Rumahweb Blog
Banner - Apa Itu Web Page Adalah

Apa Itu Web Page dan Perbedaannya dengan Web Site

Ketika mengakses internet, Anda membutuhkan web page untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Web site dan web page adalah dua istilah yang sudah tidak asing didengar oleh pengguna internet. Meski sering dianggap sama, sebenarnya keduanya berbeda.

Lalu, apakah Anda yakin bahwa Anda sudah menggunakan kedua istilah ini dengan benar? Penasaran apa penjelasan, fungsi, dan titik perbedaan kedua istilah populer ini? Simak artikel dari Rumahweb Indonesia berikut!

Apa itu Web Page

Web site dan web page adalah dua istilah berbeda. Web site dapat dianalogikan sebagai sebuah buku digital. Buku terdiri atas banyak halaman berisi konten yang berbeda-beda. Misalnya, ketika mengklik menu “Artikel”, Anda akan diarahkan ke halaman berisi daftar artikel. Menu yang Anda klik ini dinamakan sebagai halaman.

Halaman inilah yang disebut sebagai web page. Dengan kata lain, web page adalah halaman tunggal dari sebuah web site yang dapat diakses menggunakan URL. Web page akan menampilkan informasi yang lebih spesifik. Di dalamnya, terdapat konten, struktur, bahkan hyperlink menuju ke halaman atau file lainnya.

Web page adalah tampilan web site yang dibuat dengan format Hypertext Markup Language (HTML). File HTML ini disimpan pada sebuah server atau hosting, kemudian ketika halaman tertentu diakses, halaman tersebut dapat ditampilkan melalui web browser.

Fungsi Web Page

Fungsi utama web page adalah menampilkan suatu informasi yang spesifik dalam bentuk teks, gambar, video, atau hyperlink. Di samping itu, web page juga memiliki beberapa fungsi lain, di antaranya:

1. Sarana Interaksi 

Beberapa web page memungkinkan pengunjung melakukan interaksi, seperti mengisi form registrasi, memberi komentar di blog atau forum, bahkan melakukan pembelian online.

2. Memasarkan Produk

Membuat web page adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk atau layanan. Anda bisa membuat halaman khusus untuk membagikan detail informasi atau deskripsi barang atau jasa yang dijual.

3. Meningkatkan User Experience

Tampilan web page yang interaktif, informatif, dan sederhana akan meningkatkan user experience. Pengunjung akan merasa nyaman ketika mengakses website Anda untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Tidak menutup kemungkinan, mereka akan kembali mengakses website Anda ke depannya.

Perbedaan Web page dan Web Site

Setelah membahas pengertian dan fungsi dari web page, selanjutnya kami akan membahas perbedaannya dengan web site, supaya Anda tidak salah menggunakan kedua istilah ini. Berikut beberapa perbedaan web page dengan web site

1. Uniform Resources Locator (URL)

URL yang digunakan web site masih sangat umum, biasanya menampilkan nama domainnya. Berbeda dengan web page yang tidak memiliki nama domain sendiri, karena menjadi bagian dari web site tersebut. Biasanya, web page disertai ekstensi yang merujuk pada halaman atau file tertentu. 

Sebagai contoh, web site Rumahweb Indonesia adalah https://www.rumahweb.com/ yang terdiri atas banyak menu dan submenu.  Ketika Anda akan memesan Hosting Murah, URL yang digunakan adalah https://www.rumahweb.com/hosting-murah/. Pada halaman ini, Anda dapat melihat informasi pilihan paket hingga tombol pemesanan.

2. Jenis 

Web site dapat dibagi menjadi beberapa jenis, misalnya web site bisnis, perusahaan, sekolah, dan masih banyak lagi. Peruntukannya pun masih sangat general. Berbeda dengan web page, yang dibagi menjadi home, kontak, produk, dan lain sebagainya, yang akan menampilkan informasi spesifik, sesuai nama halaman yang dimaksud. 

3. Kompleksitas Konten

Perbedaan selanjutnya antara web site dan web page adalah kompleksitas pengembangan konten. Proses pengembangan web site lebih kompleks dan membutuhkan waktu lebih lama. Hal ini karena ada beberapa web site yang membutuhkan coding untuk memaksimalkan tampilan dan fungsi web site.

Berbeda dengan web page yang tidak membutuhkan waktu lama, layaknya pembuatan web site. Hal ini komponen penyusunannya untuk satu halaman web page jauh lebih sedikit dibanding web site.

BACA JUGA: Cara Mengubah Facebook Page Menjadi Website

Tabel Perbedaan Web Page dan Web Site

Dari penjelasan di atas, tentu Anda sudah mulai memahami perbedaan keduanya dari berbagai aspek bukan? Untuk lebih memudahkan Anda, berikut kami rangkum beberapa perbedaan web page dan web site:

AspekWeb SiteWeb Page
PengertianKumpulan dari beberapa web
page yang saling berhubungan
Halaman tunggal yang
menjadi bagian dari web site
Isi KontenGeneral. Tergantung jenis web
site (contoh: e-commerce,
sekolah, perusahaan, dll.).
Spesifik. Berfokus pada tema
atau produk tertentu.
URL Memiliki domain utama yang
unik.
Bagian dari domain utama dengan
subfolder atau halaman tertentu.
Kompleksitas
Development
Kompleks. Membutuhkan coding
agar tampilan dan fungsi
web site dapat berjalan
sesuai keinginan.
Tidak terlalu komplek. Hanya
membutuhkan penyusunan
yang sedikit
Update KontenBervariasi. Tergantung jenis
web site. Biasanya update
untuk fitur web site,
plugin, dan sebagainya.
Tidak terlalu sering. Update bisa
dilakukan pemilik web site jika
ada perubahan informasi.

Dari penjelasan diatas, dapat dianalogikan bahwa web site adalah sebuah buku sedangkan web page merupakan halaman-halaman dalam buku tersebut.

Web page dan web site adalah dua komponen penting yang berfungsi membagikan informasi di internet. Meskipun tujuan utamanya sama, namun kedua istilah tersebut memiliki arti berbeda. Semoga artikel ini membantu Anda menggunakan kedua istilah tersebut dengan tepat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb