mulai dari website, pesan teks, hingga WhatsApp. BotStudio yang dimiliki oleh LivePerson juga memungkinkan Anda membangun chatbot tanpa menggunakan coding.

Baca juga artikel: Apa itu Bot? Pengertian, Fungsi, hingga Contohnya

6. Zendesk Chat

Sama seperti Intercom, Anda dapat menggunakan Zendesk Chat sebagai platform live chat atau chatbot. Zendesk Chat dibangun dengan otomatisasi yang kuat dan dikombinasikan dengan teknologi Answer Bot dan Flow Builder yang membuat chatbot ini dapat menjawab pertanyaan umum dari pelanggan tanpa harus mengetikkan keyword tertentu.

7. Vergic

Anda dapat menggunakan chatbot ini untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Hal ini karena Vergic dapat difungsikan sebagai lini pertama layanan pelanggan, membantu pelanggan melakukan transaksi, serta menghubungkan pelanggan dengan kendala yang lebih rumit ke staff.

8. Inbeta

Chatbot ini memanfaatkan teknologi machine learning dan language processing engine yang dikembangkan sendiri untuk mendeteksi konteks percakapan, menjawab pertanyaan dengan akurat, serta menyambungkan pelanggan ke staff jika dibutuhkan. Inbeta juga menyediakan dialog manager yang dapat digunakan untuk menyusun alur percakapan Anda sendiri.

Menariknya, chatbot yang didesain untuk penggunaan perusahaan ini juga dilengkapi dengan custom avatar, sehingga Anda dapat membuat karakter sesuai dengan citra yang ingin ditampilkan.

9. Ada

Chatbot Ada memiliki fitur drag-and-drop builder yang dapat digunakan untuk melakukan kustomisasi, menambahkan GIF pada beberapa pesan, dan menyimpan data pelanggan. Chatbot ini sudah digunakan oleh beberapa perusahaan besar seperti Medium, Shopify, dan MailChimp.

10. Salesforce Einstein

Salesforce Einstein adalah teknologi AI dengan teknologi predictive intelligence dan machine learning yang digunakan pada hampir seluruh fitur Salesforce, seperti Salesforce’s Service Cloud dan chatbot.

Meskipun AI chatbot yang ada saat ini belum dapat diandalkan sepenuhnya untuk menjawab pertanyaan pelanggan, namun teknologi ini sudah cukup efisien untuk dapat membantu Anda atau staf Anda dalam menjawab pertanyaan pelanggan.

Pelajari juga pentingnya online chat Untuk Bisnis Anda melalui link berikut : Pentingnya Online Chat

Demikian penjelasan kami tentang apa itu AI Chatbot dan 10 rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Dedicated Server

Agnes Sony Tianinda