Rumahweb Blog
banner blog - 3 Aplikasi Remote Database Gratis Yang Bisa Anda Gunakan

3 Aplikasi Remote Database Gratis yang Bisa Anda Gunakan

Sebuah website sudah pasti membutuhkan database server atau hosting untuk menyimpan segala macam informasi dan data; seperti username, password, font, dan URL. Dan untuk mengelola data-data ini, diperlukan sebuah aplikasi remote database manager yang bisa digunakan untuk melihat, mengubah, menghapus, maupun menambahkan data ke dalam database.

Saat ini, salah satu aplikasi database management system (DBMS) terbaik yang tersedia adalah MySQL. DBMS yang menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Language) ini terbilang cukup populer, karena sampai saat ini sudah digunakan oleh lebih dari enam juta pengguna di seluruh dunia. MySQL merupakan software pembuat database yang sifatnya open source dan dapat digunakan pada platform Windows dan Linux. Karena sifatnya yang network, MySQL juga bisa digunakan untuk aplikasi multiuser. Aplikasi ini pun bisa digunakan secara gratis di bawah lisensi GPL.

Artikel ini akan fokus pada tiga aplikasi Client MySQL gratis yang bisa Anda gunakan untuk melakukan manajemen database secara remote atau jarak jauh.

1. Workbench

Workbench merupakan aplikasi berbasis GUI dengan tampilan interface yang berbasis desktop, dan bisa berjalan di sistem operasi Windows, Linux dan MAC OS. Selain dapat mengakses database dari jarak jauh, kelebihan Workbench yang lain adalah bisa menyimpan kode query dan dapat menyimpan lebih dari satu koneksi. Banyak orang menyukai Workbench karena kemampuannya yang bisa membuat skema relasi yang bagus, sehingga bisa menghasilkan diagram yang terlihat rapi.

Panduan untuk melakukan remote database menggunakan Workbench di Layanan Hosting Rumahweb bisa Anda baca di sini.

2. SQLyog

Serupa dengan Workbench, SQLyog juga merupakan aplikasi pengelola database berbasis desktop (GUI). Ada tiga jenis paket yang ditawarkan oleh aplikasi ini, dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan; Professional, Enterprise, dan Pro. SQLyog hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows saja.

Beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi ini, antara lain performa kerjanya yang cepat dan ringan, banyaknya fitur yang menjadi andalan, dan dapat mengelola lebih dari satu koneksi.

Panduan untuk melakukan remote database menggunakan SQLyog di Layanan Hosting Rumahweb bisa Anda baca di sini.

3. Navicat

Navicat merupakan sebuah database tool yang bisa digunakan oleh database admin maupun developer. Aplikasi ini memiliki berbagai macam produk yang berhubungan dengan database, antara lain Navicat for MySQL, Navicat for PostgreSQL, dan Navicat for MongoDB.

Navicat sudah bisa dijalankan di berbagai platform, seperti Windows, Linux, Mac OS, dan iOS. Selain memiliki tampilan yang cantik dan modern, beberapa kelebihan substansial yang dimiliki Navicat antara lain; support data transfer, sinkronisasi, dan migrasi data, memiliki Navicat Cloud untuk mempermudah kerja kolaborasi sebuah tim, cross-platform licensing, dan sudah support SSH tunnel.

Panduan untuk melakukan remote database menggunakan Navicat di Layanan Hosting Rumahweb bisa Anda baca di sini.

Demikian informasi tentang aplikasi remote database gratis yang bisa Anda gunakan, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana