Rumahweb Blog
banner blog - WordPress 5.7 Fokus pada Editing Gutenberg

WordPress 5.7: Fokus pada Editing Gutenberg

Diperkirakan, pada tahun 2021 ini, WordPress akan mulai memberlakukan full site editing. Kabarnya, pembaharuan yang diusulkan pada WordPress 5.7 akan berfokus pada site editing melalui Gutenberg. Pengujian telah dilakukan sejak bulan Desember 2020 lalu.

Fitur-fitur yang tengah dimatangkan untuk WordPress 5.7 antara lain:

  • Pembaruan WordPress Core untuk menyertakan rilisan terbaru plugin Gutenberg
  • Gutenberg: memperbaiki UI, menambahkan tools untuk themes dan design, dan memperbaiki widget screen
  • Standarisasi warna yang digunakan di WP-Admin CS menjadi satu palet warna. WordPress menerapkan sistem properti khusus CSS yang akan memudahkan untuk menambahkan skema warna khusus
  • Migrasi yang disederhanakan dari HTTP ke HTTPS, di mana WordPress dapat mendeteksi apakah environment hosting pengguna mendukung HTTPS dan memungkinkan proses pembaruan hanya dengan sekali klik
  • Robots API yang baru
  • Auto-updates dan jQuery

Selain enam poin di atas, rencananya juga masih akan ada tambahan pembaruan dalam aspek-aspek lain seiring dengan proses pengembangan yang hingga saat ini masih bergulir. Sejak Agustus lalu, sebuah laman GitHub diluncurkan bagi para kontributor yang ingin memantau sudah sejauh mana proses pengembangan berlangsung.

Beberapa infrastruktur dan UI sudah mulai jadi, termasuk kemampuan untuk menavigasikan halaman, templates, parts, dan mengetahui area mana saja yang aktif. Sedangkan untuk styling, theme blocks, Query block, dan Navigation block masih dalam proses pengerjaan.

Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan untuk membuat fitur-fitur full-site editing yang kohesif dan siap digunakan. Dalam sebuah laporan tentang perkembangan project ini, disebutkan bahwa fitur-fitur yang nantinya akan menjadi unggulan saat ini sudah berstatus “in advanced stages” dan sudah bisa digunakan di plugin Gutenberg.

WordPress berencana untuk membuat empat perilisan di tahun 2021, yang artinya, kesempatan untuk memperkenalkan lebih banyak fitur baru juga semakin besar.

Versi Rencana Rilis
5.7 Maret 2021
5.8 Juni 2021
5.9 September 2021
6.0 Desember 2021

WordPress 5.7 Beta 1 direncanakan untuk keluar pada pekan ini dan siap untuk diuji coba secara lebih luas. Beta 1 akan memperkenalkan 68 fitur baru, fitur yang telah ditingkatkan, bug fixes, dan versi 9.3 – 9.9 dari plugin Gutenberg.  WordPress 5.7 secara resmi ditargetkan rilis di tanggal 9 Maret 2021.

Berikan Komentar

Catra Wardhana