Rumahweb Blog
banner - SSH Slow DNS

Slow DNS: Pengertian, Fungsi, hingga Cara Mendapatkannya

Dahulu, ketika biaya berlangganan paket data internet masih terbilang sangat mahal, banyak orang yang mencari bug di provider internet agar dapat menjelajah internet secara gratis. Teknik ini dikenal dengan istilah Slow DNS.

Cara ini banyak digunakan untuk bisa tetap eksis di dunia maya, tanpa perlu memikirkan biaya. Lalu, seperti apa Slow DNS itu? Apakah saat ini teknik SlowDNS masih bisa digunakan? Temukan jawabannya pada ulasan dari Rumahweb berikut ini!

DisclaimerArtikel ini dibuat hanya untuk edukasi, bukan untuk kebutuhan internet sehari-hari atau digunakan untuk transaksi online yang berhubungan dengan data pribadi. Sehingga semua hal dampak yang ditimbulkan terkait keamanan data, dan dampak lainnya menjadi tanggung jawab pribadi. 

Apa itu Slow DNS

Slow DNS adalah salah satu teknik yang dapat digunakan untuk berinternet secara gratis yang umumnya digunakan di aplikasi mobile.

Dengan tunneling Slow DNS, Anda dapat mengenkapsulasi lalu lintas yang ada di internet ke dalam kueri dan respons DNS, sehingga memungkinkan pengguna dapat mengakses internet secara gratis. Tak hanya gratis, Anda bahkan bisa juga mengakses situs yang dibatasi atau diblock

BACA JUGA : DNS Google dan Cara Menggunakannya di Komputer

Mengenal SSH Slow DNS

Setelah mengetahui apa itu Slow DNS, mari mengenal SlowDNS dengan mempelajari tentang cara kerja, fungsi dan manfaat tunneling DNS. 

Cara Kerja Tunneling Slow DNS

Tunneling Slow DNS berfungsi sebagai pembuat jaringan VPN (Virtual Private Network) dengan menggunakan kueri dan respons DNS. Saat pengguna mengakses website yang masuk dalam daftar blok, SlowDNS akan mengirimkan permintaannya ke server menggunakan kueri DNS.

Selanjutnya, server akan memproses permintaan yang dikirim oleh pengguna tersebut dengan mengirimkan data kembali ke pengguna dengan cara dienkripsi terlebih dahulu melalui tanggapan DNS. 

Data yang dikirimkan tersebut dienkapsulasi ke dalam paket DNS, yang membuat administrator jaringan akan sulit mendeteksi, sehingga terbebas dari pemblokiran. SlowDNS menggunakan beberapa kombinasi protokol enkripsi, seperti SSL, TLS, dan AES untuk memastikan privasi dan keamanan penggunanya.

Fungsi dan Manfaat Tunneling DNS

Berikut ini beberapa manfaat tunneling DNS:

  1. By Pass Internet

Dengan SlowDNS Anda dapat membuka website yang masuk ke dalam daftar blokir.

  1. Mudah Digunakan

Untuk menggunakannya, Anda cukup menginstall aplikasi di Play Store dan memiliki akun SSH Slow DNS gratis yang bisa didapatkan dari website penyedia layanan SlowDNS. 

Cara Mendapatkan Slow DNS

Dari beberapa referensi yang di internet, ada beberapa situs web yang menyediakan SSH gratis untuk keperluan SlowDNS. Salah satunya adalah hidessh.com . Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftarkan akun Slow DNS secara gratis. 

  1. Buka browser > akses website berikut: https://greenssh.com/ssh-slowdns.
  2. Pilih regional yang ingin Anda gunakan dengan klik Select Server.
  3. Klik tombol Create.
  4. Masukkan user dan password yang ingin Anda gunakan. Jangan tidak lupa centang bagian  “saya bukan robot” untuk verifikasi Captcha

    Sebagai contoh, kami akan membuat akun berikut: 
  • Username : rw8jogja
  • Password : erwe8Delapan
  1. Jika sudah sesuai, tekan Create Now.

Sampai tahap ini, Anda sudah berhasil mendapatkan akun SSH over DNS. Demikian cara mendapatkan login account Slow DNS. Selanjutnya, kami ulas langkah-langkah untuk menggunakannya.

BACA JUGA : Apa itu SSH? Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Cara Menggunakan Akun Slow DNS

  1. Install HTTP Custom dari Play Store.
  2. Masuk ke aplikasi HTTP Custom.
  3. Masuk ke pengaturan di sebelah kanan atas > pilih SlowDNS. 
  4. Masukkan:
    – Public key
    – Name server (slow DNS host)
    – DNS = 1.1.1.1 
  5. Pada bagian ip:port@user:pass  silakan diisikan dengan:
    Uk01-dns.greenssh.xyz:22@greenssh-username:password

    Sebagai contoh:
    Uk01-dns.greenssh.xyz:22@greenssh-rw8jogja:erwe8delapan
  1. Klik Connect.

Kesimpulan

Hingga kini, Slow DNS masih bisa digunakan untuk menggunakan Internet secara gratis. Namun kami lebih merekomendasikan Anda untuk berlangganan paket data berbayar saja dibandingkan menggunakan SlowDNS yang memiliki kecepatan relatif lebih rendah. 

Jadi, Slow DNS hanya dapat diandalkan sebatas untuk chatting, streaming YouTube dengan kualitas rendah, atau membuka Facebook.

Selain dari segi kecepatan, dari segi keamanan pun paket internet dari ISP juga jauh lebih terpercaya jika dibandingkan dengan trik internet gratis, seperti SlowDNS ini.

Demikian pembahasan dari Rumahweb mengenai Slow DNS, pengertian, fungsi hingga cara mendapatkannya. Semoga membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Anggit Puguh

banner Pop Up - Hosting 99K
banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb