Rumahweb Blog
banner blog - 6 Ide Virtual Event yang Menarik untuk Dicoba

6 Ide Virtual Event yang Menarik untuk Dicoba

Membuat acara-acara seperti gathering, seminar, dan sebagainya dapat menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan brand awareness. Meskipun saat ini pembatasan sosial masih diterapkan, Anda tetap dapat membuat berbagai acara secara online, atau lebih dikenal dengan virtual event.

Virtual event memiliki kelebihan untuk menjangkau audiens yang lebih luas, karena audiens tidak perlu bepergian untuk dapat menghadiri acara tersebut. Tidak hanya webinar atau kelas online, Anda dapat membuat berbagai acara dengan tujuan berbagi informasi, tanya jawab, bahkan hiburan. Berikut 6 ide virtual event yang dapat dicoba:

1. Perilisan Produk Baru

Adanya pembatasan sosial bukan berarti Anda tidak dapat mengadakan event untuk perilisan produk baru. Alternatifnya, Anda dapat membuat virtual event pada hari perilisan produk. Membuat acara perilisan ini dapat membantu mengenalkan produk baru tersebut ke masyarakat luas dan menambah calon pembeli.

2. Webinar

Webinar menjadi salah satu jenis virtual event yang paling sering diselenggarakan oleh berbagai lini bisnis. Anda dapat memanfaatkan webinar untuk memberikan informasi atau edukasi seputar industri bisnis Anda pada audiens. Selain memberikan informasi, webinar dapat bermanfaat untuk menjaring audiens yang lebih besar.

3. Kelas Online

Virtual event lain yang cukup populer adalah kelas online. Jika webinar memiliki tujuan untuk memberi informasi atau edukasi, maka kelas online memiliki tujuan agar partisipan dapat memperoleh skill baru setelah kelas berakhir.

Anda dapat membuat sesi kelas online secara langsung atau mengunggah video yang sudah direkam terlebih dahulu. Simak juga tips mengadakan kelas online lainnya pada artikel berikut.

4. Virtual Meetup

Virtual meeting dapat menjadi alternatif untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Melalui acara ini, Anda dapat mendengar keluhan dari pelanggan, dan mendapatkan insight baru yang dapat membantu perkembangan bisnis kedepannya.

5. Sesi QnA

Dalam acara ini, Anda dapat menggunakan narasumber yang ahli di bidangnya, dan audiens dapat melontarkan pertanyaan apapun terkait topik yang diangkat. Acara ini akan menarik perhatian audiens karena mereka bisa mendapatkan insight yang dibutuhkan dari narasumber.

Untuk meningkatkan rasa penasaran dan menarik perhatian audiens, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap bisnis Anda, pilih narasumber yang kredibel dan disukai oleh audiens.

6. Konser Online

Konser online dapat menjadi opsi yang tepat jika Anda ingin memberikan hiburan untuk pelanggan. Meskipun konser online tidak memiliki suasana meriah semenyenangkan konser secara langsung, namun acara ini tetap dapat membantu mengusir kejenuhan, sebuah situasi yang tentu banyak dialami oleh banyak orang, terutama yang sudah berbulan-bulan menjalani WFH.

Selain memberikan hiburan, konser online juga efektif dalam mendatangkan audiens dan meningkatkan brand awareness. Anda dapat mengikuti jejak beberapa bisnis yang memanfaatkan konser online sebagai salah satu strateginya, seperti Tokopedia, Shopee, dan sebagainya.

Membuat berbagai rangkaian acara secara online dapat menjadi salah satu solusi untuk dapat menarik perhatian audiens di masa pandemi seperti saat ini. Pastikan untuk memilih jenis event virtual yang tepat dan mempersiapkannya dengan baik.

Demikian 6 ide virtual event dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda