Rumahweb Blog
banner blog - Pentingnya Online Chat Untuk Bisnis Anda

Pentingnya Online Chat Untuk Bisnis Anda

Coba bayangkan situasi ini: Anda sedang memilih-milih sepatu di sebuah toko online. Setelah mantap menentukan model yang disuka, ternyata Anda tidak bisa menemukan ukuran yang diinginkan. Tentu muncul berbagai pertanyaan di kepala, apakah ukuran yang diinginkan benar-benar tidak ada? Sudah habis? Atau kapan akan tersedia lagi? Dalam situasi seperti ini, tentu Anda akan merasa lebih terbantu jika menemukan tombol online chat di website tersebut. 

Berdasarkan penelitian dari Forrester, 53% konsumen akan membatalkan pemesanan jika tidak mendapatkan jawaban yang cepat atas pertanyaan mereka.

Survei lain yang dilakukan oleh econsultancy menunjukkan bahwa 79% pembeli lebih memilih online chat dibandingkan dengan bentuk komunikasi lain karena dinilai memiliki respon yang lebih cepat. 

Berdasarkan kedua penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa online chat menjadi salah satu fitur yang harus dimiliki pada website e-commerce. Lalu, apa saja keuntungan fitur online chat bagi website e-commerce Anda?

1. Layanan Pelanggan

Salah satu hal yang menjadi keuntungan dari toko offline adalah adanya staf yang dapat membantu konsumen dalam mencari produk yang ingin dibeli.

Mencari suatu produk di website terkadang bisa membingungkan. Oleh karena itu, online chat dinilai dapat membuat pelanggan memiliki pengalaman belanja yang lebih baik.

Dengan online chat, Anda dapat membantu konsumen dalam melakukan pemesanan atau menawarkan produk terbaru, yang tentunya dapat berdampak pada peningkatan penjualan.

2. Meningkatkan Efektivitas

Keuntungan lain dari chatting online adalah Anda dapat membalas beberapa pesan sekaligus. Hal ini tentu tidak dapat dilakukan secara langsung maupun melalui panggilan telepon.

Dengan demikian, Anda dapat membalas semua pesan yang masuk dengan lebih efektif dan dalam jangka waktu tidak terlalu lama. 

3. Pesan Otomatis

Tentu Anda tidak dapat membalas semua pesan yang masuk selama 24 jam. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengatur pesan yang akan terkirim secara otomatis ke pelanggan yang mengirimkan pesan di luar jam kerja.

Dengan cara ini, pelanggan tidak akan bertanya-tanya mengapa pesan belum dibalas, atau pukul berapa Anda akan mulai membalas pesan yang masuk. 

Online chat merupakan salah satu fitur yang dapat membantu Anda untuk dapat menjawab pertanyaan yang masuk dengan cepat dan efisien. Dengan memiliki saluran percakapan dengan pelanggan, Anda dapat meningkatkan penjualan serta pelayanan.

Ada berbagai pilihan layanan online chat yang dapat digunakan, baik gratis maupun berbayar. Salah satu layanan chat gratis yang dapat digunakan adalah KeyReply. Untuk panduan instalasinya, dapat dilihat pada halaman berikut.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Agnes Sony Tianinda