Rumahweb Blog
apa itu Server adalah

Apa itu Server? Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Server adalah rumah bagi semua layanan online yang kita nikmati. Istilah server juga banyak digunakan untuk mendeskripsikan aktivitas yang berhubungan dengan proses pertukaran data dan informasi yang dapat diakses dari mana saja.

Lalu seperti apa sebenarnya server itu, dan bagaimana server dapat menjalankan semua permintaan pengguna ketika ingin berbagi data dengan orang lain, bahkan yang jauh sekalipun? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini hingga selesai!

Pengertian Server

Server adalah sistem komputer yang berfungsi sebagai pusat kendali lalu lintas komunikasi, seperti network dan internet. Server merupakan program komputer atau perangkat yang menyediakan sumber daya/layanan ke program komputer lain yang terhubung ke pengguna atau klien. 

Sederhananya, server adalah sistem komputer yang menyediakan sumber daya atau layanan penyimpanan data khusus.

Server umumnya diletakkan di data center. Pada data center, istilah server juga merujuk pada komputer fisik yang menjalankan program server. Biasanya, komputer fisik tersebut merupakan layanan untuk dedicated server, atau server yang digunakan untuk tujuan lain. Intinya, server digunakan sebagai pusat pengolahan data serta management kontrol atas layanan yang berjalan di dalamnya. 

Istilah server ini terbagi menjadi dua, yaitu server fisik dan virtual atau yang lebih dikenal dengan cloud server. Sedangkan layanan pada server dibagi menjadi berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan pengguna. Misalnya web server, DNS server, mail server, FTP server, dan proxy server

Selain dimanfaatkan untuk hal positif, server juga bisa digunakan untuk hal negatif seperti  DDoS, malware distribute, bots, dan lainnya.

Jenis server yang paling banyak digunakan adalah web server. Pengguna biasanya memanfaatkan web server untuk menyimpan dan mengunggah data website, agar dapat diakses secara online oleh banyak orang.

Jenis dan Fungsi Server

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, server dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut fungsi atau kegunaannya. Beberapa jenis dan fungsi server adalah sebagai berikut:

1. Web Server

Web server adalah program komputer atau software yang melayani permintaan akses ke halaman atau file HTML yang diminta. Pada jenis server ini, web browser bertindak sebagai klien.

Dengan kata lain, web server bertanggung jawab atas performa website yang diakses. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki web server terbaik, agar website dapat diakses dengan baik.

Contoh layanan web server yang sering kita dengan adalah hosting dan VPS.

2. Application Server

Application server adalah program komputer yang melayani permintaan akses dari client yang terhubung dengan jaringan. Server ini berjalan dalam jaringan terdistribusi, yang menyediakan alur kerja untuk program aplikasi server sendiri.

Application server sering membantu web server dalam menjalankan layanan yang bersifat dinamis, atau digunakan untuk menjalankan suatu program atau script dalam sebuah aplikasi.

3. Database Server

Server ini bertanggung jawab untuk menyimpan satu atau lebih database. Database server biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menghimpun dan mengolah data dan informasi perusahaan.

Agar dapat diakses dan dikelola dengan baik, pengguna dapat menggunakan bahasa query sesuai database, misalnya MySQL.

4. Proxy Server

Server proxy adalah perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara perangkat endpoint, seperti komputer, ke server lain tempat pengguna atau klien meminta layanan.

Sederhananya, proxy server dapat digunakan client untuk menyediakan layanan proxy, yang biasa digunakan untuk mengamankan identitas saat mengakses internet, hingga pembatasan atau pemblokiran akses ke website tertentu.

5. Mail Server

Mail server adalah aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima email masuk dari pengguna lokal –orang-orang dalam domain yang sama, maupun pengirim jarak jauh.

Protokol yang sering digunakan di mail server adalah SMTP dan POP3. Jika Anda pernah mengirim pesan/surat melalui kantor POS Indonesia, maka mail server adalah versi virtual dari kantor POS.

6. File Server

File server adalah komputer yang bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengelola file data suatu komputer agar dapat diakses oleh komputer lain di dalam jaringan yang sama.

7. DHCP server

DHCP server adalah singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol Server, yang bertanggung jawab atas penyebaran IP ke perangkat client secara otomatis dan terpadu di bawah ID IP server itu sendiri.

Fungsi lain dari server ini adalah meminimalisir kesalahan konfigurasi yang dilakukan secara manual oleh sysadmin network dan server. 

Cara Kerja Server

Istilah server sebenarnya dapat merujuk pada mesin fisik, virtual, maupun perangkat lunak yang menjalankan dan menunjang layanan server.

Cara kerja server sangat variatif, tergantung dari jenis server yang digunakan. Simak artikel berikut untuk mengetahui cara kerja web server, salah satu jenis server yang paling banyak digunakan:  Web Server: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya.

Berikut tadi informasi mengenai server, jenis, fungsi, hingga cara kerjanya. Semoga dapat membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Fredric Lesomar